Tata Cara Sholat Taubat Sesuai Sunnah Rasul

26 Oktober 2021 by tidak ada komentar Diterbitkan di artikel

tata cara sholat taubat

Kesalahan menjadi salah satu hal yang sulit untuk dihindari manusia. Ada banyak godaan untuk berbuat dosa di dunia. Baik sadar ataupun tidak sadar, kita pasti pernah berbuat dosa. Namun Allah yang Maha Pengampun selalu membukakan pintu taubatnya bagi orang yang bersungguh-sungguh. Agar Allah SWT menerima usaha taubat Anda, maka Anda harus melaksanakan yang namanya sholat taubat. Seperti apakah tata cara sholat taubat yang tepat? Temukan jawabannya di sini.

Tata Cara sholat Taubat

Rasulullah SAW. bersabda :

كُلُّ بَنِي آدَمَ خَطَّاءٌ، وَخَيْرُ الْخَطَّائِينَ التَّوَّابُونَ

Setiap keturunan nabi Adam pasti banyak berbuat salah, dan sebaik-baiknya orang yang berbuat salah adalah yang paling sering bertaubat.” (Hadits riwayat Ibnu Majah dari sahabat Qotadah, No. 4251, dishahihkan oleh Syaikh Al Albaany)

Manusia bukanlah makhluk yang sempurna yang bisa luput dari kesalahan dan dosa. Setiap perbuatan yang tidak kita jaga bisa menimbulkan dosa. Oleh karena itu, salah satu hal yang bisa kita lakukan untuk mengurangi kesalahan ini adalah dengan bertaubat.

Baca Juga: Pengertian Taubat, Macam dan Dalil tentang Taubat

Sebagaimana yang diriwayatkan oleh Abu Dawud melalui sahabat Abu Bakar Ash Shiddiq Radhiallahu ‘anhu, beliau pernah mendengar Rasulullah SAW. bersabda,

مَا مِنْ عَبْدٍ يُذْنِبُ ذَنْبًا، فَيُحْسِنُ الطُّهُورَ، ثُمَّ يَقُومُ فَيُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ، ثُمَّ يَسْتَغْفِرُ اللَّهَ، إِلَّا غَفَرَ اللَّهُ لَهُ، ثُمَّ قَرَأَ هَذِهِ الْآيَةَ: {وَالَّذِينَ إِذَا فَعَلُوا فَاحِشَةً أَوْ ظَلَمُوا أَنْفُسَهُمْ ذَكَرُوا اللَّهَ} [آل عمران: 135] إِلَى آخِرِ الْآيَةِ

Tidaklah seorang hamba berbuat dosa, kemudian bersuci dengan sempurna, lalu ia mengerjakan shalat dua raka’at, lalu meminta ampun kepada Allah kecuali Allah mengampuni dirinya, lalu beliau membacakan ayat (Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah (Ali Imran:135) sampai dengan akhir ayat.” (Hadits riwayat Abu Dawud, No. 1521 dishaihkan oleh Al Albaany)

Sholat taubat bukanlah sesuatu yang akan bisa menjamin Allah SWT menerima taubat Anda. Ada banyak hal lain yang harus Anda lakukan sehingga Allah SWT menerima perbuatan taubat Anda. Manfaat sholat taubat sendiri yaitu guna menghapus perbuatan dosa yang seseorang lakukan sebelumya.

Untuk waktu pelaksanaannya, adalah sesegera mungkin. Ibnu Taimiyah rahimahullah pernah berkata:

وَكَذَلِكَ صَلَاةُ التَّوْبَةِ فَإِذَا أَذْنَبَ فَالتَّوْبَةُ وَاجِبَةٌ عَلَى الْفَوْرِ وَهُوَ مَنْدُوبٌ إلَى أَنْ يُصَلِّيَ رَكْعَتَيْنِ ثُمَّ يَتُوبَ كَمَا فِي حَدِيثِ أَبِي بَكْرٍ الصِّدِّيقِ

Demikian juga dengan sholat taubat (termasuk shalat yang mempunyai sebab serta harus segera dilaksanakan, sehingga boleh untuk dikerjakan meskipun pada waktu terlarang untuk mengerjakan sholat.”

Untuk melaksanakan sholat ini maka ada tata cara yang harus Anda ikuti.

1. Memenuhi Syarat

Layaknya sholat lainnya Anda harus berada dalam keadaan suci dari hadas kecil dan juga hadas besar, suci pakaian, suci badan, serta tempat dari najis. Pastikan juga menutup aurat dan menghadap ke arah kiblat.

2. Berniat

Tentu saja Anda harus mendasari setiap ibadah Anda dengan niat, niat, apalagi untuk bertaubat. Hal ini juga menjadi rukun sholat. Untuk niat sholat taubat, Anda bisa membaca ini:

أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَّوْبَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Aku berniat untuk mengerjakan sholat sunnah taubat dua rakaat sebab Allah Ta’ala.”

Baca juga: Bacaan Doa Mohon Ampun dari Dosa Besar

3. Tata Cara Sholat

Sama halnya dengan sholat lainya, dimulai dengan takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam. Rakaatnya sendiri bisa 2, 4, atau 6. Jika lebih dari dua, maka ada baiknya jika di bagi-bagi dalam 2 rakaat. Ada baiknya Anda juga bermuhasabah mengingat dosa-dosa yang Anda lakukan serta meminta maaf atas dosa tersebut pada sujud terakhir.

4. Membaca Doa

Setelah selesai Sholat, segeralah membaca kalimat tahlil dan istighfar

أسْتَغْفِرُ اللّهَ الْعَظِيمَ الَّذِي لا إلَهَ إلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ وَأتُوبُ إلَيْه

Aku meminta pengampunan kepada Allah yang tidak ada tuhan selain Dia Yang Maha Hidup dan Berdiri Sendiri dan aku bertaubat kepadanya.”

Lanjutkan dengan membaca doa sholat taubat setelah membaca tahlil dan istighfar sebanyak 100x. Doa ini juga disebut sebagai sayyidul istighfar.

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ. أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ. أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ. وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ. فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلَّا أَنْتَ

Ya Allah Engkau adalah Tuhanku. Tidak ada sesembahan yang berhak sebagai Engkau. Engkau yang menciptakanku, sedang aku adalah hamba-Mu dan aku di atas ikatan janji-Mu dan akan dipindahkannya dengan semampuku. Aku berlindung dari segala sesuatu yang ingin aku perbuat, aku inginmu nikmat terhadap diriku dan aku mengakui dosaku pada-Mu, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni segala dosa kecuali Engkau.”

5. Perbanyak Ibadah

Taubat Anda tidak hanya akan selesai setelah melaksanakan sholat taubat. Melainkan akan terus berlanjut. Perbanyak ibadah dan perbuatan baik, semisal sedekah, untuk bisa menghapus dosa-dosa yang pernah dilakukan.

Itulah tata cara sholat taubat yang harus Anda ikuti. Semoga kita dijauhkan dari perbuatan dosa dan senantiasa dirahmati oleh Allah SWT. Bila Anda membutuhkan taman pemakaman sesuai dengan syariat Islam, maka Taman Pemakaman Islam Al-Azhar Memorial Garden bisa menjadi pilihan Anda. Kunjungi website kami sekarang juga.

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom dengan tanda * wajib diisi
*

Artikel Terkait