Hikmah Kematian

27 Agustus 2021 by tidak ada komentar Diterbitkan di artikel

hikmah kematian

Kewajiban Menghormati Jenazah Sebagaimana Ia Hidup

Rasulullah senantiasa menghimbau dan mencontohkan pada Ummatnya agar menghormati jenazah, beberapa contoh perilaku menghormati jenazah yang dilakukan Rasulullah antara lain :

1. Berdiri Ketika Jenazah Lewat

Rasulullah memerintahkan pada Ummatnya untuk berdiri ketika jenazah lewat, hingga jenazah tersebut diletakkan, sebagaimana hadist :“Jika kalian melihat jenazah, maka berdirilah. Dan siapa yg

mengikutinya, maka janganlah ia duduk hingga jenazah itu diletakkan” (HR Muslim) mereka lakukan.” (HR Bukhari)

2. Melarang Menginjak, Melangkahi & Menduduki Makam Menghormati jenazah tidak sebatas hanya saat jenazah dalam pengurusan saja (memandikan, mengkafani, mensholatkan), akan tetapi menghormati jenazah tetap harus dilakukan ketika jenazah sudah dimakamkan, itulah sebabnya mengapa kita harus memperlakukan makam dengan santun, sebagaimana Hadist :

”Sesungguhnya seorang dari kalian yang duduk ditas bara api lalu membakar pakaian hingga menyisakan kulitnya lebih baik baginya daripada duduk diatas sebuah kuburan.” (HR. Muslim)

3. Larangan Mencela Orang yang Sudah Meninggal Penyebab kematian beragam, terkadang jenazah sudah dalam kondisi yang tidak baik. Sehingga tidak jarang mengundang komentar dari pelayat. Rasulullah melarang Ummatnya mencela orang yang sudah meninggal apapun kondisinya, sebagaimana Hadis :

“Janganlah kalian mencela orang-orang yang sudah mati, Karena mereka itu sudah sampai kepada apa yang telah mereka lakukan.” (HR Bukhari)

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom dengan tanda * wajib diisi
*

Artikel Terkait