Bagaimana Hukum Membaca AlQuran di Kuburan?

9 February 2022 by no comments Posted in artikel

hukum membaca alquran di kuburan

Apa sih hukum membaca AlQuran di kuburan? Umat Muslim biasanya melakukan ziarah ke kuburan atau makam dari keluarga atau orang tersayangnya untuk mendoakan mereka. Biasanya, sebelum memanjatkan doa, para peziarah akan mengawalinya dengan membaca Al-Qur’an.

Berikut adalah beberapa pendapat ulama mengenai hukum membaca Al-Qur’an di kuburan yang telah kami rangkum untuk membantu Anda lebih memahaminya.

Hukum Membaca Al-Qur’an di Kuburan Menurut Ulama

Pembacaan Al-Qur’an atau qiraatul Qur’an merupakan kegiatan yang mulia. Kegiatan ini dinilai sebagai salah satu dari ibadah utama untuk umat Islam. Namun, terkait pembacaan Al-Qur’an di kuburan, para ulama memiliki pendapat yang berbeda.

Baca Juga: Syafaat Al Quran di Alam Kubur dan Akhirat

Mayoritas berpendapat bahwa hukum membaca Al-Qur’an di kuburan boleh-boleh saja, bahkan beberapa ada yang merekomendasikan kegiatan ini. Namun di sisi lain, ada beberapa ulama yang menganggap hukum pembacaan Al-Qur’an di kuburan adalah makruh.

Sebagian ulama Hanafiyah berpendapat bahwa membaca Al-Qur’an di kuburan dengan khatam sekalipun tidak makruh asalkan dibaca pelan-pelan atau sir. Makruh itu muncul karena Al-Qur’an dibaca secara keras atau jahar.

Sementara itu, mayoritas ulama mazhab Maliki berpendapat bahwa hukum membaca Al-Qur’an di kuburan itu mutlak makruh, baik dibaca secara sir maupun jahar.

Dari berbagai informasi tersebut, kita dapat menarik kesimpulan bahwa para ulama berbeda pendapat dalam masalah ini. Namun, kebanyakan ulama tetap menganjurkan membaca Al-Qur’an di kuburan sebagai dorongan doa untuk yang didoakan. Namun perlu dicatat, tidak ada satupun ulama yang melarang atau mengharamkan membaca Al-Qur’an di kuburan.

Baca Juga: Hukum Melangkahi Kuburan dalam Islam

Hukum Membaca Al-Qur’an di Kuburan Menurut Rasulullah SAW.

Mufti Kerajaan Arab Saudi pada masa lalu, Syekh ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdillah bin Baz rahimahullah ditanya, “Apakah membaca Al-Qur’an di sisi kubur merupakan amalan yang tidak mendapat petunjuk, khususnya Fatihah dan Surat Al Baqarah? Karena setahu saya, setelah membaca kitab Ar Ruh karya Ibnul Qayyim, boleh membaca Al-Qur’an di pemakaman orang mati dan setelah pemakaman. Ia menyebutkan bahwa salaf menyarankan untuk membaca Al-Qur’an di pemakaman.

Syekh Ibnu Baz rahimahullah berkata,

“Membaca Al-Qur’an di kuburan merupakan salah satu amalan yang tidak sunnah sehingga tidak boleh kita lakukan. Kita juga tidak diperbolehkan salat di sisi kubur karena Rasulullah SAW. tidak pernah melakukan itu. Demikian juga tidak pernah dibimbing oleh Khulafaur Rasyidin (Abu Bakar, Umar, Utsman, dan Ali). Karena amalan itu hanya dilakukan di masjid dan di rumah seperti yang disabdakan Rasulullah SAW.,

‘Jadikanlah salat kalian di rumah kalian dan jangan jadikan rumah tersebut seperti kubur.’” (HR Bukhori no.432, HR Muslim no.777)

Hadits tersebut menunjukkan bahwa kuburan bukanlah tempat untuk salat maupun tempat membaca Al-Qur’an. Amalan tersebut adalah amalan yang khusus dilakukan di masjid (atau musholla, dsb) dan di rumah. Yang harus dilakukan ketika mengunjungi kuburan adalah menyapa penghuninya dan mendoakan mereka dengan baik.

Adapun Rasulullah SAW. setelah melakukan penguburan orang mati, beliau berhenti di sisi kuburan dan berkata,

“Mintalah ampun pada Allah SWT. untuk saudara kalian dan mintalah kekokohan (dalam menjawab pertanyaan kubur). Karena saat ini ia sedang ditanyai (oleh para malaikat).” (HR Abu Daud no.2758)

Hadits di atas menjelaskan bahwa Rasulullah SAW. sendiri pun tidak membaca Al-Qur’an ketika berada di kuburan dan tidak memerintahkan untuk membacanya, melainkan beliau memerintahkan kita untuk berdoa ketika berada di kuburan.

Maka dari itu, jangan sampai perbincangan mengenai topik ini membuat Anda bingung ketika sudah berada di kuburan. Seperti yang Rasulullah SAW. sarankan, ketika berada di kuburan kita fokus saja mendoakan orang yang telah tiada tersebut, jangan terlalu memusingkan hal selain itu.Jika Anda sedang mencari pemakaman, Al Azhar Memorial Garden menyediakan kavling makam dengan berbagai ukuran dan pelayanan terbaik yang bisa Anda dapatkan. Klik di sini untuk mengetahui informasi selengkapnya. Semoga artikel tentang hukum membaca AlQuran di kuburan ini dapat membantu Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *
*

Related Story