Pengertian Surga dan Neraka, serta Macamnya

11 November 2021 by tidak ada komentar Diterbitkan di artikel

pengertian surga dan neraka

Pengertian surga dan neraka memiliki makna yang sangat dalam dan sebagai orang yang percaya akan adanya dunia akhirat setelah kematian, Anda harus memahami betul kedua kata tersebut. Apakah Anda sudah memahami dan percaya akan kehadiran surga dan neraka?

Kehidupan manusia selama di dunia ini akan dilihat oleh Allah SWT mulai dari mereka dilahirkan hingga akhirnya meninggal dan memasuki dunia akhirat. Seluruh perbuatan yang diperbuat manusia akan ditimbang untuk melihat apakah kita pantas untuk tinggal di surga atau neraka.

Allah menginginkan umat manusia untuk terus melakukan amal kebaikan selama masa hidupnya dan seluruh perbuatan tersebut akan dibalas dengan menerima manusia tersebut tinggal di surga. Sebaliknya, bagi orang-orang yang tidak mendengarkan ajaran-Nya, Allah akan murka dan melempar mereka ke dalam neraka yang panas.

Namun, apakah Anda tahu bahwa surga dan neraka memiliki berbagai macam tingkatan? Untuk itu, melalui artikel ini, Al Azhar Memorial Garden akan membahas lebih dalam mengenai pengertian surga dan neraka serta macam-macam tingkatannya.

Pengertian Surga dan Neraka

Untuk dapat memahami pengertian surga dan neraka, kami akan membahasnya secara satu per satu. Silakan simak pembahasannya berikut ini.

1. Apa itu Surga?

Allah telah mempersiapkan surga bagi umat manusia yang hidup sesuai dengan apa yang ajaran-Nya. Surga merupakan tempat di mana manusia menjalani kehidupan kekal dengan penuh kebahagiaan dan tanpa adanya rasa kesedihan seperti yang disabdakan oleh Nabi Muhammad SAW, yaitu:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ يَدْخُلُ الْجَنَّةَ يَنْعَمُ لَا يَبْأَسُ لَا تَبْلَى ثِيَابُهُ وَلَا يَفْنَى شَبَابُهُ

“Dari Abu Hurairah RA dari Nabi Muhammad SAW, beliau telah bersabda, “Orang yang masuk surga itu selalu berada dalam kenikmatan tanpa ada kesedihan. Pakaiannya tidak pernah kusut dan senantiasa awet muda. (Muslim 8:148)”

Surga memiliki 8 tingkatan dan setiap orang akan memasuki salah satu tingkatan sesuai dengan hal baik apa saja yang diperbuat selama masa hidupnya di dunia. Adapun 8 tingkatan surga itu dimulai dari yang tertinggi yaitu Surga Firdaus, Surga ‘Adn, Surga Na’im, Surga Ma’wa, Surga Darussalam, Surga Darul Muqamah, Surga Al-Maqamul Amin, dan Surga Khuldi.

Baca Juga: 7 Amalan Masuk Surga Tanpa Dihisab Yang Bisa Anda Lakukan

2. Apa itu Neraka?

Bagi manusia yang tidak menjalankan hidupnya sesuai dengan ajaran Allah SWT, maka mereka sudah sepantasnya tinggal di alam akhirat yang penuh dengan ratap tangis dan penyiksaaan. Hal ini tertulis dalam kitab Al Anfal ayat 50, yaitu:

وَلَوْ تَرَىٰ إِذْ يَتَوَفَّى الَّذِينَ كَفَرُوا ۙ الْمَلَائِكَةُ يَضْرِبُونَ وُجُوهَهُمْ وَأَدْبَارَهُمْ وَذُوقُوا عَذَابَ الْحَرِيقِ

“Dan sekiranya kamu melihat ketika para malaikat mencabut nyawa orang-orang yang kafir sambil memukul wajah dan punggung mereka (dan berkata), Rasakanlah olehmu siksa neraka yang membakar.”

Sama seperti surga, neraka juga memiliki tingkatannya sendiri. Namun, tingkatan neraka berbeda dengan tingkatan surga di mana semakin tinggi tingkatan neraka, maka siksaan yang diterima akan semakin kejam sedangkan semakin tinggi tingkatan surga, maka nikmat yang dirasakan akan lebih banyak.

Baca Juga: Mengetahui Perbedaan Siksa Kubur dan Siksa Neraka

Neraka memiliki 8 tingkatan. Berikut ini merupakan tingkatan neraka dimulai dari yang paling tinggi yaitu Neraka Jahanam, Neraka Jahim, Neraka Saqar, Neraka Sair, Neraka Hutamah, Neraka Wail, Neraka Ladza, dan Neraka Hawiyah. Siapapun tidak akan pernah bisa membayangkan seberapa keji siksaan yang akan diterima apabila seseorang memasuki Neraka Jahanam.


Jadi, itulah informasi yang dapat kami sampaikan kepada Anda mengenai pengertian surga dan neraka serta macam-macam tingkatannya. Sekian informasi pada artikel ini dan jika Anda membutuhkan informasi mengenai kavling makam khusus untuk muslim, silakan hubungi Al Azhar Memorial Garden sekarang juga karena kami menyediakan kavling kuburan yang sudah disesuaikan dengan fatwa MUI.

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom dengan tanda * wajib diisi
*

Artikel Terkait