Inilah Hukum Duduk Diatas Kuburan yang Harus Diketahui

8 February 2022 by no comments Posted in artikel

hukum duduk diatas kuburan

Di dalam agama Islam, Anda harus memahami hukum duduk diatas kuburan. Apa maksud dari hukum duduk di atas kuburan ini?

Ketika mengunjungi makam seseorang, Anda dilarang untuk duduk di atas kuburan atau tempat peristirahatan terakhir mereka yang telah berpulang ke dunia akhirat. Apabila Anda ingin mendoakan mereka yang telah meninggal, dapat dilakukan dengan jongkok di sekitarnya tanpa menginjak atau menduduki makam sekali pun. 

Melalui artikel ini, Al-Azhar Memorial Garden akan memberikan alasan mengapa Anda tidak boleh duduk di atas kuburan sesuai dengan hukum dalam ajaran Islam. Selain itu, kami juga akan memberikan informasi kepada Anda mengenai tata cara mengunjungi makam sesuai dengan ajaran Islam.

Apa Hukum Duduk Diatas Kuburan?

Duduk di atas kuburan seseorang merupakan perbuatan yang tidak mulia karena hal tersebut sama saja dengan kita tidak menghormati mereka yang telah meninggal. Sebagai sesama manusia, kita harus menghormati mereka yang berpulang ke dunia akhirat sama seperti menghormati orang lain yang masih hidup.

Di dalam surat Al-Isra ayat 70, Allah berfirman demikian:

وَلَقَدْ كَرَّمْنَا بَنِيْٓ اٰدَمَ وَحَمَلْنٰهُمْ فِى الْبَرِّ وَالْبَحْرِ وَرَزَقْنٰهُمْ مِّنَ الطَّيِّبٰتِ وَفَضَّلْنٰهُمْ عَلٰى كَثِيْرٍ مِّمَّنْ خَلَقْنَا تَفْضِيْلًا ࣖ

“Dan sungguh, Kami telah memuliakan anak cucu Adam, dan Kami angkut mereka di darat dan di laut, dan Kami beri mereka rezeki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka di atas banyak makhluk yang Kami ciptakan dengan kelebihan yang sempurna. (QS. Al-Isra: 70)”

Baca Juga: Hukum Meninggikan Kuburan dan Hadistnya dalam Islam

Anda juga harus memahami bahwa duduk di atas kuburan adalah haram hukumnya. Hal ini disebutkan dalam salah satu hadis, yaitu:

عن أَبي هريرة رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رسولُ الله صلى الله عليه وسلم: لأنْ يَجْلِسَ أحَدُكُمْ عَلَى جَمْرَةٍ، فَتُحْرِقَ ثِيَابَهُ فَتَخْلُصَ إِلَى جِلْدِهِ خَيْرٌ لَهُ مِنْ أنْ يَجْلِسَ عَلَى قَبْرٍ. رواه مسلم

“Dari Abi Hurairoh RA ia berkata Rasulullah shollahu alaihi wassalam bersabda seseorang dari kalian duduk di atas bara api dan membakar bajunya tembus sampai kulitnya lebih baik dari pada duduk di atas kuburan.

Bagaimana Tata Cara Mengunjungi Kuburan yang Tepat?

Selain dilarang untuk duduk di atas kuburan, ada tata cara lainnya yang perlu Anda pahami dalam mengunjungi kuburan. Anda dilarang untuk menginjak atapun melangkahi kuburan karena kedua hal tersebut merupakan perbuatan yang tidak menghormati mereka yang telah meninggal.

Baca Juga: Hukum Nyekar ke Makam Menurut Islam

Tidak hanya larangan saja yang perlu Anda pahami, namun ada juga hal yang harus dilakukan ketika mengunjungi makam seseorang. Anda dapat menaburkan bunga atau menyiraminya dengan air mawar agar malaikat Allah melindungi makam tersebut seperti yang tertulis dalam kitab Nihayatus Zain berikut ini:

وَيُنْدَبُ رَشُّ الْقَبْرِ بِمَاءٍ باَرِدٍ تَفاَؤُلاً بِبُرُوْدَةِ الْمَضْجِعِ وَلاَ بَأْسَ بِقَلِيْلٍ مِنْ مَّاءِ الْوَرْدِ ِلأَنَّ الْمَلاَ ئِكَةَ تُحِبُّ الرَّائِحَةَ الطِّيْبِ

“Disunnahkan untuk menyirami kuburan dengan air yang dingin. Perbuatan ini dilakukan sebagai pengharapan dengan dinginnya tempat kembali (kuburan) dan juga tidak apa-apa menyiram kuburan dengan air mawar meskipun sedikit, karena malaikat senang pada aroma yang harum.”

Baca Juga: 5 Jenis Bunga di Kuburan Untuk Kegiatan Ziarah Kubur

Setelahnya, Anda juga diminta untuk mendoakan mereka yang telah berpulang. Anda dapat melafalkan doa berikut ini:

أَنَّ لِلَّهِ مَا أَخَذَ وَلَهُ مَا أَعْطَى وَكُلُّ شَيْءٍ عِنْدَهُ بِأَجَلٍ مُسَمًّى فَمُرْهَا فَلْتَصْبِرْ وَلْتَحْتَسِبْ

“Sesungguhnya adalah milik Allah apa yang Dia ambil dan akan kembali kepada-Nya apa yang Dia berikan. Segala sesuatu yang ada di sisi-Nya ada jangka waktu tertentu (ada ajalnya). Maka hendaklah dia bersabar dan mengharap pahala dari Allah.”

Sekian informasi mengenai hukum duduk di atas kuburan yang perlu Anda ketahui. Selain itu, kami juga ingin menginfokan bahwa Al-Azhar Memorial Garden menyediakan lahan pemakaman khusus untuk umat beragama Islam. Silakan hubungi kami sekarang untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *
*

Related Story