5 Hikmah Beriman Kepada Hari Kiamat

3 September 2021 by tidak ada komentar Diterbitkan di artikel

Hikmah Beriman Kepada Hari Kiamat

Ada beberapa hikmah beriman kepada hari kiamat. Sebenarnya ini termasuk dalam rukun iman yang harus diyakini umat Islam. Itu artinya, umat Islam wajib memercayai bahwa pada waktunya akan datang kehancuran alam semesta beserta seluruh isinya.

Umat Islam memang tidak boleh meragukan urusan kiamat sebab peristiwa ini sudah tercantum dalam Alquran maupun hadits. Salah satunya dalam Surat Al A’raaf ayat 187 berikut ini:

Mereka menanyakan kepadamu tentang hari akhir: “Kapankah terjadinya?” Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang itu ada pada sisi Tuhanku; tidak seorang pun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat bagi yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba.” Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang hari kiamat itu adalah di sisi Tuhan, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.”

Ada berapa hikmah beriman kepada hari kiamat? Total ada lima hikmah beriman yang harus Anda ketahui.

Baca juga: Hikmah Kematian

Ragam Hikmah Beriman Kepada Hari Kiamat

Datangnya hari kiamat juga sudah dijanjikan Allah SWT melalui Alquran dalam beberapa kesempatan, yakni terdapat di Q.S Al-Hajj ayat 7, Q.S An-Naml ayat 87, Q.S Al-Anbiya ayat 47, Q.S Al-Qariah ayat 4-5, Q.S Al-Zalzalah ayat 1-2, Q.S Az-Zumar ayat 68, dan Q.S al-Muzzammil ayat 18.

Selain Surat Al A’raaf ayat 187, ada beberapa ayat lain yang menerangkan peristiwa datangnya Kiamat:

وَأَنَّ ٱلسَّاعَةَ ءَاتِيَةٌ لَّا رَيْبَ فِيهَا وَأَنَّ ٱللَّهَ يَبْعَثُ مَن فِى ٱلْقُبُورِ

Artinya: “Dan sesungguhnya hari kiamat itu pastilah datang, tak ada keraguan padanya; dan bahwasanya Allah membangkitkan semua orang di dalam kubur.” (Q.S Al-Hajj: 7).

وَيَوْمَ يُنفَخُ فِى ٱلصُّورِ فَفَزِعَ مَن فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَن فِى ٱلْأَرْضِ إِلَّا مَن شَآءَ ٱللَّهُ ۚ وَكُلٌّ أَتَوْهُ دَٰخِرِينَ

Artinya: “Dan (ingatlah) hari (ketika) ditiup sangkakala, maka terkejutlah segala yang di langit dan segala yang di bumi, kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Dan semua mereka datang menghadap-Nya dengan merendahkan diri.” (Q.S An-Naml: 87).

وَنَضَعُ ٱلْمَوَٰزِينَ ٱلْقِسْطَ لِيَوْمِ ٱلْقِيَٰمَةِ فَلَا تُظْلَمُ نَفْسٌ شَيْـًٔا ۖ وَإِن كَانَ مِثْقَالَ حَبَّةٍ مِّنْ خَرْدَلٍ أَتَيْنَا بِهَا ۗ وَكَفَىٰ بِنَا حَٰسِبِينَ

Artinya: “Kami akan memasang timbangan yang tepat pada hari kiamat. Maka tiadalah dirugikan seseorang barang sedikitpun. Dan jika (amalan itu) hanya seberat biji sawipun pasti Kami mendatangkan (pahala)nya. Dan cukuplah Kami sebagai pembuat perhitungan.” (Q.S Al-Anbiya: 47)

Allah SWT tidak pernah menjadikan suatu hal tanpa tujuan dan hikmah. Termasuk kiamat. Inilah hikmah beriman kepada hari kiamat.

Baca juga: 4 Perbedaan Kiamat Sugra dan Kubra

1. Lebih Takwa Kepada Allah SWT

Beriman terhadap hari kiamat sama saja dengan memercayai bahwa segala perbuatan yang telah dilakukan di dunia, mau baik dan buruk pasti dipertanggungjawabkan di akhirat. Itulah mengapa umat Islam yang mengamalkannya pasti meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT agar semakin dekat kepada-Nya.

2. Berbuat Baik Kepada Sesama

Anda tidak hanya harus meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT saja, namun juga harus berbuat baik kepada sesama. Hal ini mengingatkan seorang Muslim untuk memerhatikan hablum minannas, yaitu hubungan antar sesama manusia. 

Hubungan ini sangat perlu dijaga dan semakin ditingkatkan agar keseimbangan hidup terus terjaga sepanjang waktu.

3. Beramal Saleh

Anda harus senantiasa beramal saleh, seperti memperbanyak salat sunnah, salat lima waktu, puasa, dzikir, dan lainnya. Amal ini menjadi salah satu arti bahwa dalam hari pembalasan, seluruh perbuatan selama di dunia akan dibalas Allah SWT.

4. Semakin Takut Berbuat Maksiat

Salah satu dosa yang sering dilakukan manusia adalah berbuat maksiat. Namun dengan hikmah beriman, maka kemaksiatan semakin dijauhi dan lebih takut untuk melakukannya karena tidak bisa mempertanggungjawabkannya pada saat kiamat datang. 

5. Mempersiapkan Diri

Pada akhirnya, kiamat pasti datang. Sebagai seorang Muslim, sudah seharusnya mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menghadapinya. Memperbaiki amal ibadah menjadi bekal berharga ketika hari kiamat tiba. 

Dari lima hikmah beriman kepada hari kiamat yang sudah dijelaskan di atas, mana yang kira-kira sudah Anda lakukan? Sudah sebaiknya Anda memulai memperbaiki diri sejak dini.
Jika Anda membutuhkan bantuan kavling makam, Pemakaman Islam Al Azhar Memorial Garden telah menyediakan taman pemakaman berdasarkan syariat Islam dan dikelola secara profesional.

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom dengan tanda * wajib diisi
*

Artikel Terkait