Mengenal Hadits Surga Ditelapak Kaki Ibu

12 November 2021 by tidak ada komentar Diterbitkan di artikel

hadits surga ditelapak kaki ibu

Surga di bawah telapak kaki ibu adalah salah satu perkataan yang sering sekali kita dengar. Ibu adalah sosok yang melahirkan kita sembari bertaruh dengan nyawa. Bahkan setelah kita lahir ibu selalu merawat kita menjadi anak yang sehat dan berbakti. Hal ini tentu menjadi bukti betapa mulianya menjadi seorang ibu. Tidak heran jika banyak yang setuju jika pernyataan tersebut adalah sesuatu yang benar. Hal ini ternyata juga didukung oleh hadits. Oleh karena itu, marilah kita mempelajari hadits surga ditelapak kaki ibu berikut ini.

Hadits Surga Ditelapak Kaki Ibu

Hadits adalah segala yang disandarkan kepada Nabi Muhammad SAW, yang menjadi tumpuan umat Islam hingga saat ini. Dalam ajaran agama Islam, kitab suci Al-Quran berguna sebagai petunjuk hidup dan sumber hukum pertama. Hadits akan menjadi sumber hukum kedua yang bisa digunakan muslim dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Keberadaannya akan menjadi pelengkap serta menyempurnakan setiap ayat atau ajaran agama agar kita tidak memahaminya dengan salah.

Berikut ini adalah hadits mengenai surga yang berada di bawah telapak kaki ibu. Hadits ini dikeluarkan oleh Imam an-Nasa-i, al-Hakim dan ath-Thabrani dalam al-Mu’jamul Kabir. Mu’awiyah bin Jahimah as-Sulami bahwa ayahnya Jahimah as-Sulami Radhiyallahu anhu datang kepada Nabi Muhammad dan berkata:

يَا رَسُولَ اللَّهِ أَرَدْتُ أَنْ أَغْزُوَ وَقَدْ جِئْتُ أَسْتَشِيرُكَ فَقَالَ هَلْ لَكَ مِنْ أُمٍّ قَالَ نَعَمْ قَالَ فَالْزَمْهَا فَإِنَّ الْجَنَّةَ تَحْتَ رِجْلَيْهَا

Wahai Rasulullah! Aku ingin ikut dalam peperangan (berjihad di jalan Allah Azza wa Jalla dan aku datang untuk meminta pendapatmu.” Maka Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Apakah kamu mempunyai ibu?” Dia menjawab: “Ya.” Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Tetaplah bersamanya! Karena sesungguhnya surga ada di bawah kedua kakinya.”

Seperti yang kita tahu, jihad di jalan Allah SWT adalah salah satu hal yang akan dibalas dengan luar biasa, namun disini Rasulullah menyarankan untuk tetap menjaga ibunya karena surga berada di bawah telapak kakinya.

Berbakti kepada kedua orang tua, adalah sebuah cara bagi kita manusia untuk bisa mendapatkan ganjaran terbaik di sisi-Nya. Imam Al-Munawi mengatakan dalam kitabnya Faydhul Qadir bi Syarhil Jami’is Shaghir,

 والمعنى أن التواضع للأمهات وإطاعتهن في خدمتهن وعدم مخالفتهن إلا فيما حظره الشرع سبب لدخول الجنة 

Makna dari bersikap rendah hati kepada ibu, menaati dalam kaitannya berbakti kepadanya, dan tidak menyelisihinya kecuali pada perkara yang diharamkan oleh agama, (keseluruhannya itu) menjadi sebab untuk memasukkan seseorang ke dalam surga-Nya.”

Baca Juga: 7 Amalan Masuk Surga Tanpa Dihisab Yang Bisa Anda Lakukan

Berbakti Kepada Kedua Orang Tua

Dalam Quran Surat An Nisa ayat 36, Allah SWT berfirman tentang cara berbakti kepada orang tua.

وَاعْبُدُوا اللّٰهَ وَلَا تُشْرِكُوْا بِهٖ شَيْـًٔا وَّبِالْوَالِدَيْنِ اِحْسَانًا وَّبِذِى الْقُرْبٰى وَالْيَتٰمٰى وَالْمَسٰكِيْنِ وَالْجَارِ ذِى الْقُرْبٰى وَالْجَارِ الْجُنُبِ وَالصَّاحِبِ بِالْجَنْۢبِ وَابْنِ السَّبِيْلِۙ وَمَا مَلَكَتْ اَيْمَانُكُمْ ۗ اِنَّ اللّٰهَ لَا يُحِبُّ مَنْ كَانَ مُخْتَالًا فَخُوْرًاۙ

“Dan sembah lah Allah dan jangan lah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apa pun. Dan berbuat-baiklah kepada kedua orang tua, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga dekat dan tetangga jauh, teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahaya yang kamu miliki. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang sombong dan membanggakan diri.” 

Kita bisa memulai dengan bertutur kata dengan sopan, mendoakan mereka, memprioritaskan mereka, membuat bangga, memberi kehidupan yang layak, merawat, hingga menghormati mereka.

Itulah penjelasan mengenai hadits surga ditelapak kaki ibu. Selalu sayangi kedua orang tua kita. Niscaya kita adalah salah satu dari penghuni surga nantinya. Salah satu bakti kita adalah memberikan mereka tempat peristirahatan terakhir yang layak, bila Anda membutuhkan taman pemakaman sesuai dengan syariat Islam, maka Taman Pemakaman Islam Al-Azhar Memorial Garden bisa menjadi pilihan Anda. Kunjungi website kami sekarang juga.

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom dengan tanda * wajib diisi
*

Artikel Terkait