Perasaan Takut Mati dan Cara Menghilangkan Rasa Takut Mati Menurut Islam

28 September 2021 by tidak ada komentar Diterbitkan di artikel

ara menghilangkan rasa takut mati menurut islam

Sangatlah wajar bagi kita untuk takut meninggalkan dunia ini. Kematian menjadi salah satu tahapan yang harus dilewati untuk bisa sampai ke dunia akhirat. Rasa takut yang timbul terhadap kematian bisa menjadi nikmat dan juga bisa menjadi hal yang membuat seseorang merasa terpuruk. Namun, kita harus bisa mengambil satu hal penting yaitu rasa takut akan mati adalah sebuah peringatan agar manusia selalu mengingat Allah. Lalu apakah ada cara menghilangkan rasa takut mati menurut Islam?

Cara Menghilangkan Rasa Takut Mati Menurut Islam

Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman, yang artinya;

وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِّنَ الْخَوْفِ وَالْجُوْعِ وَنَقْصٍ مِّنَ الْاَمْوَالِ وَالْاَنْفُسِ وَالثَّمَرٰتِۗ وَبَشِّرِ الصّٰبِرِيْنَ 

“Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar,” (Q.S. Al Baqarah : 155).

Memang rasa takut ini bukan sesuatu yang mudah untuk dihilangkan. Karena dalam buku Mizan Al ‘Amal, Imam Ghazali menjelaskan ada beberapa alasan mengapa manusia sangat takut terhadap kematian. Ada alasan di mana kita masih ingin bersenang-senang dan menikmati hidup ini lebih lama lagi. Kehidupan merupakan berkat yang diberikan kepada sang pencipta untuk kita, namun kita harus sadar jika hal ini bisa diambil kembali sewaktu-waktu.

Alasan lainnya adalah bahwa manusia tidak siap berpisah dengan orang-orang yang dicintai, termasuk harta dan kekayaannya. Lalu ada juga ketakutan akan berbagai dosa yang telah diperbuat. Seperti yang kita ketahui, keluarga dan harta tidak akan bisa menemani di alam barzah. Di sini dosa-dosa kita juga akan dipertanggungjawabkan.

Salah satu cara untuk bisa menghilangkan perasaan takut akan kematian ini adalah dengan menganggap kematian sebagai sebuah peringatan agar bisa lebih bertakwa dan rajin beramal.

Baca juga: 4 Amalan Penyelamat Siksa Kubur Yang Dapat Membantumu

1. Kematian Sebagai Pengingat

Jika kita bisa merubah perasaan takut kepada kematian menjadi pemacu untuk lebih baik serta menjadi motivasi dalam menjauhkan diri dari kemaksiatan, maka rasa takut akan kematian ini akan bisa berkurang. Banyak mengingat mati adalah suatu kebaikan, Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan;

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Perbanyaklah mengingat pemutus kelezatan”, yaitu kematian”. (HR. Tirmidzi).

2. Istiqomah Menjaga Amal Sholeh

Jika dosa menjadi salah satu alasan mengapa kita takut akan kematian, maka salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan selalu berusaha menjaga amalan sholeh selama hidup.

وَتِلْكَ ٱلْجَنَّةُ ٱلَّتِىٓ أُورِثْتُمُوهَا بِمَا كُنتُمْ تَعْمَلُونَ

Dan itulah surga yang dikaruniakan untuk kalian, karena perbuatan (amal sholeh) yang kalian dulu pernah kerjakan” (QS. Az-Zukhruf : 72).

Untuk bisa mendapatkan rahmat dan cinta kasih Allah Subhanahu wa ta’ala, bertaqwalah kepada Allah dengan sebenar-benarnya taqwa. Seperti hadits nabi Muhammad Sallallahu `alaihi wa sallam,  dari Jabir bin Abdillah radhiyallahu ’anhu disebutkan sabda Nabi shallallahu alaihi wa sallam,

“Tidak ada amalan seorangpun yang bisa memasukkannya ke dalam surga, dan menyelamatkannya dari neraka. Tidak juga denganku, kecuali dengan rahmat dari Allah” (HR. Muslim no. 2817).

3. Menjaga Sholat

Sholat 5 waktu adalah amalan wajib yang tidak boleh ditinggalkan. Senantiasa melaksanakan sholat secara benar akan bisa membuat hati kita akan takut untuk melakukan kemaksiatan dan kemungkaran, karena setiap saat kita selalu mengingat Allah.

Itulah dia beberapa cara menghilangkan rasa takut akan kematian menurut Islam. Marilah kita perbanyak taqwa, amal, dan perilaku baik selama masih ada di dunia. Bila Anda membutuhkan taman pemakaman sesuai dengan syariat Islam, maka Taman Pemakaman Islam Al-Azhar Memorial Garden bisa menjadi pilihan Anda. Kunjungi website kami sekarang juga.

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom dengan tanda * wajib diisi
*

Artikel Terkait