Alasan Kenapa Jenazah Harus Segera Dikuburkan

10 November 2021 by tidak ada komentar Diterbitkan di artikel

kenapa jenazah harus segera dikuburkan

Kematian dan pengurusan jenazah juga memiliki beberapa sunnah yang harus dilakukan. Salah satunya adalah penguburan jenazah yang harus dilakukan dalam waktu singkat. Pertanyaannya, kenapa jenazah harus segera dikuburkan atau dimakamkan?

Ajal selalu menjadi hal yang pasti, hanya saja waktu kedatangannya tidak bisa ditebak. Bisa saja suatu hari orang akan berpulang ke rahmatullah tanpa ada yang tahu. Wajib hukumnya bagi anggota keluarga atau orang terdekat untuk mengetahui beberapa sunnah dalam pengurusan jenazah, mulai dari memandikan, mengkafani, hingga menguburkannya.

Kenapa Jenazah Harus Segera Dikuburkan?

Jenazah orang yang meninggal harus disegerakan pengurusannya, termasuk prosesi memandikan, mengafani, hingga memakamkan jenazah tersebut. Apabila penguburannya ditunda, itu bertentangan dengan perintah Rasulullah Muhammad SAW. Perintah itu tertulis dari hadits yang berbunyi:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه عَنْ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم قَالَ: أَسْرِعُوا بِالْجِنَازَةِ فَإِنْ تَكُ صَالِحَةً فَخَيْرٌ تُقَدِّمُونَهَا وَإِنْ يَكُ سِوَى ذَلِكَ فَشَرٌّ تَضَعُونَهُ عَنْ رِقَابِكُمْ

Segeralah mengurus jenazah. Karena jika jenazah itu adalah orang shalih, berarti kalian telah mempercepat kebaikan untuknya. Dan jika jenazah tersebut selain orang shalih, berarti kalian telah meletakkan kejelekan di pundak kalian.” (HR Bukhari no 1315 dan Muslim no 944).

Lewat hadits ini, semua umat Muslim dianjurkan untuk mempercepat penguburan jenazah orang yang baru meninggal. Jika jenazah yang dikuburkan merupakan orang yang shalih dan taat menjalankan perintah Islam dalam kehidupannya, niscaya mereka pun bisa segera mempertanggungjawabkan amalan Islam yang telah dilakukan dalam hidupnya.

Tidak hanya itu, menyegerakan penguburan jenazah pun disetujui oleh dunia kesehatan. Dalam dunia medis, jenazah orang yang baru meninggal akan mengeluarkan cairan yang tidak sedap. Jika orang yang meninggal itu pernah mengidap penyakit berbahaya dan mengandung virus, dikhawatirkan penyakit tersebut akan tertular kepada orang yang masih hidup. Itulah alasan mengapa orang yang meninggal, khususnya korban Covid-19, harus langsung dikuburkan.

Baca Juga: Tata Cara Mengurus Jenazah yang Benar Menurut Islam

Sunnah Lain dalam Pengurusan Jenazah

Sunnah untuk pengurusan jenazah tidak hanya terbatas pada penyegeraan waktu penguburannya. Termasuk pula pengurusan saat memandikan dan mengkafani jenazah, ada beberapa sunnah yang harus dilakukan. Sebagai Muslim yang taat, hendaknya kita melakukan lima sunnah dalam mengurus jenazah ini secara berurutan.

1. Menutup Mata Mayit

Ada pula jenazah yang meninggal dan matanya masih terbuka lebar. Untuk masalah itu, Rasulullah Muhammad SAW menyarankan untuk menutup matanya. Beliau pun melakukannya saat salah satu sahabatnya, Abu Salamah saat wafat.

عن أم سلمة رضي الله عنها قالت: دخل رسول الله – صلى الله عليه وسلم – على أبي سلمة، وقد شق بصره، فأغمضه، ثم قال: إن الروح إذا قُبِض تبعه البصر  

Sesungguhnya pandangan mata akan mengikuti ruh saat keluar.” (HR Muslim).

2. Melemaskan Persendian

Sebelum ditutup dengan kain, persendian jenazah harus dilemaskan sehingga tidak mengeras. Letakkan juga suatu barang di atas perutnya sehingga tidak mengembung.

3. Menggunakan Kain Bercorak

Sekujur jenazah harus ditutup dengan kain saat dimandikan untuk menutupi auratnya. Hadits Aisyah RA berkata, “Ketika Rasulullah SAW wafat, jenazah, beliau ditutupi dengan kain yang bercorak.”

4. Menyegerakan Pengurusan Jenazah

Sama seperti sunnah Rasulullah Muhammad SAW di atas, pengurusan jenazah, mulai dari memandikan, menyalatkan, hingga menguburkan jenazah harus dilakukan segera. Menyegerakan penguburan jenazah berarti mengikhlaskannya untuk menuju alam kubur.

5. Menguburkan Jenazah di Kota yang Sama

Terakhir, jenazah dikuburkan di kota yang sama dan tidak perlu dipindah. Sunnah ini diucapkan oleh Rasulullah Muhammad SAW saat peperangan Uhud. Ia memerintahkan para sahabatnya untuk menguburkan para syuhada di tempatnya masing-masing dan tidak perlu dipindahkan di tempat lain.

Kesimpulannya, alasan kenapa jenazah harus segera dikuburkan adalah karena itu bagian dari sunnah Rasulullah Muhammad SAW. Beliau berpesan agar jenazah orang shalih harus dikuburkan segera sehingga mereka bisa mempertanggungjawabkan amalannya di alam kubur. Meskipun waktu kematian tidak bisa ditebak, kita bisa mempersiapkannya detik ini juga. Mulai dari amalan hingga tempat peristirahatan terakhir. Agar anggota keluarga tidak direpotkan nanti, segeralah memesan lahan makam di Al-Azhar Memorial Garden.

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom dengan tanda * wajib diisi
*

Artikel Terkait