Bacaan Doa Mohon Ampun dari Dosa Besar

27 Oktober 2021 by tidak ada komentar Diterbitkan di artikel

doa mohon ampun dari dosa besar

Manusia tidak pernah luput dari yang namanya dosa, itulah mengapa Anda harus mengetahui bacaan doa mohon ampun dari dosa besar. Allah SWT telah memberikan kesempatan bagi para umat Islam untuk bertobat setelah melakukan dosa atau masuk ke lubang kemaksiatan. 

Bertobat menjadi cara paling tepat bagi manusia untuk mampu kembali ke jalan yang lurus. Namun, bagaimana bacaan doa untuk memohon ampun dan bertobat? Anda perlu mengikuti informasi selengkapnya di bawah ini.

Doa Mohon Ampun dari Dosa Besar

Rasulullah SAW pernah bersabda:

“Setiap bani Adam berbuat dosa dan sebaik-baik orang yang berbuat dosa adalah yang bertaubat.”

Pada dasarnya, tobat secara terminologi syariat adalah menyesal dengan sepenuh hati terhadap dosa yang terlalu dilakukannya, lalu memohon ampun (istighfar) secara lisan, bertekad untuk tidak mengulangi dosa yang sama pada masa depan, dan menghentikan kemaksiatan dari badan. 

Baca Juga: Pengertian Taubat, Macam dan Dalil tentang Taubat

Kita pasti menjadikan Rasulullah SAW sebagai panutan dengan mengikuti petuah dan kebiasaan-kebiasaan baiknya agar menjadi muslim yang baik. Kebiasaan Rasulullah SAW yang kerap dilakukan bahkan menjelang meninggal adalah mengucapkan doa tobat.

Diceritakan Aisyah RA mengatakan bahwa Nabi tidak pernah berhenti untuk mengucapkan doa tobat ketika mendekati ajal. Itulah mengapa kita sebagai umat Islam jangan sampai lupa membaca doa yang selalu diucapkan Rasulullah SAW agar diampuni Allah SWT.

Isi doanya adalah:

Subhaanaka wa bihamdik. Astaghfiruka wa atuubu ilaik.

Artinya: 

“Mahasuci Engkau dan segala puji bagi-Mu. Aku mohon ampunan-Mu. Aku bertobat kepada -Mu.”

Namun tidak berhenti di situ saja. Anda juga harus memahami bagaimana cara doa tobat yang benar. 

Baca Juga: Cara Menghapus Dosa Zina dengan 5 Amalan Berikut

Tata Cara Doa Tobat yang Benar

Inilah tata cara doa tobat yang benar untuk Anda lakukan:

  1. Memiliki niat dan hati yang ikhlas untuk bertobat dengan mencari ampunan dari Allah saja.
  2. Mau mengakui dan menyesali dosa yang telah diperbuat.
  3. Berhenti untuk melakukan dosa tersebut.
  4. Bertekad dan berjanji untuk tidak mau mengulangi dosa yang sama.
  5. Jika dosa tersebut berhubungan orang lain, harus mengembalikan hak orang yang dizalimi itu.
  6. Melakukan salat tobat.

Dengan mengikuti enam poin di atas, maka doa tobat yang Anda lakukan menjadi semakin baik lagi.

Baca juga: Apa Itu Maksiat dan Contoh Perbuatan Maksiat

Doa Tobat yang Lainnya

Jika sudah melakukan salat tobat, jangan lupa untuk beristighfar:

Astaghfirullahal Ladzii Laa Ilaaha Illaa Huwal Hayyul Qayyuumu Wa Atuubu Ilaihi.

Artinya: 

“Aku meminta pengampunan kepada Allah yang tidak ada tuhan selain Dia Yang Maha Hidup dan Berdiri Sendiri dan aku bertaubat kepadanya.”

Sebaiknya Anda membaca istighfar ini sebanyak 100 kali dengan niat dan diresapi hati yang setulus-tulusnya. Selanjutnya, baca doa sholat tobat yang diajarkan oleh Rasulullah SAW:

“Allahumma Anta Robbii Laa Ilaaha Illaa Anta, Kholaqtanii Wa Ana ‘Abduka Wa Ana ‘Ala ‘Ahdika Wa Wa’dika Mastatho’tu. A’udzu Bika Min Syarri Maa Shona’tu, Abuu-U Laka Bini’matika ‘Alayya, Wa Abuu-U Bi Dzanbii, Faghfirlii Fainnahuua Laa Yaghfirudz Dzunuuba Illa Anta”.

Artinya:

“Ya Allah Engkau adalah Tuhanku. Tidak ada sesembahan yang hak kecuali Engkau. Engkau yang menciptakanku, sedang aku adalah hamba-Mu dan aku di atas ikatan janji-Mu dan akan menjalankannya dengan semampuku. Aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat, aku mengakui-Mu atas nikmat-Mu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku pada-Mu, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni segala dosa kecuali Engkau.”

Jadi itulah penjelasan bacaan doa mohon ampun dari dosa besar. Kematian yang sudah pasti didapatkan manusia membuat Anda juga harus mempersiapkan kavling makam untuk mempersiapkan diri. Taman Pemakaman Islam Al Azhar Memorial Garden Karawang telah menyediakan taman pemakaman berdasarkan syariat Islam dan dikelola secara profesional.

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom dengan tanda * wajib diisi
*

Artikel Terkait