Doa Ketika Melayat atau Takziah Orang Meninggal

6 December 2021 by no comments Posted in artikel

doa melayat orang meninggal

Ada berbagai doa ketika Anda sedang melayat atau takziah orang meninggal. Memanjatkan doa kepada almarhum atau almarhumah memang sangat penting untuk Anda lakukan. Sebagai umat Islam yang baik, Anda patut membacakan doa melayat orang meninggal agar mendiang mendapatkan rahmat dan ampunan atas dosa-dosanya oleh Allah SWT. 

Jika memang Anda belum mengetahui apa saja jenis doa ketika sedang melayat orang meninggal, maka beberapa informasi di bawah ini perlu diketahui.

Doa Melayat Orang Meninggal

Di dalam kehidupan manusia, kematian menjadi suatu hal yang pasti. Semua manusia, bahkan seluruh makhluk hidup, pasti melewati proses ini. Selain itu kita juga harus menerima balasan atas apa yang selama ini diperbuat selama di dunia. Ada ayat dalam Al-Qur’an yang menyatakan:

كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ وَنَبْلُوكُمْ بِالشَّرِّ وَالْخَيْرِ فِتْنَةً وَإِلَيْنَا تُرْجَعُونَ

“Tiap-tiap yang bernyawa pasti akan merasakan mati. Dan kami akan menguji kamu dengan keburukan serta kebaikan sebagai cobaan. Dan hanya kepada Kamilah kamu akan dikembalikan.” (Q.s Al-Anbiya:35)

Itulah mengapa hanya kematian yang pasti di dalam kehidupan manusia. Tidak ada satupun pihak yang dapat membodohi atau menghalangi kematian.

Hal ini membuat Anda harus mengetahui beberapa bacaan atau doa ketika sedang melayat orang meninggal.

1. Doa ketika melayat

Melayat menjadi kegiatan yang dinilai sunnah. Namun sebaiknya memang Anda lakukan. Doa ketika melayat yang bisa Anda bacakan adalah:

إِنَّ لِلَّهِ مَا أَخَذَ، وَلَهُ مَا أَعْطَى وَكُلُّ شَيْءٍ عِنْدَهُ بِأَجَلٍ مُسَمَّى…فَلْتَصْبِرْ وَلْتَحْتَسِبْ

“Inna Lillahi Maa Akhozna, walahu Maa A’thoo Wakullu Syai’in ‘Indahu Bi Ajalain Musamma… Faltashbir Walatahtasib.”

Artinya: “Sesungguhnya bagi Allah, apa yang Dia ambil dan bagi-Nya juga apa yang Dia berikan. Segala sesuatu bagi-Nya ada memiliki masa-masa yang telah ditetapkan, hendaklah kamu bersabar dan memohon pahala (dari Allah).” (HR. Bukhari dan Muslim)

Doa di atas dapat mengurangi rasa sedih bagi pihak keluarga yang ditinggalkan dan memberikan pahala bagi Anda sebagai yang melayat. 

Baca Juga: Bagaimana Hukum Melayat Orang Meninggal?

2. Doa ketika berpapasan dengan kerumunan pengantar jenazah

Apakah Anda pernah berpapasan dengan kerumunan pengantar jenazah? Sebenarnya ada doa yang bisa Anda panjatkan ketika berpapasan dengan rombongan itu menurut Al-Qadhi al-imam Abu al-Mahasin al-Ruyani:

لا إله إلا الله الْحَيُّ الَّذِي لاَ يَمُوتُ

“Tidak ada Tuhan selain Allah SWT yang Maha Hidup dan tidak mati.”

Selain memanjatkan doa, Anda juga boleh memberikan penghormatan kepada almarhum atau almarhumah dengan berdiri hingga kerumunan pengantar jenazah sudah tidak terlihat atau menjauh.

3. Doa ketika orang tua meninggal

Kehilangan orang tua pasti sangat menyedihkan. Namun jangan pernah lupa untuk merelakan kepergiannya dengan mendoakannya. Supaya orang tua selalu mendapat perlindungan dan pertolongan ketika di alam kubur, Anda bisa memanjatkan doa ini:

اللّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِلْمَاءِ وَالشَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْاَبْيَضُ مِنَ الدَّ نَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارً اخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَادْخِلْهُ الجَنَّةَ وَاعِذْهُ مِنْ عَدَابِ الْقَبرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

“Wahai Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskan jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih dan sejuk. Masukkanlah dia ke surga dan lindungilah dari siksaan kubur dan fitnahnya serta siksa api neraka.”

Jadi itulah doa melayat orang meninggal yang dapat Anda panjatkan. Kematian yang sudah pasti membuat Anda harus mempersiapkan kavling makam. Taman Pemakaman Islam Al-Azhar Memorial Garden Karawang telah menyediakan taman pemakaman berdasarkan syariat Islam dan dikelola secara profesional.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *
*

Related Story