Pengertian Taubat, Macam dan Dalil tentang Taubat

22 Oktober 2021 by tidak ada komentar Diterbitkan di artikel

pengertian taubat

Setiap manusia mungkin akan melakukan kesalahan dalam kehidupannya. Baik disengaja ataupun tidak, kecil ataupun besar, hal ini tidak akan bisa dihindari dengan sempurna. Kesalahan yang dilakukan berlawanan dengan syariat Islam, akan diberi ganjaran berupa dosa. Allah yang Maha Pengampun selalu membuka pintu maaf untuk manusia yang berbuat dosa. Hal ini disebut dengan taubat. Apa pengertian taubat? Apa saja bentuknya dan dalil apa saja yang mendukungnya? Ketahui berbagai macam informasi tersebut di sini.

Pengertian Taubat

Taubat secara bahasa berasal dari bahasa Arab yaitu تَوَّبَ yang memiliki arti kembali. Apabila seseorang bertaubat, artinya dia akan kembali dari dosanya atau meninggalkan dosa-dosanya. Secara Syar’i, taubat memiliki arti untuk meninggalkan dosa karena takut pada Allah dan bertekad kuat untuk tidak mengulanginya dan memperbaiki apa yang mungkin bisa diperbaiki kembali dari amalnya. 

Dalam Alquran surat At-Tahrim ayat 8:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا تُوْبُوْٓا اِلَى اللّٰهِ تَوْبَةً نَّصُوْحًاۗ عَسٰى رَبُّكُمْ اَنْ يُّكَفِّرَ عَنْكُمْ سَيِّاٰتِكُمْ وَيُدْخِلَكُمْ جَنّٰتٍ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَنْهٰرُۙ يَوْمَ لَا يُخْزِى اللّٰهُ النَّبِيَّ وَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مَعَهٗۚ نُوْرُهُمْ يَسْعٰى بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَبِاَيْمَانِهِمْ يَقُوْلُوْنَ رَبَّنَآ اَتْمِمْ لَنَا نُوْرَنَا وَاغْفِرْ لَنَاۚ اِنَّكَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

Hai orang-orang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubat nasuha (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Tuhanmu akan menutupi kesalahan- kesalahanmu dan memasukkanmu ke surga yang mengalir dibawahnya sungai-sungai, pada hari ketika Allah tidak menghinakan nabi dan orang-orang mukmin yang bersamanya; sedang cahaya mereka memancar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, sambil mereka mengatakan, ‘Ya Tuhan kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami. Sesungguhnya, Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.” 

Baca juga: Lakukan 5 Amalan yang Menemani di Alam Kubur Ini

Macam-macam Taubat Menurut Imam Al Ghazali

Imam Al Ghazali mengelompokkan taubat berdasarkan kualitas amal seseorang. Ada tiga jenis, yaitu Taubat, Firar, dan Inabat. Berikut ini adalah penjelasan secara lebih lanjut mengenai hal tersebut.

1. Taubat

Menurut Imam Al Ghazali, taubat berarti kembali dari kemaksiatan menuju ketaatan. Contohnya adalah ketika seseorang gemar berjudi, namun dia bertaubat dan mulai meninggalkan kegiatan tersebut.

2. Firar

Firar memiliki arti sebagai sebuah tindakan ‘lari’ dari kemaksiatan menuju ketaatan. Orang-orang yan melakukan hal ini akan memilih untuk menghindari berbagai keburukan. Seperti menghindari korupsi, menghindari ghibah, menghindari kekerasan, menghindari judi, dan lain-lain. Para pelaku firar adalah orang-orang yang selalu berusaha memperbaiki diri.

3. Inabat

Kegiatan bertaubat berulang-ulang bisa disebut sebagai inabat, bahkan disaat tidak melakukan perbuatan dosa. Mencoba untuk selalu mendekat kepada Allah dan menjadi  taubat sebagai kebiasaan.

Baca juga: Tata Cara Sholat Taubat Sesuai Sunnah Rasul

Cara Bertaubat

Jika Anda ingin melakukan taubat, maka ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Tidak bisa hanya sekedar mengatakan “saya bertaubat”. Ada prosedur yang harus dilakukan. Nabi Muhammad SAW bersabda dalam sebuah hadits:

Setiap orang yang berbuat dosa, lalu ia bergegas melakukan wudhu, kemudian mengerjakan sholat, lalu memohon ampun kepada Allah, niscaya Allah akan memberikan ampunan kepadanya.” 

  1. Mulai Dengan Niat dan Sholat Taubat

Segala sesuatu harus dimulai dengan niat. Ingatkan diri untuk menghindari dosa-dosa yang sudah dilakukan dan berusaha sekuat mungkin kembali kepada Allah. Setelah itu kita akan melaksanakan sholat taubat. 

Niat ini harus dibacakan dengan sungguh-sungguh. 

أُصَلِّي سُنَّةَ التَّوْبَةِركعتين مستقبل القبلة لله تعالى

Saya berniat sholat sunah taubat dua rakaat dengan menghadap kiblat karena Allah SWT.”

Sholat bisa dilakukan sebanyak 2, 4, atau 6 rakaat. Jika lebih dari dua rakaat, maka sholat harus dipisah setiap 2 rakaat dengan salam. Minta ampunan dengan munajat pada sujud terakhir. Minta maaf kepada yang Maha Kuasa secara sungguh-sungguh.

Baca juga: Bacaan Doa Mohon Ampun dari Dosa Besar

  1. Dzikir dan Doa Taubat

Sangat dianjurkan untuk memperbanyak dzikir, istighfar, serta berdoa. Anda  bisa mulai dengan membaca kalimat tahlil dan istighfar.

أسْتَغْفِرُ اللّهَ الْعَظِيمَ الَّذِي لا إلَهَ إلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ وَأتُوبُ إلَيْه

Aku meminta pengampunan kepada Allah yang tidak ada tuhan selain Dia Yang Maha Hidup dan Berdiri Sendiri dan aku bertaubat kepadanya.”

Lanjutkan dengan membaca doa sholat taubat setelah membaca tahlil dan istighfar sebanyak 100x. Doa ini juga disebut sebagai sayyidul istighfar.

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ. أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ. أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ. وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ. فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلَّا أَنْتَ

Ya Allah Engkau adalah Tuhanku. Tidak ada sesembahan yang berhak sebagai Engkau. Engkau yang menciptakanku, sedang aku adalah hamba-Mu dan aku di atas ikatan janji-Mu dan akan dipindahkannya dengan semampuku. Aku berlindung dari segala sesuatu yang ingin aku perbuat, aku inginmu nikmat terhadap diriku dan aku mengakui dosaku pada-Mu, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni segala dosa kecuali Engkau.”

  1. Memperbanyak Amalan

Berikan bukti taubat dalam bentuk perbuatan. Anda bisa mengerjakan sebanyak-banyaknya amalan baik. Ini menjadi sebuah bentuk ikhtiar bahwa Anda tidak akan mengulangi dosa-dosa tersebut. Perbanyak juga ibadah untuk mendekatkan diri dengan Sang Pencipta.Itulah dia pengertian dari taubat dan  juga berbagai macam bentuk-bentuknya. Semoga melalui informasi ini kita bisa belajar menjadi yang lebih baik.  Bila Anda membutuhkan taman pemakaman sesuai dengan syariat Islam, maka Taman Pemakaman Islam Al-Azhar Memorial Garden bisa menjadi pilihan Anda. Kunjungi website kami sekarang juga

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom dengan tanda * wajib diisi
*

Artikel Terkait