Kehidupan Setelah Kematian Menurut Islam

27 September 2021 by tidak ada komentar Diterbitkan di artikel

kehidupan setelah kematian menurut islam

Kehidupan setelah kematian menurut Islam memang wajib Anda ketahui. Kematian adalah suatu kejadian yang pasti terjadi bagi seluruh makhluk hidup, tidak terkecuali untuk manusia saja. Selain itu kapan seseorang akan meninggal juga tidak dapat diketahui. Namun sudah ditetapkan kepada dirinya ketika masih di dalam kandungan atau ketika roh ditiupkan. 

Namun banyak yang menanyakan bagaimana kondisi roh manusia ketika sudah meninggal dunia. Anda dapat mengetahui informasi selengkapnya di bawah ini untuk semakin mendekatkan diri padaNya.

Bagaimana Kehidupan Setelah Kematian Menurut Islam?

Seperti yang sudah dituliskan di atas, setiap makhluk hidup pasti cepat atau lambat akan merasakan kematian. Itulah mengapa sejak hidup di dunia, kita semua tetap harus beribadah dengan taat untuk mendapatkan hasilnya kelak di akhirat. 

Jika hasilnya baik, maka kebahagiaan surga yang diperoleh. Namun ketika hidup di dunia malah dipenuhi keburukan, neraka menjadi tempat tinggalnya. Tertulis, “Adapun orang yang melampaui batas dan lebih mengutamakan kehidupan duniawi, neraka adalah tempat tinggalnya, sedangkan yang takut pada kebesaran Tuhannya dan mencegah dirinya dari mengikuti hawa nafsu, sorga adalah tempat tinggalnya”. (QS. An-Naziat : 37-41).

Ketika roh terpisah dari jasa, itu adalah jalan utama menuju ke akhirat. Di sinilah seluruh makhluk hidup di dunia akan berakhir untuk masuk ke alam yang baru, yaitu alam barzah atau alam kubur. 

Beberapa ayat dalam Al-Qur’an menjelaskan bahwa “Semua yang ada di muka bumi ini akan fana.” (Q.S. al-Rahman: 26); “Setiap yang bernyawa itu pasti akan mengalami kematian.” (Q.S. Ali Imran: 185); “Sesungguhnya engkau wahai rasul, akan mati. Dan sesungguhnya mereka pun akan mati.” (Q.S. az-Zumar: 30).

Selain itu tertulis: Mati bukanlah akhir dari segalanya, melainkan dimulainya episode baru dalam kehidupan yang berbeda. Karakter hakiki kematian bukanlah kemusnahan, melainkan pembaharuan dan perpindahan. Karena itu, kematian tidak mesti ditakutkan, tetapi suatu peristiwa yang harus dihadapi dengan berbagai persiapan yang matang, sebab Allah “menjadikan kematian dan kehidupan untuk menguji kamu, siapakah diantara kamu yang terbaik amalnya” (Q.S. Al-Mulk: 2).

Seseorang bergerak menuju ke jalan kesempurnaan ketika dia mati. Kematian merupakan pintu atau jembatan yang pasti dan wajib dilewati agar manusia memasuki alam lain yang lebih sempurna. Jadi kematian adalah kelahiran dan kehidupan baru. 

Memahami Kematian Lebih Dalam

Jadi dapat dijelaskan bahwa kematian merupakan proses pengembalian manusia, dari sisi jasmani dan rohani. Dari sisi jasmani, maka jasa manusia yang berasal dari tanah akan kembali ke tanah setelah kematiannya, yaitu dikubur. Sedangkan dari sisi rohani, roh manusia yang berasal dari alam barzah akan dikembalikan ke alam yang sama. 

Dalam ayat-ayat Al-Qur’an, proses kematian atau pencabutan roh yang dilaksanakan para malaikat disesuaikan dengan karakter manusianya. Jika baik, maka proses pencabutan rohnya berjalan lancar. “Mereka yang dimatikan oleh para malaikat yang baik itu berkata, ‘Salam sejahtera atas kalian’.” (Q.S. an-Nahl: 32); “Hai jiwa yang tenang, kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang puas lagi diridhai-Nya. Maka masuklah ke dalam jamaah hamba-hamba-Ku dan masuklah ke dalam surga-Ku.” (Q.S. al-Fajr: 27-30).

Baca juga: Perhatikan 6 Ciri-ciri Sakaratul Maut yang Baik Ini

Sebaliknya, jika mencabut roh manusia yang tidak benar, maka prosesnya penuh kekerasan. “Jika saja kamu melihat ketika malaikat itu mematikan orang-orang yang kafir, mereka memukul-mukul wajah mereka dan punggung mereka.” (Q.S. al-Anfal: 50); “…Alangkah dahsyatnya sekira kamu melihat di waktu orang-orang yang zalim (berada) dalam tekanan-tekanan sakaratul maut, sedang para malaikat memukul dengan tangannya (sambil berkata), ‘keluarkanlah nyawamu’…” (Q.S. al-An’am: 93).

Jadi itulah kehidupan setelah kematian menurut Islam. Semoga kita selalu mendapatkan kematian yang husnul khotimah. Kematian yang tidak pernah bisa diprediksi membuat Anda membutuhkan bantuan kavling makam untuk mempersiapkan diri. Al Azhar Memorial Garden telah menyediakan taman pemakaman berdasarkan syariat Islam dan dikelola secara profesional. Klik di sini untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom dengan tanda * wajib diisi
*

Artikel Terkait