Hukum Makan di Kuburan Menurut Al-Qur’an

9 February 2022 by no comments Posted in artikel

hukum makan di kuburan

Dalam Islam, setiap tindakan dan perbuatan yang ingin kita lakukan harus mengacu kepada firman Allah SWT melalui para nabi yang tertulis di Al-Quran. Terdapat banyak hukum yang perlu Anda ketahui dan perhatikan saat Anda berada di dalam kuburan. Terdapat peraturan salat yang tidak boleh menghadap kuburan, tidak boleh berdiri dan duduk di atas kuburan, hingga hukum makan di kuburan. Apakah Anda sudah mengetahuinya? Jika belum, Anda belum terlambat. Pelajari hukum yang perlu Anda ketahui di bawah ini. 

Bagaimana Hukum Makan di Kuburan Menurut Islam? 

Seperti subjudul yang ada di atas, pada kesempatan kali ini kami akan mengajak Anda mengetahui hukum makan di kuburan, agar Anda tidak melakukan hal-hal yang sebenarnya tidak boleh dilakukan selama Anda berada di area pekuburan.

Baca Juga: Bagaimana Hukum Membaca AlQuran di Kuburan?

Pada dasarnya setiap orang yang ingin melakukan ziarah ke area pekuburan tentu saja diperbolehkan, bahkan sangat dianjurkan agar kita mendapatkan pahala baik. Dalam melakukan ziarah, sudah pasti kita harus melakukannya dengan khidmat untuk mengingat orang yang telah meninggal dan mendoakan ruh dari orang tersebut agar mereka mendapatkan keringanan atau kedamaian di alam kubur. Jika kita lihat berdasarkan kitab Hasyiyatus Shawi ‘ala Syarhis Shaghir hukum makan di kuburan adalah sebagai berikut.

والاعتبار  أي الاتعاظ وإظهار الخشوع عندها  أي القبور ، ويكره الأكل والشرب والضحك وكثرة الكلام

“Hendaknya mengambil pelajaran, mengingatkan diri sendiri dan menampakkan kekhusyukan saat berada di area kuburan. Dan dimakruhkan makan, minum, ketawa dan banyak bicara.”

Selain itu ada juga tertulis inti pesan yang sama dalam kitab Bariqah Mahmudiyah sebagai berikut.

وَ يُكْرَهُ الْأَكْلُ عِنْدَ الْمَقَابِرِ وَالضَّحِكُ أَيْضًا عِنْدَهَا لِأَنَّ مِثْلَ هَذِهِ مَحَلُّ اعْتِبَارٍ وَتَذَكُّرِ الْآخِرَةِ وَالْأَكْلُ وَالضَّحِكُ مُنَافٍ لَهُمَا

“Dimakruhkan makan di area kuburan dan juga tertawa. Hal ini karena tempat seperti di area kuburan merupakan tempat mengambil pelajaran dan mengingat akhirat. Sementara makan dan minum menghilangkan keduanya.”

Menurut kedua kitab tersebut, pergi ke area pekuburan untuk melakukan ziarah dilakukan untuk mengingat kematian dari orang yang telah meninggal dan untuk mengingatkan kita akan kehidupan akhirat yang akan dilalui oleh semua orang. Dalam kedua kitab tersebut sebenarnya tidak dijelaskan bahwa makan adalah hal yang dilarang, namun tindakan tersebut sangat tidak dimakruhkan atau tidak dianjurkan untuk Anda lakukan. Hal ini karena kegiatan makan akan membuat Anda tidak berada dalam posisi khidmat dan tidak membantu Anda untuk mengingat kematian serta akhirat. 

Oleh karena itu saat Anda berada di area pekuburan untuk melakukan ziarah, Anda perlu mempersiapkan hati dan pikiran Anda terlebih dahulu. Pastikan Anda berada pada posisi yang siap untuk berdoa dan khidmat untuk melakukan ziarah. Sekali lagi bahwa melakukan ziarah pada umumnya sangat dianjurkan untuk dilakukan seperti tertulis dalam hadis Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berikut ini;

عن بُرَيْدَةَقَالَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم كُنْتُ نَهَيْتُكُمْ عَنْ زِيَارَةِ الْقُبُورِ فَقَدْ أُذِنَ لِمُحَمَّدٍ فِى زِيَارَةِ قَبْرِ أُمِّهِ فَزُورُوهَا فَإِنَّهَا تُذَكِّرُ الآخِرَة. [رواه مسلم وابو داود والترمذي وابن حبان والحاكم]

“Diriwayatkan dari Buraidah ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda; “Dahulu aku pernah melarang ziarah kubur, maka telah diizinkan bagi Muhammad berziarah kubur bundanya. Maka berziarahlah kubur, sebab hal itu mengingatkan akhirat”.” [HR. Muslim, Abu Dawud, at-Tirmidzi, Ibnu Hibban dan al-Hakim]

Kini menjadi jelas bahwa makan di kuburan pada dasarnya tidak dianjurkan. Semoga dengan mengetahui hukum makan di kuburan ini, Anda menjadi lebih berhati-hati dalam menjaga sikap dan hati saat sedang berada di area pekuburan. Tidak hanya menyiapkan hati saat melakukan ziarah, kita juga harus menyiapkan segala sesuatu sebelum kita meninggalkan dunia ini. 

Salah satu yang bisa kita siapkan adalah dengan membeli kavling makam sebagai tempat peristirahatan nantinya saat kematian menjemput kita. Al-Azhar Memorial Garden dapat jadi pilihan tepat untuk kavling makam yang sedang Anda cari. Kavling makam yang disediakan oleh Al-Azhar Memorial Garden telah mengikuti syariat Islam dan dirawat secara profesional, sehingga Anda tidak perlu khawatir mengenai hal ini. Klik di sini untuk mengetahui informasi lengkap mengenai kavling makam Al-Azhar Memorial Garden.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *
*

Related Story