5 Tahapan Peristiwa yang Dialami Manusia sebagai Proses Menuju Alam Akhirat

29 December 2021 by no comments Posted in artikel

tahapan peristiwa yang dialami manusia sebagai proses menuju alam akhirat

Kehidupan tidak berakhir semata ketika kita meninggalkan dunia ini. Ada beberapa tahapan peristiwa yang dialami manusia sebagai proses menuju alam akhirat sehingga kematian adalah awal dari kehidupan yang baru.

Saat ini, tanpa disadari kita terlalu berfokus dengan kesenangan yang ditawarkan oleh dunia ini. Padahal, Allah sendiri telah mengingatkan kita untuk menuai perbuatan baik selama masa hidup di dunia karena di saat umat manusia menginjakkan kakinya di dunia akhirat, di situlah kehidupan kekal akan didapatkan.

Dalam surat Gafir ayat 39 juga berbunyi demikian:

يٰقَوْمِ اِنَّمَا هٰذِهِ الْحَيٰوةُ الدُّنْيَا مَتَاعٌ ۖوَّاِنَّ الْاٰخِرَةَ هِيَ دَارُ الْقَرَارِ

“Wahai kaumku! Sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah kesenangan (sementara) dan sesungguhnya akhirat itulah negeri yang kekal. (QS. Garif: 39)”

Ayat di atas menunjukkan bahwa dunia tempat umat manusia tinggal saat ini hanyalah sementara saja. Kehidupan kekal akan menanti kita, namun tentu saja tidak semua orang dapat menempatinya apabila perbuatannya tidak sesuai apa yang Allah kehendaki.

Melalui artikel ini, Al-Azhar Memorial Garden akan memberikan gambaran lengkap mengenai tahapan yang akan kita alami ketika berada di alam akhirat. Silakan simak informasi lengkapnya di bawah ini. 

Apa Saja Tahapan Peristiwa yang Dialami Manusia Sebagai Proses Menuju Alam Akhirat?

Saat umat manusia meninggalkan dunia dan masuk ke dalam kubur, ada setidaknya 5 tahapan yang harus dilalui untuk dapat masuk ke kehidupan kekal. Inilah kelima tahapan tersebut, yaitu:

1. Alam Barzakh

Alam Barzakh merupakan gerbang penghubung antara dunia tempat kita tinggal saat ini dengan dunia akhirat. Setiap umat manusia yang telah meninggal akan melalui gerbang ini dan bertemu dengan malaikat Allah.

Malaikat tersebut akan bertanya mengenai siapa kita dan apa yang telah kita perbuat selama hidup di bumi. Maka dari itu, sudah seharusnya kita sebagai umat manusia terus melakukan amal perbuatan baik agar kelak dilancarkan jalannya menuju ke kehidupan kekal.

2. Yaumul Ba’ats

Yaumul Ba’ats merupakan peristiwa di mana umat manusia akan dibangkitkan dari alam kubur. Allah SWT akan membangkitkan semua orang yang telah meninggal, tanpa terkecuali apapun penyebab kematiannya, apakah jasad mereka masih ada atau tidak, dan lainnya.

3. Yaumul Hasyr

Yaumul Hasyr merupakan peristiwa berkumpulnya umat manusia yang telah dibangkitkan oleh Allah SWT dalam sebuah padang putih yang luas. Padang tersebut bernama Padang Mahsyar dan mereka yang telah meninggal akan disatukan di sana.

4. Yaumul Mizan

Yaumul Mizan merupakan peristiwa penimbangan. Seluruh perbuatan kita yang baik maupun yang buruk akan ditimbang oleh Allah untuk menentukan balasan apa yang harus diberikan kepada umat manusia menurut perilakunya.

5. Yaumul Jaza

Di tahapan terakhir yaitu Yaumul Jaza, Allah SWT akan memberikan balasan sesuai dengan hasil penimbangan dari perbuatan umat manusia yang telah memasuki dunia akhirat. Bagi mereka yang telah menabung amal perbuatan baik, maka diberikannya nikmat surga dalam kehidupan kekal.

Sebaliknya, umat manusia yang menabung perbuatan buruk, maka akan diberikan kepada mereka siksa neraka, selamanya. Oleh karena itu, teruslah menabung amal perbuatan baik agar kelak Allah SWT memberikan balasan nikmat surga, sesuai dengan apa yang telah kita tabung selama masa hidup di dunia.


Jadi, itulah informasi yang dapat kami berikan mengenai 5 tahapan peristiwa yang dialami manusia sebagai proses menuju alam akhirat. Apabila Anda ingin mencari informasi seputar kavling makam umat muslim, silakan hubungi Taman Pemakaman Islam Al-Azhar Memorial Garden Makam Modern Karawang dan kami akan memberikan segala informasi yang dibutuhkan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *
*

Related Story