5 Jenis Bunga di Kuburan Untuk Kegiatan Ziarah Kubur

15 November 2021 by tidak ada komentar Diterbitkan di artikel

jenis bunga kuburan

Tahukah Anda, ternyata ada berbagai jenis bunga kuburan yang dapat menjadi pilihan untuk dibawa ketika akan berziarah ke makam sanak saudara atau keluarga. Bunga apa yang biasa Anda bawa ketika sedang berziarah ke makam seseorang?

Biasanya, orang hanya mengetahui bunga mawar yang dapat dijadikan sebagai bunga tabur atau bunga kamboja untuk memperindah kuburan. Padahal, ada berbagai jenis bunga lainnya yang bisa menjadi pilihan untuk Anda ketika sedang mengunjungi makam.

Bunga memiliki makna pengharapan bagi mereka yang telah memasuki dunia akhirat. Sesuai dengan yang tertulis dalam Fath Al-Mu’in juga, wangi harum bunga dapat mengundang malaikat untuk mengunjungi makam yang ditabur dengan bunga seperti yang disampaikan oleh Al-Imam Zainuddin al-Malibari, yaitu:

يسن وضع جريدة خضراء على القبر للاتباع ولأنه يخفف عنه ببركة تسبيحها  وقيس بها ما اعتيد من طرح نحو الريحان الرطب ويحرم أخذ شيء منهما ما لم ييبسا لما في أخذ الأولى من تفويت حظ الميت المأثور عنه صلى الله عليه وسلم وفي الثانية من تفويت حق الميت بارتياح الملائكة النازلين

“Disunahkan meletakkan pelepah kurma yang hijau di atas kuburan, karena mengikuti apa yang dicontohkan oleh nabi dan karena siksaan mayit bisa diringankan berkah tasbih dari pelepah kurma itu. Disamakan dengan pelepah kurma adalah harum-haruman yang basah (seperti kembang). Dan haram mengambil sedikitpun dari itu semua selagi tidak kering. Sebab, pelepah kurma basah yang diambil dapat menghilangkan bagian (keuntungan) mayat yang telah disabdakan oleh nabi. (Dan haram mengambil atau menyingkirkan kembang-kembang harum yang masih basah) sebab dapat menghilangkan hak mayat yang berupa kesenangan saat malaikat turun.”

Jika Anda ingin mengetahui bunga apa saja yang dapat dibawa ketika sedang berziarah ke makam, melalui artikel ini, Al Azhar Memorial Garden akan memberikan informasi mengenai berbagai jenis bunga untuk kuburan. Silakan simak informasinya di bawah ini.

Baca Juga: Bagaimana Hukum Menabur Bunga dan Menyiram Air di Kuburan

Berbagai Jenis Bunga Kuburan 

Berikut ini, setidaknya ada 5 jenis bunga untuk kuburan yang bisa Anda bawa ketika sedang berkunjung ke makam, yaitu:

1. Bunga Mawar

Jenis bunga pertama yang sudah tidak asing lagi bagi Anda adalah bunga mawar. Bunga mawar ini bisa Anda jadikan sebagai bunga tabur ketika berziarah ke makam untuk memperindah penampilan makam.

Sebagai pilihan lainnya, Anda tidak harus membawa mawar dalam bentuk bunga utuh ataupun bunga tabur. Anda dapat membawa air kembang dengan wangi harum mawar yang disiramkan di atas tanah kuburan untuk menambah wangi-wangian.

Baca Juga: 3 Manfaat Bunga di Kuburan Yang Harus Anda Tahu

2. Bunga Kamboja

Bunga kamboja sering ditemukan di area pemakaman karena tanaman ini mudah tumbuh di tanah yang subur seperti tanah kuburan. Anda bisa meletakkan bunga kamboja ini di dekat makam dan pastikan peletakannya tidak mengganggu makam lainnya.

3. Bunga Sedap Malam

Jenis bunga kuburan ini memiliki wangi yang sangat kuat dan dapat memberikan efek penenang. Bunga ini dapat Anda bawa saat masa penguburan jenazah agar wangi yang dikeluarkan dari bunga sedap malam dapat menenangkan keluarga yang ditinggalkan.

4. Bunga Bakung

Ada 1 bunga yang dijadikan sebagai simbol dari rasa berkabung yaitu bunga bakung. Kecantikan yang dipancarkan dari bunga bakung ini tentu dapat memperindah makam kerabat, sanak saudara, atau keluarga yang Anda cintai.

5. Bunga Melati

Jenis bunga terakhir yang biasa ditemukan di area pemakaman adalah bunga melati. Bunga melati memiliki harum yang sangat kuat dan biasanya Anda dapat menggabungkannya dengan bunga mawar untuk dijadikan sebagai bunga tabur.

Sekian informasi yang dapat kami berikan untuk Anda mengenai 5 jenis bunga di kuburan. Sebagai informasi tambahan, Al Azhar Memorial Garden masih memiliki lahan pemakaman yang sudah disesuaikan dengan peraturan dari MUI dan silakan hubungi kami sekarang juga jika Anda ingin mengetahui jenis-jenis kavling yang tersedia saat ini.

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom dengan tanda * wajib diisi
*

Artikel Terkait