Mempersiapkan Diri Untuk Apa yang Terjadi Setelah Kematian Menurut Islam

27 September 2021 by tidak ada komentar Diterbitkan di artikel

apa yang terjadi setelah kematian menurut islam

Kematian adalah sesuatu yang akan dihadapi setiap manusia yang hidup di muka bumi ini. Sudah sewajarnya kita mempersiapkan diri dengan berbagai macam bekal untuk dibawa ke liang lahat sekaligus mempersiapkan diri kita untuk akhirat. Lalu, apa yang terjadi setelah kematian menurut Islam? Untuk menjawab pertanyaan yang satu ini, maka berbagai penjelasan yang ada di bawah ini mungkin bisa membantu kita mengetahui apa saja yang akan terjadi setelah kita meninggalkan dunia ini.

Apa yang Terjadi Setelah Kematian Menurut Islam

Kematian dalam Islam adalah akhir dari kehidupan duniawi dan awal dari kehidupan akhirat. Kematian dipandang sebagai perpisahan antara jiwa atau ruh dari tubuh dan pemindahannya dari dunia ini ke akhirat. Ruh seorang Mukmin keluar sambil memuji Allah Subhanahu wa Ta’ala. Dari Abdullah bin Abbas Radhiyallahu Anhuma, bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya seorang Mukmin selalu ada di dalam kebaikan pada setiap keadaan. Sungguh, jiwanya akan keluar dari dalam dirinya sambil memuji Allah Azza wa Jalla,” (Diriwayatkan Ahmad). Pandangan mata akan mengikuti roh yang dicabut. Hal ini berdasarkan sabda Nabi SAW, “Jika roh dicabut, maka pandangan mata akan mengikutinya”.

Akhirat adalah kata yang digunakan untuk merujuk pada kehidupan setelah kematian. Keyakinan akan kehidupan setelah kematian mendorong umat Islam untuk bertanggung jawab atas tindakan mereka. Ini membuat kita sadar bahwa Allah akan meminta pertanggungjawaban dari kita dan memberi penghargaan atau hukuman yang setimpal.

Akhirat menjelaskan keberadaan manusia di bumi, bahwa hidup adalah ujian dari Allah. Namun yang penting, kita sebagai Muslim percaya bahwa Allah tidak akan menguji kita di luar batas kemampuan.

Baca juga: 5 Hikmah Beriman Kepada Hari Kiamat

Mengenal Kematian Lebih Dalam

Kembali ke pembahasan apa yang akan terjadi setelah kematian, orang yang meninggal akan memasuki alam barzah. Arti dari barzah adalah sekat. Menjadi pembatas antara alam dunia dan alam akhirat. Seluruh manusia yang singgah disini sudah ada sejak Nabi Adam hingga detik ini. Waktu yang akan dilalui di alam ini sangatlah panjang. Oleh karena itu, bekal kita yang berupa amalan dan perbuatan baik di dunia sangatlah penting.

فَمَن يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُۥ

‘’Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya.’’ (QS Al-Zalzalah: 7)

وَمَن يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَرَهُۥ

Barangsiapa yang mengerjakan keburukan seberat dzarrah, niscaya akan melihat (balasan)nya pula’’ (QS Al-Zalzalah: 8)

Manusia akan diperlihatkan Allah kenikmatan yang akan bisa didapatkan di akhirat bagi yang selalu melakukan ibadah dan perbuatan baik. Namun, Allah juga akan memperlihatkan siksaan bagi yang melakukan perbuatan buruk selama di dunia. Manusia akan berada di alam barzah hingga akhir zaman datang.

Baca juga: 4 Amalan Penyelamat Siksa Kubur Yang Dapat Membantumu

Allah SWT berfirman dalam surat Ghafir ayat 46:

ٱلنَّارُ يُعْرَضُونَ عَلَيْهَا غُدُوًّا وَعَشِيًّا ۖ وَيَوْمَ تَقُومُ ٱلسَّاعَةُ أَدْخِلُوٓا۟ ءَالَ فِرْعَوْنَ أَشَدَّ ٱلْعَذَابِ

Kepada mereka diperlihatkan neraka, pada pagi dan petang, dan pada hari terjadinya kiamat. (dikatakan kepada malaikat) ‘”Masukan Fir’aun dan kaumnya ke dalam azab yang sangat keras.”Nah itulah yang akan terjadi setelah kematian. Kita akan menuju alam barzah dan menunggu. Setiap apa yang kita perbuat di dunia akan dipertanggung jawabkan. Bagi yang banyak melakukan ibadah, beramal, dan perbuatan baik akan merasakan semua nya dengan cepat. Sebaliknya jika kita berdosa maka siksaan yang sangat lama yang akan dirasakan. Bila Anda membutuhkan taman pemakaman sesuai dengan syariat Islam, maka Taman Pemakaman Islam Al-Azhar Memorial Garden bisa menjadi pilihan Anda. Kunjungi website kami sekarang juga.

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom dengan tanda * wajib diisi
*

Artikel Terkait