Yang Terjadi Saat Malam Pertama di Alam Kubur Menurut Al Qur’an

29 December 2021 by no comments Posted in artikel

malam pertama di alam kubur menurut al qur'an

Setiap manusia yang ada di dunia ini pada akhirnya harus menghadapi kematian. Mereka yang telah meninggal, pasti akan melewati malam pertama di alam kubur menurut Al Qur’an. Malam pertama di alam kubur menjadi sangat krusial karena pada waktu inilah setiap arwah akan mengetahui apa yang akan terjadi pada mereka. Kematian itu sendiri bukanlah pilihan dalam hidup seseorang. Suka atau tidak suka, fase kematian merupakan fase yang harus dijalani oleh semua orang. 

Tidak peduli latar belakang, jenis kelamin dan agama apa yang mereka miliki, semuanya tidak terlepas dari kematian. Alam kubur atau yang biasa disebut alam barzakh merupakan sebuah tempat peristirahatan dan juga pemisah antara dunia dengan akhirat. Alam barazkh adalah tempat setiap arwah beristirahat sebelum nantinya dibangkitkan kembali pada hari kebangkitan. Jadi sebenarnya apa yang terjadi pada malam pertama di alam kubur menurut Al Qur’an?

Bagaiamana Malam Pertama Di Alam Kubur Menurut Al Qur’an?

Penjelasan mengenai alam barzakh dapat ditemukan di surah Al-Mukminun ayat 99-100. Melalui firman-Nya, disebutnya:

 حَتَّىٰ إِذَا جَاءَ أَحَدَهُمُ الْمَوْتُ قَالَ رَبِّ ارْجِعُون

لَعَلِّي أَعْمَلُ صَالِحًا فِيمَا تَرَكْتُ ۚ كَلَّا ۚ إِنَّهَا كَلِمَةٌ هُوَ قَائِلُهَا ۖ وَمِنْ وَرَائِهِمْ بَرْزَخٌ إِلَىٰ يَوْمِ يُبْعَثُونَ 

Artinya: “(Demikianlah keadaan orang-orang kafir itu), hingga apabila datang kematian kepada seseorang dari mereka, dia berkata: “Ya Tuhanku kembalikanlah aku (ke dunia), agar aku berbuat amal yang saleh terhadap yang telah aku tinggalkan. Sekali-kali tidak. Sesungguhnya itu adalah perkataan yang diucapkannya saja. Dan di hadapan mereka ada dinding sampai hari mereka dibangkitkan,”.

Sesungguhnya apa yang terjadi di alam kubur ada dua, akan menyenangkan bagi mereka yang memiliki banyak amal perbuatan baik dan akan sangat menderita bagi mereka yang memiliki amal buruk lebih banyak. Oleh karena itu banyak orang ingin melewati masa kematian.

Baca Juga: Seperti Apa Kehidupan di Alam Kubur?

Mereka yang telah meninggal dan masuk ke dalam kubur tidak lagi dapat kembali ke dunia. Saat berada di dalam kubur roh dan tubuh yang berpisah akan mengalami pemurnian. Pemurnian yang dimaksudkan adalah mereka akan dibersihkan dari dosa yang telah mereka buat sebagai awal untuk melihat hasil amal yang telah dilakukan di dunia. Selama di alam barzakh, mereka memiliki banyak amal baik akan sangat menikmati peristirahatan. 

Baca Juga: 4 Amalan Penyelamat Siksa Kubur Yang Dapat Membantumu

Mereka yang telah berbuat jahat dalam kehidupannya di dunia sesungguhnya akan mengalami penyiksaan di alam kubur. Penyiksaan ini biasanya juga disebut sebagai azab. Mengenai azab di alam kubur, tertulis dalam Al Qur’an seperti mengenai Firaun dan kaumnya:

فَوَقٰىهُ اللّٰهُ سَيِّاٰتِ مَا مَكَرُوْا وَحَاقَ بِاٰلِ فِرْعَوْنَ سُوْۤءُ الْعَذَابِۚ – اَلنَّارُ يُعْرَضُوْنَ عَلَيْهَا غُدُوًّا وَّعَشِيًّا ۚوَيَوْمَ تَقُوْمُ السَّاعَةُ ۗ اَدْخِلُوْٓا اٰلَ فِرْعَوْنَ اَشَدَّ الْعَذَابِ 

Fir’aun beserta kaumnya dikepung oleh azab yang amat buruk.  Kepada mereka dinampakkan neraka pada pagi dan petang, dan pada hari terjadinya kiamat. (dikatakan kepada malaikat), “Masukkanlah Fir’aun dan kaumnya ke dalam adzab yang sangat keras”.[al-Mukmin/40: 45-46]

Kejadian Firaun ini ingin berkata kepada setiap manusia yang hidup di dunia untuk terus melakukan perbuatan baik. Kejadian azab yang dialami oleh Firaun dan kaumnya merupakan peringatan bahwa setelah seseorang masuk ke alam kubur, terdapat banyak peristirwa yang harus dilewati oleh roh seseorang hingga hari kebangkitan tiba. Hingga saat itu tiba, hanya perbuatan kitalah yang akan menentukan apakah kita akan mengalami kebahagiaan atau penyiksaan di alam kubur. 

Semoga informasi yang dijelaskan di atas dapat membuat kita semua menjadi lebih sadar untuk berbuat baik kepada sesama kita agar amal baik yang nanti akan diperhitungkan, menyelamatkan kita di alam kubur dan saat hari kebangkitan. Ada baiknya kita melakukan persiapan-persiapan penting termasuk menyediakan kavling makam. Taman Pemakaman Islam Al-Azhar Memorial Garden Karawang menyediakan kavling makam dengan berbagai ukuran dan pelayanan terbaik yang bisa Anda dapatkan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *
*

Related Story