Tentang Hari Dibangkitkannya Manusia dari Alam Kubur

29 December 2021 by no comments Posted in artikel

hari dibangkitkannya manusia dari alam kubur

Apa yang dimaksud dengan hari dibangkitkannya manusia dari alam kubur? Apa saja tahapan yang harus dilalui oleh umat manusia ketika kita berpulang menghadap Sang Pencipta?

Pada artikel ini, Al-Azhar Memorial Garden akan memberikan informasi penting kepada Anda mengenai gambaran hari dibangkitkannya manusia dari alam kubur yang penting untuk dipahami. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan informasi mengenai proses kehidupan manusia ketika memasuki alam akhirat.

Apa Istilah Hari Dibangkitkannya Manusia dari Alam Kubur dalam Agama Islam?

Yaumul Ba’ats atau hari di mana umat manusia akan dibangkitkan dari alam kubur, merupakan peristiwa penting ketika Allah SWT membangkitkan umat manusia yang berada di dunia akhirat, kembali ke bumi tempat kita tinggal. Hal ini tercantum dalam salah satu surat Al-Hajj yang berbunyi:

وَأَنَّ السَّاعَةَ آتِيَةٌ لَا رَيْبَ فِيهَا وَأَنَّ اللَّهَ يَبْعَثُ مَنْ فِي الْقُبُورِ

“Dan sungguh, (hari) Kiamat itu pasti datang, tidak ada keraguan padanya; dan sungguh, Allah akan membangkitkan siapa pun yang di dalam kubur. (QS. Al-Hajj: 6)”

Menurut surat dari Al-Hajj tersebut, Allah akan membangkitkan siapapun yang telah dikubur, tanpa terkecuali. Meskipun ada jasad yang telah menghilang, Allah SWT akan tetap membangkitkannya pada saat Yaumul Ba’ats.

Sebagai umat manusia, sudah sepantasnya kita menantikan peristiwa Yaumul Ba’ats ini. Namun, tentu ada hikmah yang harus ditekuni selama masa hidup kita di dunia dengan mengamalkan perbuatan baik, sesuai dengan perintah dan ajaran-Nya.

Bagaimana Proses Kehidupan Di Alam Akhirat?

Yaumul Ba’ats merupakan salah satu tahapan yang akan kita lalui ketika kembali ke dunia akhirat nanti. Secara total, ada 5 tahapan yang harus kita lalui, termasuk Yaumul Ba’ats, yaitu:

1. Alam Barzakh

Tahapan pertama yang akan kita lalui di alam akhirat adalah Alam Barzakh atau alam kubur. Tahapan ini merupakan peristiwa di mana kita akan melalui pintu gerbang menuju dunia akhirat.

Di Alam Barzakh, umat manusia akan bertemu dengan malaikat dan diberikan beberapa pertanyaan mengenai amal perbuatan baik yang diperbuat selama hidup di dunia. Apabila umat manusia berhasil melalui tahapan ini, maka kelak akan dibukakan gerbang menuju dunia akhirat.

2. Yaumul Hasyr/Mahsyar

Setelah Alam Barzakh, manusia akan melalui Yaumul Ba’ats terlebih dahulu sebelum memasuki peristiwa Yaumul Hasyr. Yaumul Hasyr merupakan peristiwa di mana umat manusia berkumpul di padang Mahsyar.

Baca Juga: Arti Yaumul Mahsyar, Dalil, dan Penjelasannya

3. Yaumul Mizan/Hisab

Pada akhirnya, umat manusia akan memasuki peristiwa Yaumul Mizan atau hari perhitungan amal. Seluruh amal perbuatan baik dan buruk akan ditimbang pada Yaumul Mizan.

Baca Juga: Pengertian Yaumul Hisab, Sudah Siap Menghadapi Hari Itu?

4. Yaumul Jaza

Di tahapan terakhir, kita akan dihadapkan dengan hari pembalasan. Amal perbuatan baik akan dibalas dengan hal yang baik pula yaitu kenikmatan surga dan perbuatan buruk akan dibalas dengan siksa neraka.

Baca Juga: Pengertian Yaumul Jaza, Akhir dari Hari Kiamat

Oleh karena itu, sekiranya sebagai umat manusia yang diberi kesempatan untuk tinggal di dunia, sudah sepantasnya untuk kita terus menanam perbuatan baik. Sekecil apapun amal perbuatan baik yang kita lakukan, Allah yang maha melihat akan mencatat semuanya dan membalasnya pada Yaumul Jaza.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan seputar Yaumul  Ba’ats atau hari dibangkitkannya manusia dari alam kubur. Semoga informasi dalam artikel ini dapat berguna dan juga menjadi pengingat untuk Anda agar terus mengamalkan perbuatan baik selama hidup di dunia ini.

Jika Anda membutuhkan informasi mengenai kavling makam yang sesuai dengan fatwa MUI, silakan hubungi kami sekarang juga. Taman Pemakaman Muslim Al-Azhar Memorial Garden Karawang masih memiliki kavling khusus untuk pemakaman umat muslim.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *
*

Related Story