Hadits Tentang Anak yang Meninggal Sebelum Baligh, Apakah Masuk Surga?

29 Desember 2021 by tidak ada komentar Diterbitkan di artikel

hadits tentang anak yang meninggal sebelum baligh

Ada beberapa hadits anak yang meninggal sebelum baligh. Anak-anak yang meninggal sebelum baligh dikatakan akan masuk ke dalam surga, karena mereka meninggal dalam keadaan suci dan tanpa dosa (karena belum baligh).

Selain itu, kelak di padang mahsyar, anak-anak yang meninggal sebelum baligh ini akan menjadi penolong bagi kedua orang tuanya. Lantas, benarkah demikian? Mari simak penjelasannya.

Hadits Anak yang Meninggal Sebelum Baligh

Menurut hadits riwayat Ahmad no.2934,

Aku mendengar Ibnu Abbas berkata; aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa dari umatku mempunyai dua farath (kematian anak kecil), maka ia akan masuk surga.” Maka ‘Aisyah berkata; Aku rela berkorban dengan ayahku, bagaimana nasib yang hanya mempunyai satu anak kecil yang mati? Beliau bersabda, “Begitu pula yang mempunyai satu farath, wahai wanita yang menyepakati (kebaikan).” Aisyah berkata lagi; Bagaimana umatmu yang tidak mempunyai farath? Beliau bersabda, “Maka akulah farath bagi umatku, mereka tidak pernah mendapat musibah seperti (kematian) ku.”

Hadits tersebut menggambarkan Rasulullah Saw. yang ditanyai tentang orang tua yang kehilangan dua orang anak yang meninggal sebelum baligh (atau dalam istilah matan hadits di atas disebut sebagai farath).

Dari hadits tersebut, Aisyah menilai bahwa ditinggal oleh satu orang anak juga merupakan pukulan telak bagi orang tua. Lalu, Aisyah mengatakan bahwa Rasulullah Saw. pernah berpesan kepadanya bahwa jika orang tua ditinggalkan oleh satu orang anak yang belum baligh, orang tua tersebut akan masuk surga juga.

Nabi Muhammad Saw. juga berkata demikian pada hadits lainnya, yaitu Hadits Riwayat Bukhari no.1292 tentang kematian dan keberadaan mayit dari anak-anak kaum Muslimin,

Telah menceritakan kepada kami Ya’qub bin Ibrahim telah menceritakan kepada kami Ibnu ‘Ulayyah telah menceritakan kepada kami ‘Abdul ‘Aziz bin Shuhaib dari Anas bin Malik radliallahu ‘anhu berkata; Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam telah bersabda: “Tidak seorang muslimpun yang ditinggal wafat oleh tiga orang anaknya yang belum baligh kecuali Allah memasukkannya ke dalam surga karena limpahan rahmatNya kepada mereka”.

Selain itu, Rasulullah Saw. juga berkata hal serupa pada Hadits Riwayat Muslim no.4768 tentang keutamaan seseorang yang ditinggal mati anaknya,

Telah menceritakan kepada kami Abu Kamil Al Jahdari Fudhail bin Husain: Telah menceritakan kepada kami Abu ‘Awanah dari ‘Abdur Rahman bin Al Ashbahani dari Abu Shalih Dzakwan dari Abu Sa’id Al Khudri dia berkata: Bahwasanya para wanita datang kepada Rasulullah seraya berkata: “Wahai Rasulullah, kaum laki-laki telah biasa mendengarkan petuah-petuahmu, maka berilah kami satu hari, sehingga kami bisa bermajelis denganmu, engkau ajarkan kepada kami dari ilmu yang telah Allah sampaikan kepadamu. Beliau bersabda: ‘Baiklah, berkumpullah kalian pada hari ini dan ini. ‘Lalu mereka pun berkumpul pada hari yang telah ditentukan. Rasulullah Saw. mengajari mereka ilmu yang telah Allah berikan kepada beliau. Kemudian beliau bersabda: “Tidak ada seorang dari kalian yang ditinggal mati oleh tiga orang dari anaknya kecuali mereka akan menjadi hijab (penghalang) baginya dari neraka.” Maka berkatalah salah satu dari mereka: ‘Bagaimana kalau dua orang? ‘Rasulullah Saw. bersabda: ‘Atau dua orang.‘ Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Al Mutsanna dan Ibnu Basysyar keduanya berkata: Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ja’far: Demikian juga diriwayatkan dari jalur lainnya, Dan telah menceritakan kepada kami ‘Ubaidullah bin Mu’adz: Telah menceritakan kepada kami Bapakku: Telah menceritakan kepada kami Syu’bah dari ‘Abdur Rahman bin Al Ashbahani melalui jalur ini dengan Hadits yang semakna. Dari Syubah dari Abdurrahman bin Al Ashbahani dia berkata: Aku mendengar Abu Hazim bercerita dari Abu Hurairah dia berkata: ‘Tiga anak yang belum baligh.’

Itu tadi adalah hadits anak yang meninggal sebelum baligh. Jika Anda telah ditinggalkan anak yang belum baligh, jangan begitu bersedih karena kelak di padang mahsyar anak tersebut akan membantu Anda.

Jika Anda membutuhkan pemakaman yang sesuai dengan syariat Islam, Al-Azhar Memorial Garden adalah jawabannya. Area pemakaman Al-Azhar Memorial Garden dilengkapi dengan walkway atau jalan setapak, sehingga Anda tidak perlu khawatir. Makam tidak akan terlangkahi, terinjak, atau bahkan terduduki oleh orang yang menziarahinya.

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom dengan tanda * wajib diisi
*

Artikel Terkait