Penyebab Amal Ibadah Tidak Diterima Allah SWT.

7 February 2022 by no comments Posted in artikel

penyebab amal ibadah tidak diterima

Ada beberapa penyebab amal ibadah tidak diterima menurut ajaran Islam. Ibadah adalah bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT atas segala nikmat yang telah diberikan kepada kita.

Ibadah yang kita lakukan harus dilandasi perasaan ikhlas hanya karena Allah, bukan karena hal lain. Melakukan ibadah selain karena Allah bisa menjadi salah satu penyebab tidak diterimanya amal ibadah yang kita lakukan.

Pada artikel ini, kami akan membahas tentang beberapa penyebab amal ibadah tidak diterima oleh Allah SWT. agar Anda bisa menghindari hal-hal tersebut.

Apa Saja Penyebab Amal Ibadah Tidak Diterima?

Ibadah yang dilakukan hendaknya disertai dengan hati yang ikhlas hanya karena Allah SWT. semata, tanpa ada alasan atau dorongan lain. Selain itu, ibadah yang kita lakukan bisa diterima, atau bisa juga ditolak.

Amal ibadah kita yang tidak diterima biasanya disebabkan oleh perbuatan kita sendiri. Berikut adalah beberapa perbuatan yang dapat menyebabkan ibadah kita tidak diterima:

1. Tidak Ikhlas

Keikhlasan adalah kunci untuk menerima amal ibadah yang kita lakukan. Jika kita melakukan ibadah dengan maksud agar diketahui orang lain, agar kita dihormati, atau karena alasan lain selain Allah, maka itu tidak ikhlas dan menyebabkan amal ibadah kita tidak diterima.

Dalam HR Bukhori, Rasulullah SAW. bersabda, “Jika engkau melakukan amal (ibadah), lakukanlah semata-mata karena Allah dengan ikhlas, karena tidak akan diterima amal ibadah dari hamba-Nya, kecuali yang dilakukan dengan ikhlas.”

2. Meringankan Ibadah

Seringkali kita menganggap remeh ibadah seperti salat, hal ini tidak boleh dilakukan karena dapat menyebabkan ibadah kita tidak diterima oleh Allah SWT. Meringankan ibadah yang dimaksud di sini adalah seperti menunda-nunda salat demi urusan dunia yang tidak penting.

Baca Juga: Memahami Apa Itu Amal Jariyah dan 7 Contohnya

Imam al-Sahdiq as. pernah berkata, “Demi Allah, ada seorang pria yang melakukan salat selama lima puluh tahun, tetapi tidak ada salatnya diterima. Apa yang lebih mengerikan dari ini, demi Allah, Anda tahu, baik dari tetangga atau sahabat kalian, bahwa tidak diterimanya salat orang itu karena dia meringankannya.”

Betapa berbahayanya mengabaikan doa, jadi berhati-hatilah.

3. Memakan Harta Haram

Memakan harta haram sama saja dengan menumbuhkan daging haram dalam tubuh kita. Di akhirat kelak, daging haram atau harta haram akan dibakar dengan api neraka. Jadi, jika kita beribadah, tetapi kita memakan harta yang haram, maka amal ibadah dan amal kita tidak diterima oleh Allah.

Rasulullah SAW. pernah bersabda, “Ibadah yang disertai dengan memakan (makanan) yang haram sama saja seperti (mendirikan) bangunan di atas pasir.” (Al-Bihar 103: 16).

4. Durhaka Kepada Orang Tua

Durhaka kepada orang tua dapat menyebabkan amal ibadah yang kita lakukan tidak diterima oleh Allah. Nabi selalu menganjurkan kita untuk menghormati serta menjaga perasaan kedua orang tua, terutama Ibu.

Imam Ja’far Al-Shidiq as. pernah mengatakan, “Barang siapa yang memandang kedua orang tuanya dengan pandangan kesal atau benci, maka shalatnya tidak diterima.”

Maka dari itu, berhati-hatilah dalam bersikap dengan kedua orang tua Anda, karena merekalah yang telah membawa Anda ke dunia ini.

Baca Juga: 4 Doa yang Bisa Dibacakan Untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal

5. Takabur

Takabur sama saja dengan sombong. Dalam Islam, Allah menolak ibadah yang dilakukan dengan takabur. Jika Anda melakukan ibadah dengan takabur, maka sama saja dengan melakukan ibadah dengan niat bukan semata-mata karena Allah melainkan karena manusia atau karena selain Allah.

Semoga artikel ini dapat membuat Anda menjauh penyebab amal ibadah tidak diterima, dan semoga amal ibadah Anda bisa selalu diterima oleh Allah SWT.

Jika Anda sedang mencari pemakaman, Al Azhar Memorial Garden menyediakan kavling makam dengan berbagai ukuran dan pelayanan terbaik yang bisa Anda dapatkan. Klik di sini untuk mengetahui informasi selengkapnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *
*

Related Story