Fase Kehidupan Setelah Hari Kiamat

29 December 2021 by no comments Posted in artikel

fase kehidupan setelah hari kiamat

Apakah Anda tahu bahwa ketika umat manusia berpulang ke dunia akhirat, ada beberapa fase kehidupan setelah hari kiamat yang harus kita lalui. Kematian bukanlah akhir dari segalanya melainkan awal kehidupan yang baru.

Manusia tidak dapat menghindari kematian. Hal ini pun sudah tertulis dalam surat An-Nisa yang berbunyi demikian:

اَيْنَمَا تَكُوْنُوْا يُدْرِكْكُّمُ الْمَوْتُ وَلَوْ كُنْتُمْ فِيْ بُرُوْجٍ مُّشَيَّدَةٍ ۗ وَاِنْ تُصِبْهُمْ حَسَنَةٌ يَّقُوْلُوْا هٰذِهٖ مِنْ عِنْدِ اللّٰهِ ۚ وَاِنْ تُصِبْهُمْ سَيِّئَةٌ يَّقُوْلُوْا هٰذِهٖ مِنْ عِنْدِكَ ۗ قُلْ كُلٌّ مِّنْ عِنْدِ اللّٰهِ ۗ فَمَالِ هٰٓؤُلَاۤءِ الْقَوْمِ لَا يَكَادُوْنَ يَفْقَهُوْنَ حَدِيْثًا

Di manapun kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendatipun kamu berada di dalam benteng yang tinggi dan kukuh. Jika mereka memperoleh kebaikan, mereka mengatakan, “Ini dari sisi Allah,” dan jika mereka ditimpa suatu keburukan, mereka mengatakan, “Ini dari engkau (Muham-mad).” Katakanlah, “Semuanya (datang) dari sisi Allah.” Maka mengapa orang-orang itu (orang-orang munafik) hampir-hampir tidak memahami pembicaraan (sedikit pun)? (QS. An-Nisa:78)”

Ketika kita sudah memahami surat di atas, maka sudah sepantasnya jika kita mulai menabung amal perbuatan baik agar kita dapat melalui seluruh fase kehidupan setelah hari kiamat hingga akhir. Untuk itu, melalui artikel ini, Al-Azhar Memorial Garden akan memberikan informasi penting seputar 5 fase kehidupan setelah hari kiamat yang penting untuk diketahui.

5 Fase Kehidupan Setelah Hari Kiamat

Apa saja kelima fase kehidupan yang harus dilalui oleh umat manusia pada hari kiamat nanti? Berikut ini penjelasan lengkapnya:

1. Alam Barzakh

Fase pertama yang harus dilalui oleh umat manusia di alam akhirat adalah Alam Barzakh. Pada fase ini, umat manusia akan berdiri di depan pintu gerbang yang menghantarkan kita ke dunia akhirat.

Sesampainya kita di gerbang penghubung antara dunia manusia dengan dunia akhirat, malaikat Allah akan memberikan beberapa pertanyaan untuk melihat kelayakan kita sebelum memasuki gerbang tersebut. Amal perbuatan baik kita selama hidup di dunia akan dilihat sejak di Alam Barzakh.

2. Yaumul Ba’ats

Yaumul Ba’ats merupakan fase di mana umat manusia yang telah meninggal akan dibangkitkan kembali dari alam kubur. Siapapun akan dibangkitkan kembali oleh Allah SWT, tanpa terkecuali dan hali ini sudah tercantum dalam surat Al-Hajj yang berbunyi:

وَأَنَّ السَّاعَةَ آتِيَةٌ لَا رَيْبَ فِيهَا وَأَنَّ اللَّهَ يَبْعَثُ مَنْ فِي الْقُبُورِ

“Dan sungguh, (hari) Kiamat itu pasti datang, tidak ada keraguan padanya; dan sungguh, Allah akan membangkitkan siapa pun yang di dalam kubur. (QS. Al-Hajj: 6)”

3. Yaumul Hasyr/Mahsyar

Ketika umat manusia telah dibangkitkan kembali, maka kita semua akan dikumpulkan di sebuah tempat yang disebut dengan padang Mahsyar. Padang Mahsyar digambarkan dengan tanah rata yang berwarna putih membentang dan di sanalah umat manusia akan berkumpul.

Baca Juga: Arti Yaumul Mahsyar, Dalil, dan Penjelasannya

4. Yaumul Mizan/Hisab

Perbuatan manusia akan selalu dilihat dan dihitung oleh Allah. Di fase Yaumul Mizan, seluruh perbuatan kita akan ditimbang mulai dari amal perbuatan baik, hingga perbuatan buruk.

5. Yaumul Jaza

Setelah melalui fase penimbangan atau Yaumul Mizan, umat manusia akan memasuki fase pembalasan atau Yaumul Jaza. Seluruh amal perbuatan baik yang telah diperbuat tentu akan dibalas dengan nikmat surga.

Baca Juga: Pengertian Yaumul Jaza, Akhir dari Hari Kiamat

Sebaliknya, perbuatan buruk akan dibalas dengan siksa neraka. Maka dari itu, sebagai umat manusia yang tunduk akan ajaran-Nya, kita harus terus menanam dan menyebarkan amal perbuatan baik.

Jadi, itulah informasi lengkap yang dapat kami berikan seputar fase kehidupan setelah hari kiamat. Apabila Anda membutuhkan informasi mengenai ketersediaan kavling makam khusus untuk umat muslim, silakan hubungi Taman Pemakaman Islam Al-Azhar Memorial Garden Karawang sekarang juga untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *
*

Related Story