Pahala Melayat Orang Meninggal

29 Desember 2021 by tidak ada komentar Diterbitkan di artikel

pahala melayat orang meninggal

Melayat seseorang yang telah meninggal, baik kerabat atau keluarga sangat wajar dilakukan. Kebanyakan dari kita melakukan hal ini sebagai cara kita untuk menghormati mereka yang telah meninggal. Melayat juga membantu kita untuk terus mengingat kenangan yang telah dibuat saat orang tersebut masih hidup di dunia bersama dengan kita. Dalam pengajaran Islam sendiri, terdapat pahala melayat orang meninggal. Apa saja pahala yang akan kita dapatkan? Langsung saja cari tahu informasinya di bawah ini.

Apa Saja Pahala Melayat Orang Meninggal? 

Melayat atau takziah adalah kunjungan yang kita lakukan untuk menyatakan rasa belasungkawa kita terhadap keluarga tersebut. Selain itu tujuan dari melayat orang yang telah meninggal adalah untuk memberi dukungan kepada mereka yang ditinggalkan oleh almarhum, agar lebih sabar dalam menghadapi kehidupan di hari-hari ke depan. 

Tidak hanya memberi dukungan, melayat orang yang telah meninggal juga membuat kita mengingat dan disadarkan kembali bahwa semua makhluk hidup pada suatu waktu pasti akan mengalami kematian. Hal ini membuat kita semakin sadar bahwa kita harus hidup dengan lebih bijak dan terus bertakwa kepada Tuhan. Dalam Islam sendiri, kegiatan melayat atau takziah sangat dianjurkan untuk dilakukan. Selain karena alasan-alasan di atas, kegiatan melayat mendatangkan pahala bagi mereka yang melakukannya. 

Baca Juga: 7 Nasehat Kematian dalam Islam yang Perlu Dipahami

Hadis dari Abdullah bin Mas’ud bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, “Barang siapa yang bertakziah kepada orang yang tertimpa musibah, maka baginya pahala seperti pahala yang didapat orang tersebut.” (HR. Imam Tirmidzi dan Imam Baihaqi). 

Dengan menunjukkan kebaikan kita kepada keluarga almarhum, kita akan mendapatkan pahala dari Allah SWT karena sudah menunjukkan kebaikan kepada mereka yang sedang melewati masa berduka. Selain itu, tertulis dalam redaksi hadits Shahih Bukhari ke-47 demikian; 

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – قَالَ مَنِ اتَّبَعَ جَنَازَةَ مُسْلِمٍ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا ، وَكَانَ مَعَهُ حَتَّى يُصَلَّى عَلَيْهَا ، وَيَفْرُغَ مِنْ دَفْنِهَا ، فَإِنَّهُ يَرْجِعُ مِنَ الأَجْرِ بِقِيرَاطَيْنِ ، كُلُّ قِيرَاطٍ مِثْلُ أُحُدٍ ، وَمَنْ صَلَّى عَلَيْهَا ثُمَّ رَجَعَ قَبْلَ أَنْ تُدْفَنَ فَإِنَّهُ يَرْجِعُ بِقِيرَاطٍ

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa melayat jenazah muslim karena iman dan ikhlas, ia menyertainya hingga shalat jenazah dan menyelenggarakan pemakamannya, maka dia membawa pahala dua qirath, satu qirath semisal bukit uhud. Dan barangsiapa ikut shalat jenazah kemudian pulang sebelum jenazah itu dimakamkan, maka ia membawa pulang pahala satu qirath.

Memang melakukan kegiatan melayat akan mendatangkan pahala kepada kita, namun kita tidak boleh hanya melakukannya demi pahala yang adalah kepentingan kita sendiri. Jika motivasi ini yang Anda miliki, tentu saja pahala tersebut tidak akan Anda dapatkan. Seperti tertulis di atas bahwa saat kita melayat atau takziah, kita harus melakukannya dengan tulus dan ikhlas serta dilandasi dengan iman.

Baca Juga: Doa Ketika Melayat atau Takziah Orang Meninggal

Sekali lagi, kita melakukannya untuk menghormati orang yang telah meninggal dan memberikan dukungan kepada keluarga yang telah ditinggalkan. Jika kita berbuat demikian dengan hati yang murni, maka pahala dua qirath akan menjadi bagian kita. Demikian penjelasan mengenai pahala melayat orang meninggal. Dengan demikian amal yang kita lakukan juga akan diterima oleh Allah SWT. Dengan penjelasan ini semoga kita semakin giat untuk hidup dengan benar dihadapan Allah dan terus bertakwa kepada-Nya. 

Jika Anda ingin membeli kavling makam sebagai persiapan untuk keluarga yang telah tiada, Anda dapat mengunjungi website Al Azhar Memorial Garden. Al Azhar Memorial Garden menyediakan kavling makam dengan berbagai ukuran dan pelayanan terbaik yang bisa Anda dapatkan. Klik di sini untuk mengetahui informasi selengkapnya. 

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom dengan tanda * wajib diisi
*

Artikel Terkait