Hukum Melangkahi Kuburan dalam Islam

8 February 2022 by no comments Posted in artikel

hukum melangkahi kuburan

Sebagai umat manusia yang taat dan tunduk kepada Sang Pencipta, kita harus memahami apa ajaran-Nya, termasuk hukum melangkahi kuburan. Mengapa kita harus memahami hukum tersebut?

Sebelum masuk ke dalam inti pembahasan, mari kita pahami bersama-sama bahwa setiap manusia tentu memiliki batasan waktu dan akan kembali ke dunia akhirat suatu saat nanti. Kepada mereka yang telah berpulang terlebih dahulu, tugas kita adalah mendoakan dan menghormatinya.

Tindakan menghormati orang tidak dilakukan hanya kepada mereka yang masih hidup, namun juga bagi mereka yang sudah berpulang. Hal ini disampaikan oleh Allah dalam surat Al-Isra ayat 70 yang berbunyi demikian:

وَلَقَدْ كَرَّمْنَا بَنِيْٓ اٰدَمَ وَحَمَلْنٰهُمْ فِى الْبَرِّ وَالْبَحْرِ وَرَزَقْنٰهُمْ مِّنَ الطَّيِّبٰتِ وَفَضَّلْنٰهُمْ عَلٰى كَثِيْرٍ مِّمَّنْ خَلَقْنَا تَفْضِيْلًا ࣖ

“Dan sungguh, Kami telah memuliakan anak cucu Adam, dan Kami angkut mereka di darat dan di laut, dan Kami beri mereka rezeki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka di atas banyak makhluk yang Kami ciptakan dengan kelebihan yang sempurna. (QS. Al-Isra: 70)”

Sesuai dengan firman-Nya, kita harus menghormati mereka yang sudah meninggal dan jangan melakukan hal-hal yang tidak berkenan, salah satunya adalah melangkahi kuburan. Maka dari itu, melalui artikel ini, Al-Azhar Memorial Garden akan memberikan informasi kepada Anda mengenai hukum dalam agama Islam tentang melangkahi kuburan.

Apa Hukum Melangkahi Kuburan?

Melangkahi kuburan merupakan hal yang dianggap tidak menghormati jenazah yang beristirahat di dalamnya. Rasulullah sendiri berpesan dalam hadisnya:

لأن أمشي على جمرة أو سيف أو أخصف نعلي برجلي أحب إلي من أن أمشي على قبر مسلم

“Sungguh aku berjalan di atas bara api atau pedang, atau aku menjahit sandalku menggunakan kakiku, lebih aku sukai daripada aku berjalan di atas kuburan orang Muslim.”

Dari hadis tersebut, kita dapat memahami bahwa menginjak kuburan atau melangkahinya merupakan perbuatan yang tidak pantas. Maka dari itu, sebagai umat Muslim yang beriman, hendaklah kita semua memahami hukum ini untuk menghormati mereka yang sudah meninggal.

Apakah Boleh Melangkahi Kuburan dalam Kondisi Mendesak?

Di dalam kitab Fiqih ‘ala Mazahib al-Arba’ah ada tertulis:

ويكره المشي على القبور إلا لضرورة كما إذا لم يصل إلى قبر ميته إلا بذلك باتفاق 

“Makruh berjalan di atas kuburan kecuali dalam keadaan darurat, seperti seseorang yang tidak bisa sampai pada kuburan mayatnya kecuali dengan cara melangkahi kuburan. Hukum ini telah menjadi kesepakatan para ulama.”

Jadi, melangkahi kuburan hanya diperbolehkan dalam kondisi yang sangat mendesak atau darurat. Contoh kondisi yang darurat tersebut seperti jarak antar kuburan yang terlalu dekat sehingga sulit untuk dilewati tanpa harus melangkahi kuburan.

Apa Saja Larangan Lainnya Ketika Berkunjung Ke Kuburan?

Selain menginjak atau melangkahi kuburan, Anda juga harus tahu bahwa ada larangan lainnya yang tidak boleh dilakukan. Anda tidak boleh duduk di atas kuburan seseorang dan hal ini dinyatakan oleh Rasulullah dalam haditsnya berikut ini:

عن أَبي هريرة رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رسولُ الله صلى الله عليه وسلم: لأنْ يَجْلِسَ أحَدُكُمْ عَلَى جَمْرَةٍ، فَتُحْرِقَ ثِيَابَهُ فَتَخْلُصَ إِلَى جِلْدِهِ خَيْرٌ لَهُ مِنْ أنْ يَجْلِسَ عَلَى قَبْرٍ. رواه مسلم

“Dari Abi Hurairoh RA ia berkata Rasulullah shollahu alaihi wassalam bersabda seseorang dari kalian duduk di atas bara api dan membakar bajunya tembus sampai kulitnya lebih baik dari pada duduk di atas kuburan.

Baca Juga: Hukum Meninggikan Kuburan dan Hadistnya dalam Islam

Sekian informasi dari kami tentang hukum melangkahi kuburan dan semoga Anda dapat memahami informasi yang disampaikan di atas. Sebagai informasi tambahan, Al-Azhar Memorial Garden memiliki lahan pemakaman khusus untuk Muslim yang sudah disesuaikan dengan fatwa MUI. Maka dari itu, apabila Anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami sekarang juga.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *
*

Related Story