Seperti Apa Kehidupan di Alam Kubur?

2 Oktober 2021 by tidak ada komentar Diterbitkan di artikel

kehidupan di alam kubur

Sebagai manusia, kita akan melewati beberapa alam. Mulai dari alam ruh, rahim, dunia, kubur/barzah, hingga alam akhirat. Salah satu alam yang akan kita temui adalah alam kubur. Sebagai manusia tentu saja kita akan merasa takut meninggalkan segala sesuatu yang ada di dunia untuk pergi ke alam ini. Namun, seperti apa kehidupan di alam kubur ini? Mari kita cari tahu melalui berbagai pengetahuan di bawah ini.

Kehidupan di Alam Kubur

Alam kubur atau alam barzah adalah tempat dimana semua manusia dari zaman Nabi Adam hingga saat ini yang sudah meninggal menanti datangnya hari kiamat. Barzah sendiri memiliki arti sesuatu yang terletak di antara dua kondisi atau barang. Bisa kita artikan jika alam barzah adalah alam yang terletak di antara dunia dan alam akhirat.

Di dalam Al-Qur’an, penjelasan tentang alam barzah dapat ditemukan melalui surah Al-Mukminun ayat 99-100. 

حَتَّىٰ إِذَا جَاءَ أَحَدَهُمُ الْمَوْتُ قَالَ رَبِّ ارْجِعُونِ

لَعَلِّي أَعْمَلُ صَالِحًا فِيمَا تَرَكْتُ ۚ كَلَّا ۚ إِنَّهَا كَلِمَةٌ هُوَ قَائِلُهَا ۖ وَمِنْ وَرَائِهِمْ بَرْزَخٌ إِلَىٰ يَوْمِ يُبْعَثُونَ

“(Demikianlah keadaan orang-orang kafir itu), hingga apabila datang kematian kepada seseorang dari mereka, dia berkata: “Ya Tuhanku kembalikanlah aku (ke dunia), agar aku berbuat amal yang saleh terhadap yang telah aku tinggalkan. Sekali-kali tidak. Sesungguhnya itu adalah perkataan yang diucapkannya saja. Dan di hadapan mereka ada dinding sampai hari mereka dibangkitkan,”.  (Q.S. Al-Mukminun: 99-100).

Baca juga: Penjelasan Singkat Mengenai Alam Kubur atau Alam Barzah

Lalu apakah ada kehidupan? Jawabannya adalah tidak. Di sini manusia akan menunggu untuk datangnya akhirat. Bagi yang hidup sesuai perintah Allah dan menjalankan amal perbuatan baik, maka mereka akan bisa menunggu dengan nyaman. Sedangkan jika manusia penuh dengan dosa, maka rasanya akan lama ditambah dengan siksaaan yang tiada henti.

فَمَن يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُۥ

‘’Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya.’’ (QS Al-Zalzalah: 7) .

وَمَن يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَرَهُۥ

“Barangsiapa yang mengerjakan keburukan seberat dzarrah, niscaya akan melihat (balasan)nya pula’’ (QS Al-Zalzalah: 8)

Mempersiapkan Diri Untuk Alam Kubur

Tidak ada satupun dari manusia yang akan tahu kapan ajal akan menjemput. Bisa saja bertahun-tahun kemudian, bisa juga datang saat ini juga, maka satu-satunya yang bisa kita lakukan adalah mempersiapkan diri. Ada bekal yang bisa kita bawa, yaitu amal dan perbuatan yang baik.

وَتِلْكَ ٱلْجَنَّةُ ٱلَّتِىٓ أُورِثْتُمُوهَا بِمَا كُنتُمْ تَعْمَلُونَ

“Dan itulah surga yang dikaruniakan untuk kalian, karena perbuatan (amal sholeh) yang kalian dulu pernah kerjakan” (QS. Az-Zukhruf : 72).

Baca juga: 4 Amalan Penyelamat Siksa Kubur Yang Dapat Membantumu

Dalam usaha mendapatkan rahmat dari Allah, maka kita harus bertaqwa dengan sebenar-benarnya taqwa. Seperti hadits nabi Muhammad Sallallahu `alaihi wa sallam,  dari Jabir bin Abdillah radhiyallahu ’anhu disebutkan sabda Nabi shallallahu alaihi wa sallam,

“Tidak ada amalan seorangpun yang bisa memasukkannya ke dalam surga, dan menyelamatkannya dari neraka. Tidak juga denganku, kecuali dengan rahmat dari Allah” (HR. Muslim no. 2817).Itulah dia sedikit pembahasan mengenai kehidupan di alam kubur. Setiap orang yang meninggal akan menunggu datangnya hari pertanggung jawaban di alam ini. Bila kita membawa bekal yang cukup, maka semuanya akan bisa dilewati dengan mudah. Bila Anda membutuhkan taman pemakaman sesuai dengan syariat Islam, maka Taman Pemakaman Islam Al-Azhar Memorial Garden Karawang bisa menjadi pilihan Anda. Kunjungi website kami sekarang juga.

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom dengan tanda * wajib diisi
*

Artikel Terkait