Bagaimana Sikap Kita Terhadap Takdir Allah?

3 Desember 2021 by tidak ada komentar Diterbitkan di artikel

sikap kita terhadap takdir allah adalah

Seperti yang kita tahu, takdir dari Allah adalah sesuatu yang wajib kita imani. Takdir dapat terjadi dalam bentuk apapun, mulai dari hal kecil dalam kehidupan sehari hari, kesehatan, rezeki, hingga jodoh. Lalu seperti apakah sikap kita terhadap takdir Allah ini? Mari kita pelajari hal tersebut beserta dengan dalil-dalilnya. Semoga dengan pemahaman ini kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Sikap Kita Terhadap Takdir Allah Adalah Seperti Ini

Tidak banyak orang yang akan merasa kecewa karena merasa apa yang terjadi di dalam hidupnya tidak sesuai ekspektasi, menganggap hal tersebut bukanlah takdir nya. Ini bisa dibilang adalah salah satu sikap yang salah dalam menyikapi takdir yang diberikan kepada kita manusia. Beberapa sikap yang seharusnya kita miliki untuk menyikapi hal ini adalah sebagai berikut.

1. Percaya

Allah memiliki rencana yang terperinci dan terbaik untuk semua hamba-Nya, termasuk manusia. Sikap pertama yang harus kita lakukan adalah percaya terhadap takdir sebagaimana hal ini adalah bagian dari rukun iman. Jika percaya akan rencana Allah maka tidak akan ada rasa khawatir ataupun rasa sedih dalam cara menyikapi berbagai macam hal dalam kehidupan.

Tidaklah seorang hamba itu beriman kepada takdir yang baik dan buruk dari Allah, hingga ia mengetahui bahwa apa yang menimpanya bukan karena kesalahnnya dan kesalahannya itu tidaklah akan menimpanya”. (HR Tirmidzi).

Baca Juga: Apa Manfaat Beriman kepada Takdir Allah

2. Membenarkan

Wajib bagi kita untuk membenarkan bahwa Allah tidak pernah merencanakan sesuatu tanpa memberikan hikmah di dalamnya. Sikapi takdir Allah dengan cara membenarkannya baik itu takdir baik ataupun takdir buruk.

3. Tetap Tawakal

Berserah diri atas takdir yang diberikan oleh Allah adalah salah satu sikap yang baik untuk dilakukan sambil mendekatkan diri kepada sang pencipta. Hal ini juga biasa disebut dengan tawakal. 

قُلْ لَّنْ يُّصِيْبَنَآ اِلَّا مَا كَتَبَ اللّٰهُ لَنَاۚ هُوَ مَوْلٰىنَا وَعَلَى اللّٰهِ فَلْيَتَوَكَّلِ الْمُؤْمِنُوْنَ

“Sekali kali tidak akan menimpa apa yang telah ditetapkan Allah untuk kami, Dialah pelindung kami, dan hanya kepada Allah orang orang yang beriman akan bertawakal”. (QS At Taubah : 51)

Kita juga harus tetap berusaha untuk bisa mengubah keadaan dan takdir. Wajib selalu percaya bahwa Allah akan memberikan yang terbaik sesuai dengan usaha dari hamba Nya.

4. Jangan Pernah Menyerah

Berusaha semaksimal mungkin sesuai kemampuan merupakan salah satu sikap atau cara menyikapi takdir Allah. Putus asa adalah tanda bahwa orang tersebut tidak percaya pada kebesaran Allah. “Bersemangatlah untuk memperoleh apa yang bermanfaat bagimu dan mohonlah pertolongan kepada Allah dan jangan sekali kali kamu merasa tidak berdaya”. (HR Abu Hurairah).

5. Memohon Pertolongan Allah

Untuk menghadapi takdir yang merupakan kuasa dari Allah SWT. maka hal yang bisa kita lakukan adalah memohon pertolongan dari yang Maha Kuasa. Allah pasti tidak akan mengabaikan hamba Nya.

مَنْ عَمِلَ صَالِحًا فَلِنَفْسِهٖ ۙوَمَنْ اَسَاۤءَ فَعَلَيْهَا ۗوَمَا رَبُّكَ بِظَلَّامٍ لِّلْعَبِيْدِ ۔

Dan sekali kali tidaklah Rabb mu menganiaya hamba hamba Nya”. (QS Fushshilat : 46).

Itulah berbagai macam sikap kita terhadap takdir Allah SWT. Semuanya merupakan rencana dari Nya yang harus kita jalani. Untuk bisa mengubah takdir ini, maka usaha lebih dan juga doa serta amalan baik adalah hal yang harus di perbanyak. Percaya bahwa semua yang kita alami akan ada hikmahnya.  Bila Anda membutuhkan taman pemakaman sesuai dengan syariat Islam, maka Taman Pemakaman Islam Al-Azhar Memorial Garden bisa menjadi pilihan Anda. Kunjungi website kami sekarang juga.

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom dengan tanda * wajib diisi
*

Artikel Terkait