Mengenal Perbedaan Infak dan Sedekah yang Harus Anda Pahami

26 Oktober 2021 by tidak ada komentar Diterbitkan di artikel

perbedaan infak dan sedekah

Beribadah dan selalu melakukan perbuatan amal menjadi cara bagi seorang muslim untuk mendapatkan pahala. Ini juga menjadi cara bagi kita untuk menunjukan keimanan pada Sang Pencipta Allah SWT. Bentuk keduanya memang sama, yaitu menyisihkan harta sebagian untuk diberikan kepada orang lain, namun ada perbedaan infak dan sedekah yang harus Anda ketahui. Temukan informasi berguna tersebut hanya di sini.

Infaq dan sedekah sangat penting untuk diketahui perbedaanya agar tidak salah mengartikannya. Infak dan sedekah termasuk kedalam ibadah sosial yang diperintahkan dalam Islam. Bagi yang rajin melaksanakannya akan dijanjikan pahala besar di sisi Allah SWT. Jika berada dalam kategori ibadah yang sama, maka apa yang membedakan keduanya?

Mengenal Apa Itu Infak

Infak berasal dari bahasa Arab anfaqa yang artinya mengeluarkan sesuatu untuk kepentingan sesuatu. Sedangkan itu dalam istilah, hal ini bisa diartikan sebagai ibadah sosial yang dilakukan dengan sukarela, serta diberikan dalam bentuk harta untuk kemaslahatan umat. Seperti yang ada dalam surah Al-Baqarah ayat 267:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اَنْفِقُوْا مِنْ طَيِّبٰتِ مَا كَسَبْتُمْ وَمِمَّآ اَخْرَجْنَا لَكُمْ مِّنَ الْاَرْضِ ۗ وَلَا تَيَمَّمُوا الْخَبِيْثَ مِنْهُ تُنْفِقُوْنَ وَلَسْتُمْ بِاٰخِذِيْهِ اِلَّآ اَنْ تُغْمِضُوْا فِيْهِ ۗ وَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ غَنِيٌّ حَمِيْدٌ

Wahai orang-orang yang beriman! Infakkanlah sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untukmu. Janganlah kamu memilih yang buruk untuk kamu keluarkan, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memicingkan mata (enggan) terhadapnya. Dan ketahuilah bahwa Allah Mahakaya, Maha Terpuji.

Infak akan dibagi menjadi 2 jenis, yaitu infaq wajib ada infaq sunnah. Beberapa contoh dari infaq wajib di antaranya adalah kafarat, nadzar, zakat, dan lain-lain. Sedangkan sebaliknya, infaq yang termasuk sunnah di antaranya infak kepada fakir miskin, anak yatim, korban bencana alam, dan lainnya.

Baca juga: 10 Manfaat Sedekah yang Harus Diketahui

Mengenal Apa itu Sedekah

Sedekah berasal dari kata Arab shadaqoh yang berarti “sebuah pemberian yang bertujuan untuk mencari ridha Allah.”  Allah SWT telah memerintahkan umat-Nya untuk bersedekah dan berjanji akan membalas kebaikan tersebut. Hal ini tertera dalam Alquran surat At-Talaq ayat 7

لِيُنْفِقْ ذُوْ سَعَةٍ مِّنْ سَعَتِهٖۗ وَمَنْ قُدِرَ عَلَيْهِ رِزْقُهٗ فَلْيُنْفِقْ مِمَّآ اٰتٰىهُ اللّٰهُ ۗ لَا يُكَلِّفُ اللّٰهُ نَفْسًا اِلَّا مَآ اٰتٰىهَاۗ سَيَجْعَلُ اللّٰهُ بَعْدَ عُسْرٍ يُّسْرًا

“Hendaklah orang yang mempunyai keluasan memberi nafkah menurut kemampuannya, dan orang yang terbatas rezekinya, hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya. Allah tidak membebani kepada seseorang melainkan (sesuai) dengan apa yang diberikan Allah kepadanya. Allah kelak akan memberikan kelapangan setelah kesempitan.” (QS. Al-Talaq: 7)

Baca Juga: Keistimewaan Sedekah Subuh dan 4 Cara Melakukannya

Perbedaan Infak dan Sedekah

Beberapa hal yang bisa membedakan keduanya adalah:

1. Luas Cakupan

Infak cakupannya lebih luas daripada sedekah. Bahkan sedekah termasuk dalam cakupan infak.

2. Bentuknya

Infak hanye berbentuk harta dan materi, sedangkan sedekah bisa berbentuk sebuah tindakan seperti tersenyum hingga menolong orang lain.

Baca juga: Pengertian dan 12 Contoh Amal Shaleh

3. Sasaran Penerima

Infak hanya dapat diberikan kepada manusia. Sementara itu, sedekah dapat diberikan kepada hewan hingga lingkungan alam.

Pada setiap sedekah terhadap mahluk yang memiliki hati [jantung] yang basah [hidup] akan dapatkan pahala kebaikan. Seorang muslim yang menanam tanaman atau tumbuh-tumbuhan yang kemudian dimakan oleh burung-burung, manusia, atau binatang, maka baginya sebagai sedekah,” (H.R. Bukhari dan Muslim).

Itulah perbedaan dari infaq dan sedekah yang harus Anda ketahui. Semoga informasi ini bisa berguna bagi kita semua.  Bila Anda membutuhkan taman pemakaman sesuai dengan syariat Islam, maka Taman Pemakaman Islam Al-Azhar Memorial Garden Karawang bisa menjadi pilihan Anda. Kunjungi website kami sekarang juga.

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom dengan tanda * wajib diisi
*

Artikel Terkait