Sikap Menghadapi Musibah dan Pentingnya Mendoakan Orang yang Tertimpa Musibah

26 Oktober 2021 by tidak ada komentar Diterbitkan di artikel

Musibah adalah salah satu cara dari sang Maha Kuasa untuk menguji keimanan kita. Ketahui betapa pentingnya mendoakan orang yang tertimpa musibah di sini.

Musibah menjadi hal yang tidak bisa diketahui oleh manusia kapan datangnya. Bisa saja terjadi kepada kita, keluarga, ataupun orang-orang di sekitar kita. Sudah menjadi kewajiban bagi seorang muslim untuk peduli dengan sesama. Salah satu bentuk kepedulian yang bisa kita berikan adalah dengan mendoakan orang yang tertimpa musibah. Seperti apakah doanya? Dan seberapa pentingkah hal ini untuk kita terapkan?

Mendoakan Orang yang Tertimpa Musibah

Musibah bisa menjadi salah satu cara dari sang Maha Kuasa untuk menguji iman kita. Apakah kita kuat atau malah semakin menjauhi Allah SWT. Iman yang kuat kepada bisa memberikan kitab keyakinan bahwa segala ketetapan yang Allah SWT berikan untuk dirinya adalah hal terbaik untuk kita. Keyakinan yang kuat ini akan mendapatkan balasan kebaikan dari Allah SWT berupa ketenangan dan ketabahan dalam jiwa. Allah SWT berfirman dalam QS. At-Taghabun ayat 11:

مَآ اَصَابَ مِنْ مُّصِيْبَةٍ اِلَّا بِاِذْنِ اللّٰهِ ۗوَمَنْ يُّؤْمِنْۢ بِاللّٰهِ يَهْدِ قَلْبَهٗ ۗوَاللّٰهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْمٌ

Tidak ada suatu musibah pun yang menimpa seseorang kecuali dengan ijin Allah; dan barangsiapa yang beriman kepada Allah niscaya Dia akan memberi petunjuk kepada hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

Baca Juga: Doa Dijauhkan dari Musibah dan Masalah

Sebagai seorang muslim kita harus selalu bertakwa dan beriman dalam menghadapi masalah atau musibah apapun yang menghampiri. Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Ahzab ayat 10:

 اِذْ جَاۤءُوْكُمْ مِّنْ فَوْقِكُمْ وَمِنْ اَسْفَلَ مِنْكُمْ وَاِذْ زَاغَتِ الْاَبْصَارُ وَبَلَغَتِ الْقُلُوْبُ الْحَنَاجِرَ وَتَظُنُّوْنَ بِاللّٰهِ الظُّنُوْنَا۠

(Yaitu) ketika mereka datang kepadamu dari atas dan dari bawahmu, dan ketika tidak tetap lagi penglihatan(mu) dan hatimu naik menyesak sampai ke tenggorokan dan kamu menyangka terhadap Allah dengan bermacam-macam purbasangka.”

Selain hal di atas, rasa kesabaran kita juga akan diuji.  Imam Suyuthi dalam Tafsir al-Jalalain mendefinisikan kesabaran sebagai cara menahan diri terhadap apa-apa yang Anda benci (al-habsu li an-nafsi ‘alaa maa takrahu). Sikap inilah yang wajib dimiliki saat seseorang menghadapi musibah. Jika seorang memutuskan untuk menjauhi Sang Pencipta, maka mereka memiliki sifat yang kufur. Sebagaimana firman-Nya:

يٰبَنِيَّ اذْهَبُوْا فَتَحَسَّسُوْا مِنْ يُّوْسُفَ وَاَخِيْهِ وَلَا تَا۟يْـَٔسُوْا مِنْ رَّوْحِ اللّٰهِ ۗاِنَّهٗ لَا يَا۟يْـَٔسُ مِنْ رَّوْحِ اللّٰهِ اِلَّا الْقَوْمُ الْكٰفِرُوْنَ

Wahai anak-anakku! Pergilah kamu, carilah (berita) tentang Yusuf dan saudaranya dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya yang berputus asa dari rahmat Allah, hanyalah orang-orang yang kafir.

Baca juga: 3 Doa Ketika Mendengar Orang Meninggal Dunia

Doa Anjuran Nabi Muhammad SAW

Lalu bagaimana jika yang tertimpa musibah adalah orang lain? Nabi Muhammad SAW mengajarkan kita doa ketika seorang muslim tertimpa musibah ataupun mendengar kabar mengenai musibah. Doanya adalah seperti ini:

إنّاَ للهِ وإنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ اللَّهُمَّ أجِرْنِي فِي مُصِيبَتي وأَخْلِفْ لِي خَيْراً مِنْها

“Innâ lillâhi wa innâ ilaihi râji‘un. Allâhumma ajirnî fî mushîbatî wa akhlif lî khairan minhâ.”

Sesungguhnya kami adalah milik Allah, dan sungguh hanya kepada-Nya kami akan kembali. Ya Allah, karuniakanlah padaku pahala dalam musibah yang menimpaku dan berilah aku ganti yang lebih baik daripadanya.”

Melalui doa tersebut, Allah SWT. akan memberikan pahala dan mengganti musibah itu dengan yang lebih baik lagi.

Nah itulah doa yang bisa Anda panjatkan ketika melihat atau mendengar jika orang lain tertimpa musibah. Dengan sesuatu yang tidak kita sadari akan datang, maka ada baiknya untuk mempersiapkan diri, Taman Pemakaman Islam Al-Azhar Memorial Garden Karawang siap membantu berbagai macam kebutuhan Anda. Kunjungi website kami sekarang juga untuk informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom dengan tanda * wajib diisi
*

Artikel Terkait