Doa Setelah Sholat Jenazah yang Wajib Dilakukan

3 September 2021 by tidak ada komentar Diterbitkan di artikel

Doa Setelah Sholat Jenazah

Melakukan sholat jenazah terhadap orang yang baru saja meninggal merupakan sebuah kewajiban. Doa setelah sholat jenazah juga harus dilakukan sehingga kita bisa memberikan syafa’at kepada orang yang baru meninggal. Mereka juga butuh pengampunan dari dosa yang dilakukan serta kehidupan di alam kubur yang jauh dari siksaan.

Rukun Sholat Jenazah

Terlebih dahulu kita harus melakukan beberapa rukun sholat jenazah sebelum mendoakannya. Pastikan jenazah yang hendak kita sholati sudah dimandikan dan dikafani terlebih dahulu, serta dilakukan. Letak jenazah juga harus diperhatikan, taruhlah di sebelah kiblat orang yang akan menyolatinya.

Hanya ada delapan rukun sholat jenazah, dan semuanya harus dilakukan dengan berdiri, pengecualian bagi yang tidak mampu berdiri sepanjang sholat. Bacalah niat terlebih dulu sebelum mulai sholat, yang berbunyi:

اُصَلِّى عَلَى هَذَاالْمَيِّتِ اَرْبَعَ تَكْبِرَاتٍ فَرْضَ الْكِفَايَةِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

Ushollii ‘alaa haadzal mayyiti arba’a takbirootin fardhol kifaayati ma’muuman lillaahi ta’aalaa. Artinya: “Saya niat sholat atas mayit ini empat kali takbir fardhu kifayah, sebagai makmum karena Allah Ta’ala.”

Setelah membaca niat, barulah kita berdiri dan melakukan takbir sebanyak empat kali, dengan mengangkat tangan di takbir pertama. Selanjutnya, kita membaca surat Al-Fatihah, sholawat Nabi dan doa untuk jenazah. Apabila sudah selesai, ucapkan salam.

Baca juga: Memahami Tata Cara Sholat Jenazah Perempuan yang Benar dalam Islam

Doa setelah Sholat Jenazah Sesuai dengan Sunnah

Tidak berhenti sampai menyolati jenazah, kita juga harus mengamalkan doa setelahnya. Mendoakan jenazah juga merupakan bagian dari sabda Nabi Muhammad SAW karena ada keistimewaannya sendiri. Ketika seorang Muslim meninggal dan disholatkan oleh sesamanya yang jumlahnya mencapai seratus orang, mereka bisa memberikan syafa’at untuk jenazah.

Bila jenazah yang didoakan adalah orang yang benar-benar Anda sayang, pastinya ingin memberikan syafa’at dan doa terbaik untuk mereka, bukan? Karena itu, amalkan doa setelah sholat jenazah ini:

  • Bahasa Arab:

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

اَللّٰهُمَّ صَلِّى عَلٰى سَيِّدِنَامُحَمَّدٍوَعَلٰى اٰلِ سَيِّدِنَامُحَمَّدٍ. اَللّٰهُمَّ بِحَقِّ الْفَتِحَةِ.اِعْتِقْ رِقَابَنَاوَرِقَابَ هٰذَاالْمَيِّتِ (هٰذِهِ الْمَيِّتَتِ) مِنَ النَّارِ٣× اَللّٰهُمَّ اَنْزِلِ الرَّحْمَةَ وَالْمَغْفِرَةَعَلٰى هٰذَالْمَيِّتِ (هٰذِهِ الْمَيِّتَتِ) وَاجْعَلْ قَبْرَهٗ(هَا)رَوْضَةًمِنَ الْجَنَّةِ.وَلاَتَجْعَلْهُ لَهٗ (لَهَا) حُفْرَةًمِنَ النِّيْرَانِ.وَصَلَّى اللّٰهُ عَلٰى خَيْرِخَلْقِهٖ سَيِّدِنَامُحَمَّدٍوَاٰلِهٖ وَصَحْبِهٖ اَجْمَعِيْنَ وَالْحَمْدُلِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

  • Romanisasi Arab:

Bismillaahirrahmaanirrahiim, Allaahumma sholli ‘alaa sayyidinaa Muhammadin wa’alaa aali sayyidinaa Muhammadin

Allaahumma bihaqqil fatihati i’tiq riqaa banaa wariqaaba haadzal mayyiti (haadzihil mayyitati) waj’al qabrahuu (haa) roudhotan minal jannati. Walaa taj’alhu lahuu (lahaa) hufratan minanniiraani. Washollallaahu ‘alaa khoiri kholqihi sayyidinaa Muhammadin wa aalihii washohbihii ajma’iina walhamdulillaahi rabbil ‘aalamiina

  • Bahasa Indonesia:

Ya Allah, curahkanlah rahmat atas junjungan kami Nabi Muhammad dan kepada keluarga Nabi Muhammad. Ya Allah, dengan berkahnya surat Al Fatihah, bebaskanlah dosa kami dan dosa mayat ini dari siksaan api neraka (3 x)

Ya Allah, curahkanlah rahmat dan berilah ampunan kepada mayat ini. Dan jadikan lah tempat kuburnya taman nyaman dari surga dan janganlah Engkau menjadikan kuburnya itu lubang jurang neraka. Semoga Allah memberi rahmat kepada semulia-mulia makhluk-Nya yaitu junjungan kami Nabi Muhammad dan keluarganya serta sahabat-sahabatnya sekalian. Segala puji bagi Allah Tuhan seluruh alam.

Baca juga: Sholat Jenazah Muslim Laki-Laki dan Perempuan Tata cara bacaan doa niat sholat

Baik sholat maupun mendoakan jenazah, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, yaitu menutup aurat, telah melakukan wudhu alias suci jasmani dari najis dan hadas, menggunakan pakaian yang bersih, dilakukan di tempat yang bersih dan harus menghadap kiblat. Bagaimanapun, kita sedang berhadapan dengan Allah SWT, jadi pastikan kita dalam keadaan suci dan niat kita juga murni. Setelah jenazah didoakan, barulah dimakamkan di lokasi pemakaman yang sudah ditentukan. Untuk makamnya, Anda bisa memilih Pemakaman Islam Al Azhar Memorial Garden, yang menyediakan prosesi pemakaman secara khidmat dan pastinya sesuai dengan syariat Islam.

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom dengan tanda * wajib diisi
*

Artikel Terkait