Meninggal Kecelakaan Apakah Takdir Dalam Sudut Pandang Islam?

27 September 2021 by tidak ada komentar Diterbitkan di artikel

meninggal kecelakaan apakah takdir

Setiap makhluk hidup tidak terkecuali manusia saja pasti akan mengalami kematian. Kepastian akan kematian bagi manusia dapat datang tanpa kita sadari. Apalagi ada berbagai penyebab kematian dalam kehidupan manusia. Dimulai dari sakit hingga kecelakaan. Namun, jika dipikirkan lebih dalam, meninggal kecelakaan apakah takdir?

Meninggal karena kecelakaan memang tidak mungkin bisa diprediksi. Dalam aktivitas Anda sehari-hari, bahaya yang mengintai pasti selalu ada. Ketika Anda berkendara, sedang berjalan-jalan, hingga lainnya. Karena kecelakaan tidak pernah dapat diprediksi, maka banyak yang bertanya-tanya apakah meninggal karena hal ini merupakan salah satu takdir? Bukankah bisa dihindari? Mari mengetahui jawaban selengkapnya di sini.

Menjawab Meninggal Kecelakaan Apakah Takdir

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, takdir adalah ketetapan Tuhan atau ketentuan Tuhan. Dari penjelasan ini saja sudah terlihat bahwa takdir memang merupakan ketentuan dari Allah. 

Jadi ketika memang ada kerabat dekat atau siapapun yang meninggal karena kecelakaan, berarti Allah sudah menentukan dan menetapkan kehidupannya seperti itu. Jalan hidupnya memang sudah ditakdirkan untuk meninggal dengan cara kecelakaan.

Memang selalu ada pemikiran bahwa dalam kasus kecelakaan yang merenggut nyawa sebenarnya bisa dihindari. Namun pada akhirnya, kita berbicara mengenai takdir yang memang sudah di luar kuasa manusia. Sebagai manusia, kita hanya bisa menerima takdir dan lanjut menjalani kehidupan ini.

Takdir yang harus kita terima memang tidak hanya berbicara mengenai kematian saja. Masih ada berbagai hal yang memang sudah jalan-Nya sehingga mau tidak mau, kita harus menerimanya. 

Apalagi ketika berbicara mengenai maut. Ada berbagai cara untuk bertemu dengan maut. Tidak hanya karena kecelakaan saja. Masih ada cara lain yang bisa datang, bahkan tanpa sebab sekalipun. Semua cara tersebut merupakan kuasa Allah yang membawa pada kematian. Allah SWT telah berfirman: “Setiap yang bernyawa akan merasakan mati. Kemudian hanya kepada Kami kamu dikembalikan.” (QS al-‘Ankabut: 57).

Kemudian Rasulullah SAW telah menyampaikan sebuah hadis Qudsi yang berbunyi: “Wahai anak cucu Adam, kematian itu laksana pintu dan setiap manusia akan memasukinya.” Jadi kematian adalah sebuah kepastian yang tidak dapat dilepaskan dari seorang pun di dunia ini.

Kematian Dapat Menjemput Anda Kapan Saja

Kematian pasti menghampiri siapa saja, di mana pun dan kapan pun. Sungguh kita semua tidak bisa lari dari yang namanya kematian.

Suatu waktu Allah SWT berfirman: Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan” (QS al-Jumu’ah: 8).

Oleh karena itu, Anda harus mengimani takdir kematian dengan berbagai penyebab, termasuk kecelakaan karena hal ini sudah menjadi ketentuan Allah SWT. “Dan setiap umat mempunyai ajal (batas waktu). Apabila ajalnya tiba, mereka tidak dapat meminta penundaan atau percepatan sesaat pun (QS al-A’raf: 34).

Jadi itulah penjelasan tentang meninggal kecelakaan apakah takdir yang dapat Anda pelajari. Semoga kita selalu mendapatkan kematian yang husnul khotimah dan terus mendekatkan diri pada-Nya selama masih diberikan waktu untuk hidup. Kematian yang tidak pernah bisa diprediksi membuat Anda membutuhkan bantuan kavling makam untuk mempersiapkan diri sejak dini. Al Azhar Memorial Garden telah menyediakan taman pemakaman berdasarkan syariat Islam dan dikelola secara profesional. Klik di sini untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom dengan tanda * wajib diisi
*

Artikel Terkait