Umat Muslim Wajib Tahu 6 Pertanyaan di Alam Kubur Ini!

28 September 2021 by tidak ada komentar Diterbitkan di artikel

Taman Pemakaman Mewah San Diego Hills

Alam kubur menjadi tempat ruh orang yang meninggal mempertanggungjawabkan segala perbuatannya di bumi. Setiap orang akan mendapatkan enam pertanyaan di alam kubur yang diajukan oleh malaikat Munkar dan Nakir. Apabila mereka bisa menjawab semua pertanyaan tersebut, mereka akan mendapatkan kelapangan selama berada di alam kubur.

Alam kubur bukanlah akhir dari perjalanan ruh manusia, melainkan tempat penantian akan datangnya hari kiamat. Pada hari kiamat, mereka yang sudah meninggal akan berkumpul di akhirat, yang menjadi akhir dari pengembaraan hidup. Meskipun sudah meninggal, manusia masih memiliki kesempatan untuk mempertanggungjawabkan setiap amal dan perbuatannya di alam kubur, terutama dengan menjawab pertanyaan wajib dari malaikat Munkar dan Nakir.

Baca juga: Seperti Apa Kehidupan di Alam Kubur?

Enam Pertanyaan di Alam Kubur yang Harus Dijawab

Alam kubur dan akhirat memang selalu menjadi misteri, namun Rasulullah SAW memberikan beberapa gambaran mengenai hal tersebut dalam Al-Qur’an. Pertanyaan di alam kubur juga menjadi salah satu topik yang dibahas oleh Rasulullah SAW mengenai kematian. Sejatinya, hanya tiga pertanyaan yang sifatnya wajib, dan tiga lainnya merupakan pertanyaan tambahan.

Ada tiga pertanyaan wajib yang ditanyakan oleh malaikat Munkar dan Nakir di alam kubur, yaitu:

  1. Man rabbuka, artinya: siapakah Tuhanmu?
  1. Ma dinuka, artinya: apa agamamu?
  1. Man nabiyyuka, artinya: siapakah nabimu?

Selain pertanyaan wajib tersebut, mereka juga memberikan tiga pertanyaan tambahan, yakni:

  1. Ma kitabuka, artinya: apa kitabmu?
  1. Aina qiblatuka, artinya: di mana arah kiblatmu?
  1. Man ikhwanuka, artinya: siapakah saudaramu?

Keenam pertanyaan tersebut memang merupakan bocoran dari Rasulullah SAW, tapi tidak bisa dijawab oleh semua manusia. Alasannya, sebagus apapun jawaban kita, semua bergantung pada amal ibadah dan perbuatan kita.

Baca juga: 4 Amalan Penyelamat Siksa Kubur Yang Dapat Membantumu

Imbalan Bagi Orang yang Teguh Menjawabnya

Meskipun tidak semua orang bisa menjawabnya, Allah SWT tetap memberikan imbalan bagi orang yang beriman. Mereka yang mampu menjawab pertanyaan tersebut dengan percaya diri akan diberikan istirahat yang tenang hingga dibangunkan oleh orang yang dikasihinya.

والمؤمن يقول لهما ربي الله وحده لا شريك له والإسلام ديني ومحمد نبي وهو خاتم النبيين والكعبة قبلتي والمؤمنون إخوتي والقرآن إمامي والسنة منهاجي وأنا قرأت كتاب الله فآمنت به وصدقته ويقولان له إذا وفق للجواب صدقت ونم نوم العروس الذي لا يوقظه إلا أحب الناس إليه.

Artinya: “Orang mukmin menjawab keduanya, ‘Tuhanku adalah Allah yang maha esa, tiada sekutu bagi-Nya. Islam agamaku. Muhammad adalah nabiku, ia penutup para nabi. Ka’bah adalah kiblatku. Orang-orang mukmin adalah saudaraku. Al-Qur’an adalah imamku. Sunnah rasul adalah jalan hidupku. Aku membaca kitabullah, dan beriman serta membenarkannya. Kedua malaikat itu berkata kepada ahli kubur yang beriman itu ketika mendapat taufiq untuk menjawabnya, ‘Kau benar. Tidurlah sebagaimana tidur para pengantin yang tiada dapat membangunkannya kecuali orang yang paling mengasihinya.’” (dari Syekh M Nawawi Banten, Syarah Nuruz Zhalam ala Aqidatil Awam, halaman 17)

Namun, ada juga orang yang ragu-ragu saat menjawab keenam pertanyaan tersebut. Orang-orang ini disebut bimbang atau munafik lantaran tidak ada iman Islam yang kuat dalam hatinya. Mereka seolah-olah tahu jawabannya, tapi terhalang dan malah mengucapkan, “Hah.hah aku mendengar manusia mengucapkan sesuatu, aku pun ikut mengucapkannya,” bukannya menjawab sesuai jawaban di atas.

Itu karena imannya hanya di mulut, tapi tidak ada di hati. Hukumannya, dia dipukul dengan mirzabah besi oleh malaikat Munkar dan Nakir. Teriakan yang keluar dari mulutnya didengar oleh semua makhluk kecuali manusia.
Kesimpulannya, keenam pertanyaan di alam kubur tersebut tidak hanya dicari jawabannya secara lisan, tapi juga dibangun imannya dalam hati. Selain mempersiapkan iman sebelum meninggal, tidak ada salahnya Anda menyiapkan pula tempat beristirahat untuk Anda dan keluarga. Di Taman Pemakaman Islam Al Azhar Memorial Garden, kami menyediakan kavling kuburan hingga enam orang, cocok untuk mempersiapkan peristirahatan terakhir bersama keluarga. Hubungi kami segera untuk informasi selengkapnya.

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom dengan tanda * wajib diisi
*

Artikel Terkait