Mengetahui Perbedaan Siksa Kubur dan Siksa Neraka

29 September 2021 by no comments Posted in artikel

perbedaan siksa kubur dan siksa neraka

Tahukah Anda, apa saja perbedaan siksa kubur dan siksa neraka? Atau Anda baru mengetahui bahwa kedua jenis siksaan ini berbeda?

Keduanya merupakan bentuk azab yang diberikan dari Allah SWT kepada seluruh orang yang tidak mengikuti perintah dan mentaati larangan-Nya. Keduanya merupakan bentuk siksaan maut yang akan diterima oleh siapapun ketika ajal sudah menjemputnya pulang.

Namun, Anda perlu tahu bahwa keduanya, siksa kubur dan neraka, memiliki perbedaan. Apa saja perbedaan tersebut?

Melalui pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan kepada Anda mengenai perbedaan keduanya yang perlu diketahui. Namun sebelum itu, mari kita memahami terlebih dahulu apa itu siksa kubur dan juga siksa neraka.

Baca juga: Mengenal 2 Malaikat yang Bertanya di Alam Kubur

Apa Itu Siksa Kubur?

Siksa kubur merupakan bentuk siksaan yang bersifat sementara bagi orang yang menjalankan maksiat dalam bentuk ringan. Siapapun yang hidup di dunia ini pasti pernah melakukan perbuatan dosa, meskipun dia taat beribadah, rajin membaca Al-Qur’an, dan melakukan hal-hal perbuatan baik lainnya yang berkenan di mata Allah.

Akan tetapi, manusia tidak luput dari perbuatan dosa sehingga kita harus menerima siksa kubur terlebih dahulu sebelum dapat tinggal di surga. Maka dari itu, seluruh manusia diharapkan untuk dapat menabung perbuatan kebaikan agar hukuman siksa kubur dapat diringankan.

Baca juga: 7 Penyebab Siksa Kubur yang Harus Diketahui

Apa Itu Siksa Neraka?

Siksa neraka merupakan bentuk siksaan terberat bagi orang yang melakukan banyak hal yang dilanggar oleh Allah SWT. Ketika Allah murka, maka pendosa berat akan mendapatkan siksaannya di neraka setelah menerima siksa kubur dan mereka tidak akan diterima di surga.

Di dalam neraka, pendosa akan menerimakan berbagai siksaan seperti yang tertulis dalam surat Muhammad, yaitu:

مَثَلُ الْجَنَّةِ الَّتِي وُعِدَ الْمُتَّقُونَ ۖ فِيهَا أَنْهَارٌ مِنْ مَاءٍ غَيْرِ آسِنٍ وَأَنْهَارٌ مِنْ لَبَنٍ لَمْ يَتَغَيَّرْ طَعْمُهُ وَأَنْهَارٌ مِنْ خَمْرٍ لَذَّةٍ لِلشَّارِبِينَ وَأَنْهَارٌ مِنْ عَسَلٍ مُصَفًّى ۖ وَلَهُمْ فِيهَا مِنْ كُلِّ الثَّمَرَاتِ وَمَغْفِرَةٌ مِنْ رَبِّهِمْ ۖ كَمَنْ هُوَ خَالِدٌ فِي النَّارِ وَسُقُوا مَاءً حَمِيمًا فَقَطَّعَ أَمْعَاءَهُمْ

“Perumpamaan taman surga yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa; di sana ada sungai-sungai yang airnya tidak payau, dan sungai-sungai air susu yang tidak berubah rasanya, dan sungai-sungai khamar (anggur yang tidak memabukkan) yang lezat rasanya bagi peminumnya, dan sungai-sungai madu yang murni. Di dalamnya mereka memperoleh segala macam buah-buahan, dan ampunan dari Tuhan mereka. Samakah mereka dengan orang yang kekal dalam neraka, dan diberi minuman dengan air yang mendidih, sehingga ususnya terpotong-potong?. (QS. Muhammad: 15)”

Selain itu, seluruh penghuni neraka akan menerima pakaian yang terbuat dari bara panas. Tentu saja, pakaian tersebut akan membakar tubuh mereka dan hal tersebut merupakan bentuk siksaan yang sangatlah berat.

Baca juga: Penjelasan Singkat Mengenai Alam Kubur atau Alam Barzah

Perbedaan Siksa Kubur dan Siksa Neraka

Setelah mengetahui pengertian keduanya, maka kita bisa menyimpulkan perbedaan di antara keduanya. Perbedaan yang paling signifikan antara keduanya adalah siksa kubur bersifat sementara sedangkan siksa neraka bersifat selamanya.

Jadi, itulah informasi yang dapat kami berikan kepada Anda seputar perbedaan siksa kubur dan siksa neraka. Kiranya sebagai umat manusia, kita harus terus mengikuti apa yang Allah perintahkan yaitu untuk terus melakukan perbuatan baik dan menjauhi larangannya.
Sebagai informasi tambahan, Taman Pemakaman Islam Al Azhar Memorial Garden menyediakan kavling makam khusus untuk umat muslim yang sudah mengikuti fatwa MUI. Silakan hubungi kami sekarang juga untuk melakukan pemesanan kavling makam.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *
*

Related Story