Mengenal Macam-macam Takdir dan Contohnya dalam Islam

3 Desember 2021 by tidak ada komentar Diterbitkan di artikel

macam-macam takdir dan contohnya

Percaya kepada takdir adalah salah satu bagian dari rukun iman dalam Islam. Allah yang Maha Pencipta membagi takdir menjadi dua macam; takdir Mubram dan takdir Muallaq. Sebagai seorang Muslim, kita harus bisa memahami keduanya agar dapat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Mari kita sama-sama belajar mengenai macam-macam takdir dan contohnya agar bisa lebih bertaqwa dan meningkatkan iman.

Macam-Macam Takdir dan Contohnya

Percaya atau beriman terhadap takdir dijelaskan dalam salah satu hadis, yaitu:

عَنْ عُمَرَ أَنَّ جِبْرِيلَ عَلَيْهِ السَّلامُ قَالَ لِلنَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَا الْإِيمَانُ؟ قَالَ: “أَنْ تُؤْمِنَ بِاللَّهِ، وَمَلائِكَتِهِ، وَكُتُبِهِ، وَرُسُلِهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ، وَبِالْقَدَرِ خَيْرِهِ وَشَرِّهِ”

Dari Umar bahwa Jibril As. bertanya kepada Nabi Saw., “Apakah iman?” Rasulullah Saw. menjawab, “adalah kamu percaya Allah, para malaikat, kitab-kitab, para rasul, hari akhir, dan takdir baik dan buruk.” (HR. Ahmad)

Seperti yang sudah disebutkan di atas, takdir akan terbagi menjadi dua:

  • Takdir Mubram adalah takdir Allah SWT. yang sudah pasti terjadi dan tidak dapat dihindari kejadiannya.
  • Takdir Mu’allaq adalah takdir Allah SWT, yang berkaitan dengan usaha dan ikhtiar makhluk-Nya.

1. Takdir Mubram

Dari ‘Abdullah bin ‘Amr radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah SAW bersabda,

“Allah menentukan berbagai ketentuan para makhluk, lima puluh ribu tahun sebelum menciptakan langit dan bumi.” Beliau bersabda, “Dan adalah ‘Arsy-Nya di atas air.” (HR. Muslim)

Lalu dari ‘Ubadah bin al-Shamit radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah SAW bersabda,

Sesungguhnya yang pertama kali diciptakan Allah adalah al-Qalam (pena). Kemudian Allah berfirman kepada pena tersebut, “Tulislah.” Pena bertanya, “Wahai Rabb, apa yang harus aku tulis?” Allah berfirman, “Tulislah takdir segala sesuatu sampai datang hari kiamat.” (HR. Abu Daud)

Takdir Mubram adalah sesuatu yang sudah ditulis oleh Allah dalam kitab Lauh Mahfudz dan hanya Allah yang mengetahuinya. Hal ini sudah pasti akan terjadi dan tidak ada yang bisa menghindarinya.

Dalam surat Al-Hajj ayat 70 Allah SWT. berfirman sebagai berikut.

اَلَمْ تَعْلَمْ اَنَّ اللّٰهَ يَعْلَمُ مَا فِى السَّمَاۤءِ وَالْاَرْضِۗ اِنَّ ذٰلِكَ فِيْ كِتٰبٍۗ اِنَّ ذٰلِكَ عَلَى اللّٰهِ يَسِيْرٌ

Apakah kamu tidak mengetahui bahwa sesungguhnya Allah mengetahui apa saja yang ada di langit dan di bumi? Bahwasannya yang demikian itu terdapat dalam sebuah kitab (Lauh Mahfudz). Sesungguhnya yang demikian itu amat mudah bagi Allah.” (QS. Al-Hajj : 70)

Contoh Takdir Mubram

Contoh dari takdir ini adalah usia tiap manusia. KIta tidak mengetahui kapan seseorang akan meninggal, namun semuanya sudah tercatat dan pasti datangnya. Contoh lainnya adalah hari kiamat, Allah tentu sudah tahu akan hal ini, namun kita sebagai manusia hanya bisa menunggunya hingga hari tersebut datang.

Baca Juga: Meninggal Kecelakaan Apakah Takdir Dalam Sudut Pandang Islam?

2. Takdir Mu’allaq

Adalah sebuah takdir yang sudah ditetapkan tetapi bisa berubah sesuai kehendak Allah Swt. bergantung kepada usaha yang kita lakukan. Rasulullah SAW bersabda, “tidak ada yang bisa menolak takdir Allah kecuali doa. Tidak yang bisa memperpanjang umur melainkan berbuat baik kepada ibu bapak.” (HR. Hakim, Ibnu Hibban dan Tirmidzi). Selain doa, amal baik seperti sedekah dan lain-lainnya juga bisa merubah takdir jenis ini.

لَهٗ مُعَقِّبٰتٌ مِّنْۢ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهٖ يَحْفَظُوْنَهٗ مِنْ اَمْرِ اللّٰهِ ۗاِنَّ اللّٰهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتّٰى يُغَيِّرُوْا مَا بِاَنْفُسِهِمْۗ وَاِذَآ اَرَادَ اللّٰهُ بِقَوْمٍ سُوْۤءًا فَلَا مَرَدَّ لَهٗ ۚوَمَا لَهُمْ مِّنْ دُوْنِهٖ مِنْ وَّالٍ

“Bagi manusia, ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia”. (QS. Ar-Ra’d : 11)

Contoh Takdir Mu’allaq

Contoh yang paling mudah adalah rezeki. Allah tentu sudah menentukan rezeki dari setiap umatnya. Namun, jika kita bisa berusaha lebih keras, tentu hal ini bisa berubah. Sebaliknya, jika kita malas-malasan dan tidak pernah berdoa ataupun berbuat baik, maka rezeki ini akan hilang.

Itulah macam-macam takdir dan juga contohnya. Marilah kita senantiasa bertaqwa agar bisa hidup bahagia nantinya. Bila Anda membutuhkan taman pemakaman sesuai dengan syariat Islam, maka Taman Pemakaman Islam Al-Azhar Memorial Garden bisa menjadi pilihan Anda. Kunjungi website kami sekarang juga.

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom dengan tanda * wajib diisi
*

Artikel Terkait