Apa Manfaat Beriman kepada Takdir Allah

3 December 2021 by no comments Posted in artikel

manfaat beriman kepada takdir allah

Allah telah menuliskan serangkaian hal yang akan dilewati umatnya, hal ini disebut dengan takdir. Ada takdir yang pasti dan tak bisa kita ubah, ada juga takdir yang bisa diubah melalui usaha, doa, dan amal baik. Sebagai seorang muslim, kita harus memiliki keimanan akan hal ini. Karena takdir termasuk dalam rukun iman. Lalu apa manfaat beriman kepada takdir Allah SWT. yang bisa kita dapatkan? Mari kita pelajari secara bersama mengenai hal tersebut hanya di sini.

Manfaat Beriman kepada Takdir Allah

Allah yang Maha Pencipta memberikan kita berbagai macam takdir. Apapun yang terjadi di dunia ini, semuanya adalah ketetapan dari Allah SWT. 

وَعِنْدَهٗ مَفَاتِحُ الْغَيْبِ لَا يَعْلَمُهَآ اِلَّا هُوَۗ وَيَعْلَمُ مَا فِى الْبَرِّ وَالْبَحْرِۗ وَمَا تَسْقُطُ مِنْ وَّرَقَةٍ اِلَّا يَعْلَمُهَا وَلَا حَبَّةٍ فِيْ ظُلُمٰتِ الْاَرْضِ وَلَا رَطْبٍ وَّلَا يَابِسٍ اِلَّا فِيْ كِتٰبٍ مُّبِيْنٍ

Dan kunci-kunci semua yang gaib ada pada-Nya; tidak ada yang mengetahui selain Dia. Dia mengetahui apa yang ada di darat dan di laut. Tidak ada sehelai daun pun yang gugur yang tidak diketahui-Nya. Tidak ada sebutir biji pun dalam kegelapan bumi dan tidak pula sesuatu yang basah atau yang kering, yang tidak tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh).” (QS. Al An’am: 59).

Percaya atau beriman terhadap takdir dijelaskan dalam salah satu hadis, yaitu:

عَنْ عُمَرَ أَنَّ جِبْرِيلَ عَلَيْهِ السَّلامُ قَالَ لِلنَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَا الْإِيمَانُ؟ قَالَ: “أَنْ تُؤْمِنَ بِاللَّهِ، وَمَلائِكَتِهِ، وَكُتُبِهِ، وَرُسُلِهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ، وَبِالْقَدَرِ خَيْرِهِ وَشَرِّهِ”

Dari Umar bahwa Jibril As. bertanya kepada Nabi Saw., “Apakah iman?” Rasulullah Saw. menjawab, “adalah kamu percaya Allah, para malaikat, kitab-kitab, para rasul, hari akhir, dan takdir baik dan buruk.” (HR. Ahmad)

Nah, ada beberapa manfaat baik yang bisa kita dapatkan ketika beriman terhadap takdir-takdir Allah ini, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Menciptakan Rasa Optimis

Walaupun kita harus menerima apapun takdir yang sudah diberikan oleh Allah SWT, namun bukan berarti kita harus berdiam diri. Ada yang namanya takdir Mu’allaq, sebuah takdir yang akan bisa kita ubah asal ada usaha dan ikhtiar sehingga kita harus selalu optimis akan hal yang terjadi di dalam hidup ini.

2. Menjadikan Kita Orang yang Bersyukur

Musibah juga merupakan bentuk dari takdir yang bisa Allah berikan kepada kita. Hal ini akan melatih kita untuk bisa bersyukur karena semuanya sudah direncanakan, jika tetap sabar maka ada balasan setimpal yang bisa di dapatkan.

3. Menghindari Kesombongan

Apapun yang sudah kita dapatkan di dunia, adalah pemberian dari yang maha kuasa. Hal ini juga termasuk salah satu takdir dari-Nya. Maka kita harus selalu bersyukur dan menghindari rasa sombong.

4. Semakin Dekat Dengan Allah

Bila percaya dengan takdir,  kita akan merasa bahwa semua yang terjadi adalah bagian dari karunia-Nya. Setiap hal ini menjadi pendorong agar bisa semakin dekat dengan Allah SWT.

5. Memiliki Jiwa yang Tenang

Kita akan melupakan rasa was-was karena percaya jika segala sesuatu yang terjadi sudah menjadi takdir dari Allah SWT. Membuat kita menjadi individu yang tenang dan terhindar dari berbagai sifat yang buruk.

Itulah berbagai manfaat beriman kepada takdir Allah. Kita harus percaya jika Allah sudah mengatur yang terbaik untuk umat-Nya. Sehingga kita harus selalu rajin beribadah. Bila Anda membutuhkan taman pemakaman sesuai dengan syariat Islam, maka Taman Pemakaman Islam Al-Azhar Memorial Garden Karawang bisa menjadi pilihan Anda. Kunjungi website kami sekarang juga.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *
*

Related Story