Keistimewaan Sedekah Subuh dan 4 Cara Melakukannya

22 Oktober 2021 by tidak ada komentar Diterbitkan di artikel

sedekah subuh

Semua jenis sedekah memiliki keistimewaannya masing-masing, tapi tetap menjadi amalan yang baik untuk dilakukan. Termasuk pula sedekah subuh yang biasa dilakukan saat pagi setelah salat subuh. Apa saja keistimewaan yang bisa didapatkan, serta bagaimana cara bersedekah subuh dengan benar?

Sedekah Subuh dan Keistimewaannya

Sejatinya, bersedekah merupakan amalan Islam dalam bentuk pemberian kepada fakir miskin dan kaum lain yang berhak menerimanya. Perlu diingat, sedekah itu tidak termasuk kewajiban zakat dan zakat fitrah, jadi tidak terikat pada waktu-waktu tertentu. Istilah bersedekah subuh tersebut diciptakan karena ada keutamaan yang didapatkan pada waktu subuh.

Bersedekah subuh adalah kegiatan berbagi dan mengeluarkan harta untuk kebaikan bagi mereka yang membutuhkan, dilakukan setelah salat subuh sebelum matahari terbit. Keistimewaan utama dari sedekah subuh adalah adanya dua malaikat yang datang hanya untuk mendoakan aktivitas sedekah kita tersebut.

Baca juga: 10 Manfaat Sedekah yang Harus Diketahui

Keistimewaan ini terdapat dalam hadits HR Bukhari dan Muslim, di mana Rasulullah SAW berkata:

مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيْهِ إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ فَيَقُوْلُ أَحَدُهُمَا: اَللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا. وَيَقُوْلُ اْلآخَرُ: اَللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا

Artinya: “Setiap awal pagi saat matahari terbit, Allah menurunkan dua malaikat ke bumi. Lalu salah satu berkata: ‘Ya Allah, berilah karunia orang yang menginfakkan hartanya. Ganti kepada orang yang membelanjakan hartanya karena Allah.’ Malaikat yang satu berkata: ‘Ya Allah, binasakanlah orang-orang yang bakhil.”

Bila dihitung, jangka waktu antara subuh dan awal matahari sangatlah dekat, yaitu kurang lebih satu jam. Artinya, bila kita langsung bersedekah setelah melaksanakan sholat subuh, malaikat akan datang satu jam kemudian untuk mendoakan agar sedekah kita bisa diganti oleh Allah SWT.

Cara Melakukan Sedekah Subuh

Allah SWT selalu mengganti sedekah atau infak yang kita lakukan, bahkan bisa mencapai puluhan kali lipat. Bersedekah subuh sendiri bisa dilakukan dengan mudah, asalkan memiliki niat untuk melakukannya. Kita pun bisa memenuhi salah satu amalan Islam sekaligus mendapatkan rezeki dari Allah SWT.

Inilah beberapa cara yang bisa dilakukan dalam melaksanakan sedekah subuh:

1. Mengisi Kotak Amal

Setiap masjid pasti memiliki kotak amal atau infak sebagai sarana sedekah bagi jemaahnya. Anda bisa bersedekah setelah salat subuh dengan mengisi kotak amal tersebut. 

Biasanya, ada salat subuh berjamaah yang diadakan di masjid dan dihadiri oleh pria, di situlah mereka bisa bersedekah. Perempuan dan anak-anak pun bisa bersedekah dengan cara menitipkan uangnya kepada suami atau ayahnya.

Baca juga: 4 Amalan Penyelamat Siksa Kubur Yang Dapat Membantumu

2. Mentransfer Uang

Mengirimkan uang ke rekening orang yang membutuhkan setelah salat subuh juga bisa menjadi salah satu cara melakukan sedekah subuh. Namun, Anda harus memastikan bahwa sasaran transfernya adalah orang yang benar-benar membutuhkan bantuan kita.

Misalnya, orang tua atau saudara kita yang sudah tidak lagi bekerja sehingga tidak ada sumber penghasilan. Selain mereka, kita bisa juga mentransfer uang ke rekening lembaga amal atau sosial, atau sasaran apapun yang bisa dihitung sebagai sedekah.

3. Membagikan Makanan

Sekedar membagikan makanan kepada tetangga, pondok pesantren, kaum yatim piatu atau fakir miskin juga termasuk sedekah. Perlu diperhatikan pula waktunya, yaitu dilakukan tepat setelah salat subuh sebelum matahari mulai terbit.

4. Mengantarkan Sumbangan

Terakhir adalah mengantarkan sumbangan atau bantuan kepada yang saudara membutuhkan, bisa berupa uang atau barang yang mereka butuhkan. Waktunya pun sama, yaitu dilakukan persis setelah salat subuh.


Keistimewaan bersedekah subuh sangatlah besar, karena amalan kita didoakan oleh dua malaikat sekaligus. Jadi, tidak ada salahnya mulai membiasakan salah satu dari keempat cara sedekah subuh di atas, sehingga Anda bisa membawa amalan di alam kubur nantinya. Selain amalan, Anda juga bisa mempersiapkan tempat peristirahatan terakhir bersama keluarga di Taman Pemakaman Islam Al-Azhar Memorial Garden Karawang, dengan cara menghubungi tim kami segera.

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom dengan tanda * wajib diisi
*

Artikel Terkait