Tanda – Tanda Kematian Menurut Islam

17 September 2021 by tidak ada komentar Diterbitkan di artikel

tanda tanda kematian menurut islam

Usia tiap manusia akan menjadi rahasia Tuhan semata. Kita sebagai manusia tidak punya kapabilitas dalam menilai atau mengukur hal ini. Sehingga kematian adalah hal yang bisa saja terjadi kapan saja. Namun, dalam Islam ada beberapa tanda yang menunjukan saat-saat terakhir seorang manusia. Apa sajakah tanda-tanda kematian menurut Islam?

Mengenal Tanda – Tanda Kematian Menurut Islam

“Setiap yang bernyawa pasti akan mati. Dan sesungguhnya akan disempurnakan pahala kalian pada hari kiamat. Barangsiapa yang dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka ia benar-benar telah beruntung. Dan kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdaya” (QS. Al-Imran: 185).

Kematian adalah hal yang pasti. Tetapi kita tidak tahu kapan datangnya hal yang satu ini. Namun, bisa saja muncul firasat dari teman, keluarga, maupun orang-orang terdekat mengenai kematian seseorang.  Imam Al-Ghazali sempat menyampaikan beberapa tanda kematian yang bisa diketahui seorang muslim. Tanda tersebut adalah:

1. Tanda-tanda Kematian 100 Hari Pertama

Tandanya ini lazim terjadi setelah waktu Asar. dimana seluruh tubuh dari ujung rambut hingga ujung kaki seolah bergetar hingga menggigil.  Bagi yang menyadari tanda ini tentu akan memanfaatkan waktu hidupnya dengan sebaik mungkin untuk mencari bekal yang akan dibawa mati nanti.

2. Tanda Kedua 40 Hari Sebelum Kematian

Hal ini juga lazim dirasakan setelah waktu Asar, dimana pada bagian pusar akan terasa berdenyut. Selain itu diriwayatkan pula, sebelum ajal menjemput telinga terasa berdengung secara terus menerus.

Baca juga: Pemakaman Islam: Yang Harus Dilakukan Saat Seseorang dalam Keadaan Sakaratul Maut

3. Tanda Ketiga Tujuh Hari Sebelum Kematian

Jika mengalami sakit keras, pada hari ketujuh menjelang kematian selera makan akan meningkat sehingga ingin menikmati makanan tertentu sesuai keinginannya.

4. Tanda Keempat 3 Hari Sebelum Kematian

Denyutan pada tengah dahi, nafsu makan menurun atau bahkan tidak mau makan.  Mata akan terlihat memudar, hidung perlahan turun, telinga terlihat layu dan telapak kaki sulit untuk dipakai berdiri.

5. Tanda Kelima 1 Hari Sebelum Kematian

Sesudah waktu Asar, akan terasa sebuah denyutan pada bagian ubun-ubun sebagai pertanda bahwa tidak akan menemui waktu Asar di keesokan harinya.

6. Tanda Akhir 

Akan terasa dingin di bagian pusar hingga pinggang ke bawah. Selanjutnya menjalar naik ke bagian halkum. Senantiasa berdzikir dan mengucapkan kalimat syahadat secara terus menerus sampai malaikat maut menghampiri dan menjemput ruh untuk kembali kepada Allah sang pencipta.

Bagaimana Dengan Kematian Mendadak?

“Tiap-tiap umat mempunyai batas waktu; maka apabila telah datang waktunya mereka tidak dapat mengundurkannya barang sesaatpun dan tidak dapat (pula) memainkannya.”  (QS.  Al-A’raf:  34).

Semua adalah ketentuan dari Allah yang memberikan kehidupan dan kemudian mewafatkan. Kita sebagai manusia sedikit pun tidak memiliki daya atau upaya untuk menghindar atau menunda terjadinya kematian.

Dari Ibnu Mas’ud Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah SAW bersabda:  “Kematian mendadak adalah keringanan terhadap seorang mukmin, dan siksaan yang membawa penyesalan terhadap orang kafir.”  (HR.  Ath-Tabrani).

Sebaiknya kita selalu bertakwa dan mencari pahala serta ampunan dari yang maha kuasa. Ini bisa menjadi bekal kita bila kematian menjemput secara tiba-tiba.Itulah dia informasi mengenai tanda-tanda kematian dalam Islam. Sebagai muslim kita harus menyiapkan diri menanti takdir yang sudah diberikan oleh Allah. Persiapkan segalanya termasuk pemakaman sesuai dengan syariat Islam. Taman Pemakaman Islam Al-Azhar Memorial Garden bisa menjadi pilihan Anda. Kunjungi website kami sekarang juga untuk informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom dengan tanda * wajib diisi
*

Artikel Terkait