Mengenal 2 Malaikat yang Bertanya di Alam Kubur

28 September 2021 by tidak ada komentar Diterbitkan di artikel

Malaikat yang Bertanya di Alam Kubur

Ruh orang yang sudah meninggal tidak langsung pindah ke akhirat, tapi berdiam di alam kubur atau barzakh untuk dipertanggungjawabkan perbuatannya. Mereka akan berhadapan dengan dua malaikat yang bertanya di alam kubur terkait iman Islam selama hidup. Siapakah kedua malaikat tersebut?

Allah SWT menciptakan banyak malaikat, tapi hanya sepuluh yang wajib kita hafalkan nama beserta tugasnya. Di antara sepuluh malaikat tersebut, ada dua malaikat yang bertugas di alam kubur, yaitu Munkar dan Nakir. Kedua malaikat ini akan mendatangi manusia yang baru saja meninggal setelah dikuburkan.

Dua Malaikat yang Bertanya di Alam Kubur kepada Manusia

Meski gambaran mengenai alam kubur terlihat mengerikan, malaikat Munkar dan Nakir tetap taat pada tugasnya. Lagipula, malaikat merupakan makhluk ciptaan Allah SWT yang paling taat dan tidak memiliki rasa angkuh. Mereka pun sering bertasbih sembari menyerukan nama Sang Pencipta, tertulis di Surat Al Anbiya ayat 19-20: 

وَلَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۗ وَمَنْ عِنْدَهٗ لَا يَسْتَكْبِرُوْنَ عَنْ عِبَادَتِهٖ وَلَا يَسْتَحْسِرُوْنَ ۚ – ١٩ يُسَبِّحُوْنَ الَّيْلَ وَالنَّهَارَ لَا يَفْتُرُوْنَ – ٢٠

Artinya: “Dan milik-Nya siapa yang di langit dan di bumi. Dan (malaikat-malaikat) yang di sisi-Nya, tidak mempunyai rasa angkuh untuk menyembah-Nya dan tidak (pula) merasa letih. Mereka (malaikat-malaikat) bertasbih tidak henti-hentinya malam dan siang.”

Begitu pula malaikat Munkar dan Nakir, mereka akan datang ke kuburan orang yang meninggal usai proses penguburannya. Lebih tepatnya, mereka datang setelah 70 langkah orang terakhir meninggalkan kuburan orang yang baru meninggal tersebut. Kedua malaikat ini duduk dan bertanya kepada orang yang baru meninggal tersebut terkait keimanannya.

Baca juga: Lakukan 5 Amalan yang Menemani di Alam Kubur Ini

Hal itu tertulis jelas dalam hadits HR Tirmidzi, yaitu:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : إِذَا قُبِرَ الْمَيِّتُ أَوْ قَالَ أَحَدُكُمْ أَتَاهُ مَلَكَانِ أَسْوَدَانِ أَزْرَقَانِ يُقَالُ لأَحَدِهِمَا الْمُنْكَرُ وَالآخَرُ النَّكِيرُ  

Artinya: Apabila mayat telah dikubur atau jika salah seorang kalian dikubur maka ada dua malaikat yang mendatanginya yang keduanya hitam kebiruan, diberi nama Munkar dan yang lainnya bernama Nakir.

Sekilas nama malaikat Munkar ini disangsikan oleh beberapa ulama lantaran artinya yang tidak sesuai dengan sifat malaikat. Sebenarnya, penamaan Munkar ini tidak secara literal, yang artinya tidak dikenali oleh Allah SWT. Nama Munkar diberikan lantaran orang yang meninggal tidak mengenali kedua malaikat tersebut sebelum bertemu dengannya.

Pertanyaan dari Dua Malaikat yang Bertanya di Alam Kubur

Seperti yang dikatakan sebelumnya, malaikat Munkar dan Nakir menanyakan beberapa pertanyaan terkait iman Islam seseorang semasa mereka hidup di dunia. Lebih detailnya, ada enam pertanyaan yang dari dua malaikat yang bertanya di alam kubur ini, yakni:

  1. Siapa Tuhanmu?
  2. Siapa nabimu?
  3. Apa agamamu?
  4. Apa kitabmu?
  5. Di mana kiblatmu?
  6. Siapa saudaramu?

Keenam pertanyaan tersebut bisa saja dijawab dengan mudah oleh umat Muslim. Sejatinya, Rasulullah SAW bersabda bahwa tidak ada orang yang benar-benar mampu menjawabnya, karena akan dinilai berdasarkan amalan dan perbuatan iman mereka.

Baca juga: Umat Muslim Wajib Tahu 6 Pertanyaan di Alam Kubur Ini!

Namun, bila orang itu menjawabnya dengan teguh dan percaya diri, mereka akan diberikan istirahat yang tenang hingga datangnya hari kiamat. Mereka ini adalah golongan orang beriman yang melakukan banyak amalan semasa hidupnya.

Ada pula orang yang tidak beriman, ketika dihadapkan dengan pertanyaan ini, mereka terbata-bata menjawabnya. Meskipun mereka bisa ‘mencontek’ perkataan orang lain, lidahnya malah mengatakan bahwa mereka hanya ikut-ikutan orang lain. Mereka inilah yang termasuk orang munafik, di mana keimanan Islam belum melekat dalam hatinya.
Jadi, kedua malaikat yang bertanya di alam kubur ini bernama Munkar dan Nakir. Apakah iman dan amalan Anda sudah siap ketika ditanya oleh mereka kelak? Selain mempersiapkan keduanya, tempat peristirahatan terakhir pun harus direncanakan mulai segera. Tidak ada yang tahu mengenai datangnya kematian, jadi lebih baik Anda siapkan pusara di Makam Modern Al Azhar Memorial Garden Karawang daripada repot mengurus sanak saudara mencari pemakaman nantinya.

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom dengan tanda * wajib diisi
*

Artikel Terkait