10 Manfaat Sedekah yang Harus Diketahui

22 Oktober 2021 by tidak ada komentar Diterbitkan di artikel

manfaat sedekah

Tidak mudah melepaskan sebagian harta kita untuk disedekahkan kepada fakir miskin dan orang yang membutuhkan. Namun, ada manfaat sedekah yang besar dan bisa dirasakan selama hidup di dunia ini. Belum lagi, sedekah bisa menjadi amalan yang bisa menemani kita di alam kubur.

Allah SWT juga sangat mencintai sedekah sebagai salah satu amalan Islam, sehingga Dia akan memberikan rezeki kepada orang yang melakukannya. Rezeki yang Allah SWT berikan bisa berkali-kali lipat dari apa yang kita sedekahkan. Belum lagi, Allah SWT akan mengabulkan setiap doa dan keinginan orang yang rajin bersedekah.

Manfaat Sedekah yang Bisa Dirasakan

Keistimewaan utama sedekah dalam Islam telah dituliskan dalam Surat Al Baqarah ayat 271, yang berisi: “Jika kamu menampakkan sedekah(mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu, dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

Secara rinci, inilah manfaat sedekah yang bisa kita dapatkan selama hidup beserta dalil yang mendukungnya:

1. Memperbanyak Pahala

Allah SWT akan selalu memberikan pahala yang berlipat ganda bagi orang yang rajin bersedekah. Surat Al Hadid ayat 18 mendukung manfaat sedekah ini, dengan isi: “Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (ganjarannya) kepada mereka, dan bagi mereka pahala yang banyak.”

Baca juga: Lakukan 5 Amalan yang Menemani di Alam Kubur Ini

2. Menghapus Dosa

Sedekah juga bisa menjadi amalan dan kesempatan dari Allah SWT untuk menghapus dosa-dosa kita selama di dunia ini. Hadits HR Tirmidzi menuliskan bahwa sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.

3. Menyembuhkan Penyakit

Apabila sedang menderita penyakit, sedekah bisa menjadi jalan bagi Allah SWT untuk menyembuhkan penyakit kita. Hal itu tertuang dalam hadits HR Al-Thabrani, yang isinya: “Bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit (dari kalanganmu) dengan bersedekah dan persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana.”

Baca juga: Keistimewaan Sedekah Subuh dan 4 Cara Melakukannya

4. Menciptakan Kebahagiaan

Dengan bersedekah, seseorang dapat merasakan kebahagiaan dalam lubuk hatinya yang terdalam. Ini terbukti dalam penelitian, yaitu orang yang rajin sedekah bisa merasakan bahagia karena otaknya mengeluarkan hormon dopamin dan endorfin, yang membuat kita merasa lebih gembira.

5. Memperkuat Tali Silaturahmi

Dari sedekah, lahirlah koneksi atau tali silaturahmi yang baru, yaitu dari orang-orang yang telah kita bantu. Kita tidak tahu kapan kita akan membutuhkan bantuan orang lain, dan orang yang telah kita bantu bisa saja akan membantu kita di saat susah. 

Baca juga: Memikirkan Makna Hidup Ketika Mengunjungi Pemakaman Islam

6. Menghindarkan Marabahaya

Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa sedekah bisa menutup tujuh puluh pintu kejahatan. Beliau juga berpesan bahwa musibah dan bencana tidak bisa mendahului sedekah. Inilah salah satu manfaat sedekah yang bisa kita dapatkan, yaitu melindungi dari marabahaya dan musibah.

7. Memudahkan Rasa Syukur

Sedekah juga bisa membuat penerimanya mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT. Siapa sangka, pemberi sedekah juga bisa mudah mengucapkan syukur dengan amalan yang mereka lakukan ini. Pemberi sedekah akan sadar bahwa mereka telah dikaruniakan rezeki yang berkecukupan dan mampu disedekahkan kepada orang lain, membuat mereka mensyukuri kondisinya saat ini.

8. Mendapat Ridho Allah SWT

Orang yang rajin bersedekah dan melaksanakan amalan Islam lainnya akan lebih mudah mendapatkan ridho dari Allah SWT. Hal itu disampaikan oleh Ibnu Rajab Al-Hambali dalam bukunya, yakni: 

“Puasa, sholat dan sedekah mengantarkan orang yang mengamalkannya pada Allah. Sebagian salaf sampai berkata, sholat mengantarkan seseorang pada separuh jalan. Puasa mengantarkannya pada pintu raja. Sedekah nantinya akan mengambilnya dan mengantarnya pada raja.” (Lathaif Al Ma’arif, hlm 298)

9. Memperpanjang Warisan

Bagi orang yang sudah berkeluarga, mereka dapat menjadikan sedekah untuk memperpanjang warisan mereka hingga anak dan cucu mereka dapat merasakannya. Hadits Ahmad Rasulullah berkata bahwa, “Tidaklah seorang yang bersedekah dengan baik kecuali Allah memelihara kelangsungan warisannya.”

10. Memudahkan Jalan ke Surga

Terakhir adalah manfaat sedekah yang bisa kita rasakan di akhirat, yaitu adanya kamar yang tersedia bagi kita di surga. Rasulullah SAW dalam hadits HR Tirmidzi bersabda “Sesungguhnya di surga terdapat kamar-kamar yang mana bagian luarnya terlihat dari bagian dalam dan bagian dalamnya terlihat dari bagian luarnya.’Lantas seorang arab baduwi berdiri sambil berkata, ‘Bagi siapakah kamar-kamar itu diperuntukkan wahai Rasulullah?’ Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, ‘Untuk orang yang berkata benar, yang memberi makan, dan yang senantiasa berpuasa dan shalat pada malam hari di waktu manusia pada tidur’.”


Banyak sekali manfaat sedekah yang bisa kita rasakan selama hidup di dunia ini, jadi jangan ragu untuk membagikan harta kita kepada fakir miskin dan orang yang membutuhkan. Niscaya, sedekah ini bisa menjadi amalan yang akan melindungi kita dari siksa kubur nantinya. Selain mempersiapkan beberapa amalan saat meninggal, Anda juga bisa mempersiapkan makam untuk keluarga di Taman Pemakaman Islam Al Azhar Memorial Garden, dengan menghubungi tim kami segera.

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom dengan tanda * wajib diisi
*

Artikel Terkait