Bagaimana Mati Gantung Diri Menurut Islam?

3 February 2022 by no comments Posted in artikel

mati gantung diri menurut Islam

Mati gantung diri atau bunuh diri sebenarnya tidak pernah disukai oleh siapa pun. Apalagi menurut Islam, ada pandangan tentang bunuh diri yang sangat perlu dipahami oleh semua umat Islam. Jadi, bagaimana pandangan mati gantung diri menurut Islam? Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Bagaimana Islam Memandang Mati Gantung Diri?

Kasus bunuh diri dengan berbagai cara, termasuk gantung diri, sering kita temukan di tengah-tengah masyarakat. Hal yang tidak asing bagi masyarakat ini sebenarnya memiliki pandangan tersendiri di dalam Islam. 

Baca Juga: Apakah Mati Dibunuh itu Takdir?

Allah SWT dalam Al-Quran surat Al Mulk menjelaskan bahwa hidup dan mati adalah kuasaNya: 

الَّذِي خَلَقَ الْمَوْتَ وَالْحَيَاةَ لِيَبْلُوَكُمْ أَيُّكُمْ أَحْسَنُ عَمَلًا ۚ وَهُوَ الْعَزِيزُ الْغَفُورُ

Artinya: “Yang menciptakan mati dan hidup, untuk menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa, Maha Pengampun.”

Dalil tentang bunuh diri sendiri tercantum di dalam surat An Nisa ayat 29:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ لَا تَأْكُلُوٓا۟ أَمْوَٰلَكُم بَيْنَكُم بِٱلْبَٰطِلِ إِلَّآ أَن تَكُونَ تِجَٰرَةً عَن تَرَاضٍ مِّنكُمْ ۚ وَلَا تَقْتُلُوٓا۟ أَنفُسَكُمْ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ كَانَ بِكُمْ رَحِيمًا

Yā ayyuhallażīna āmanụ lā ta`kulū amwālakum bainakum bil-bāṭili illā an takụna tijāratan ‘an tarāḍim mingkum, wa lā taqtulū anfusakum, innallāha kāna bikum raḥīmā

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan suka sama-suka di antara kamu. Dan janganlah kamu membunuh dirimu; sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu.”

Kemudian di alam Al Baqarah ayat 195 juga menjelaskan tentang bunuh diri:

وَأَنفِقُوا۟ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ وَلَا تُلْقُوا۟ بِأَيْدِيكُمْ إِلَى ٱلتَّهْلُكَةِ ۛ وَأَحْسِنُوٓا۟ ۛ إِنَّ ٱللَّهَ يُحِبُّ ٱلْمُحْسِنِينَ

Wa anfiqụ fī sabīlillāhi wa lā tulqụ bi`aidīkum ilat-tahlukati wa aḥsinụ, innallāha yuḥibbul-muḥsinīn

Artinya: “Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.”

Baca Juga: Pengertian Amal Shaleh dan Penerapannya

Apa Saja Hadits Tentang Bunuh Diri?

Cendekiawan muslim ternama Quraish Shihab telah memberikan pernyataan juga tentang bunuh diri. Tindakan ini dilarang keras Allah SWT untuk dilakukan di dalam kehidupan manusia. Nyawa manusia hanya bisa dipisahkan dari tubuh atas izinNya saja:

“Nyawa pun tak boleh dipisahkan dari badan kecuali atas izin-Nya, misalnya dalam peperangan atau pelaksanaan sanksi hukum. Atas dasar itu, bunuh diri dilarang keras oleh-Nya,” tulis Quraish Shihab di dalam bukunya berjudul Mistik, Seks, dan Ibadah.

Dilanjutkan dengan hadits yang disebutkan Quraish Shihab berbunyi: 

عَن جُنْدُبِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : كَانَ فِيمَنْ كَانَ قَبْلَكُمْ رَجُلٌ بِهِ جُرْحٌ، فَجَزِعَ، فَأَخَذَ سِكِّينًا فَحَزَّ بِهَا يَدَهُ، فَمَارَقَأَ الدَّمُ حَتَّى مَاتَ، قَالَ اللَّهُ تَعَالَى: بَادَرَنِي عَبْدِي بِنَفْسِهِ، حَرَّمْتُ عَلَيْهِ الجَنَّةَ

Artinya: Dari Jundub bin Abdullah, dia berkata: Rasulullah SAW bersabda, Dahulu ada seorang laki-laki sebelum kamu yang mengalami luka, lalu dia berkeluh kesah, kemudian dia mengambil pisau, lalu dia memotong tangannya. Kemudian darah tidak berhenti mengalir sampai dia mati. Allâh Azza wa Jalla berfirman, “Hamba-Ku mendahului-Ku terhadap dirinya, Aku haramkan surga baginya.” (HR Al-Bukhari).

Itulah penjelasan tentang mati gantung diri menurut Islam, baik dalam bentuk hukum dan hadistnya. Memang ada berbagai penyebab bunuh diri di dalam kehidupan kita. Namun sebagai umatNya yang taat, jangan sampai kita memilih jalan keluar seperti itu karena pada dasarnya, kematian pasti akan datang di dalam kehidupan kita. Kita hanya perlu hidup dan menunggu kematian itu datang. Itulah mengapa harus mempersiapkan kavling makam. Al Azhar Memorial Garden telah menyediakan taman pemakaman berdasarkan syariat Islam dan dikelola secara profesional. Klik di sini untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *
*

Related Story