5 Golongan Orang yang Tidak Ditanya di Alam Kubur

29 Desember 2021 by tidak ada komentar Diterbitkan di artikel

orang yang tidak ditanya di alam kubur

Ternyata ada orang-orang yang tidak ditanya di alam kubur, loh. Apakah Anda sudah mengetahuinya? Pertanyaan ini akan diajukan saat seseorang sudah menemui ajal mereka. Saat mayat orang tersebut telah dimakamkan, maka mayat dan roh mereka akan terpisah. Pada fase ini, roh orang tersebut akan didatangi oleh malaikat Munkar dan Nakir. Pertanyaan-pertanyaan yang diberikan adalah pertanyaan mengenai iman kita kepada Allah SWT saat kita hidup di dunia. 

Meskipun pertanyaan yang akan ditanyakan dapat kita ketahui, namun tetap saja semua jawaban yang kita berikan hanya akan menjadi bukti kuat saat perbuatan kita di dunia sejalan lurus dengan jawaban kita. Oleh karena itu sebagus apa pun jawaban yang kita berikan dan siapkan, tidak akan mengubah akhir hidup kita. Namun dalam kenyataannya, ada beberapa golongan orang yang tidak ditanya di alam kubur. Berikut penjelasannya.

5 Golongan Orang yang Tidak Ditanya

Inilah 5 golongan orang yang tidak akan ditanya di alam kubur. 

1. Syuhada

Syuhada adalah orang-orang yang mati syahid. Mati syahid sendiri diartikan sebagai orang-orang yang meninggal karena imannya dan karena orang tersebut memperjuangkan kebenaran dan keikhlasan untuk menegakkan nama Allah. Menurut ajaran islam, mati syahid adalah mati dengan derajat yang paling tinggi. Mereka akan mendapatkan kemuliaan dari Allah SWT. Mengenai hal ini, tertulis demikian;

“Janganlah kamu mengira bahwa orang-orang yang gugur di jalan Allah itu mati; bahkan mereka itu hidup di sisi Tuhannya dengan mendapat rezeki,” (Ali Imron: 169)

Mereka yang mati syahid tidak lagi diberikan pertanyaan karena apa yang dikatakan Nabi Muhammad SAW, demikian katanya;

“Wahai Rasulullah SAW, mengapa orang-orang beriman akan diuji dalam kubur, kecuali para syuhada?” Beliau menjawab, “Kilatan pedang yang berkelabat di atas kepala mereka sudah cukup menjadi ujian bagi mereka.”

2. Ribath

Ribath adalah seseorang yang menjaga tapal batas antara kaum muslimin dengan kaum kuffar orang-orang kafir. Mereka dikatakan terbebas dari pertanyaan Munkar dan Nakir karena Rasulullah SAW bersabda bahwa “Ribath sehari semalam lebih baik dari puasa dan shalat malam sebulan. Kalau seseorang mati dalam kondisi seperti ini, amalnya akan mengalir dan dicurahkan rizki atasnya serta dijamin bebas dari ujian (kubur).”

3. Orang yang Meninggal Hari Jumat atau Malamnya

Hari jumat merupakan hari yang mulia dalam ajaran Islam. Misalnya beribadah pada hari jumat, diyakini bahwa mereka yang beribadah di hari jumat akan diampuni segala dosanya. Hal ini juga berlaku bagi mereka yang meninggal di hari jumat, Orang yang Meninggal Karena Sakit Perut.dimana mereka akan di jagai dan terbebas dari siksa alam kubur. Hal ini sejalan dengan apa yang diriwayatkan oleh Ibnu Amru,

“Setiap muslim yang mati pada siang hari Jumat atau malamnya, niscaya Allah akan menyelamatkannya dari fitnah (siksa) kubur.” (HR. Ahmad dan Tirmizi, dinilai shahih oleh Al-Bani)

4. Orang yang Meninggal Karena Sakit Perut

Mungkin terdengar sangat aneh dan tidak masuk akal, namun hal ini benar terjadi. Rasulullah SAW dalam sabdanya berkata bahwa, 

‘Barangsiapa meninggal karena sakit perut, tidak akan diazab dalam kuburnya’.” Salah seorang dari mereka menjawab, ‘Ya’.”

5. Orang yang Membaca Surat Al-Mulk

Golongan terakhir yang tidak diberikan pertanyaan adalah seseorang yang membaca surat Al-Mulk. Hal ini seperti dikatakan oleh Rasulullah SAW  saat Ia bersabda,

“Surat tabarak akan mencegah azab kubur.”

Demikian informasi yang dapat disampaikan mengenai golongan orang yang tidak ditanya di alam kubur. Oleh karena itu setiap manusia harus hidup dengan benar dan bertakwa kepada Tuhan SWT. kita harus mempersiapkan diri kita sebaik mungkin sebelum ajal menjemput kita. Hal ini termasuk menyiapkan kavling makam, agar keluarga yang kita tinggalkan tidak lagi repot saat kita meninggal. 

Al Azhar Memorial Garden merupakan tempat yang tepat untuk mempersiapkan kavling makam dengan pelayanan terbaik dan profesional. Untuk informasi selanjutnya mengenai Al Azhar Memorial Garden, Anda dapat langsung klik di sini

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom dengan tanda * wajib diisi
*

Artikel Terkait