Doa Dijauhkan dari Musibah dan Masalah

26 Oktober 2021 by tidak ada komentar Diterbitkan di artikel

doa dijauhkan dari musibah

Sebagai manusia, kita tidak akan bisa memprediksikan musibah ataupun masalah apa yang akan datang. Hanya Allah SWT yang tahu akan hal ini. Namun, sebagai seorang muslim bukan berarti kita hanya bisa menerima hal tersebut, ada doa-doa yang bisa menghindarkan diri dari musibah dan marabahaya. Berikut ini adalah beberapa doa dijauhkan dari musibah dan masalah.

Doa Dijauhkan dari Musibah

Doa merupakan bentuk permohonan kita kepada yang Maha Kuasa atas berbagai macam hal, mulai dari kesehatan, rezeki, jodoh, hingga doa agar bisa terhindar dari segala macam musibah. Rasulullah telah mengajarkan kita sebagai umatnya untuk senantiasa membaca doa agar Allah memberikan perlindungan. Sebagaimana sabdanya dalam sebuah hadits:

تَعَوَّذُوا بِاللَّهِ مِنْ جَهْدِ الْبَلاَءِ وَدَرَكِ الشَّقَاءِ وَسُوءِ الْقَضَاءِ وَشَمَاتَةِ الأَعْدَاءِ

Berlindunglah kalian kepada Allah dari kerasnya musibah, turunnya kesengsaraan yang terus menerus, buruknya qadha serta kesenangan musuh atas musibah yang menimpa kalian.” (HR. Bukhari)

Doa yang didasari akan keyakinan bahwa Allah SWT. akan mengabulkannya adalah sebuah bentuk amalan yang baik. Dalam Hadits Abu Daud dan juga Tirmidzi dari Utsman bin Affan radhiyallahu ‘anhu, beliau pernah mendengar Rasulullah menganjurkan sebuah doa agar terhindar dari musibah, yaitu:

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِى لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَىْءٌ فِى الأَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Bismillahilladzi la yadhurru ma’asmihi syaiun fillardhi wala fissamai wahuwassami’ul ‘alim

Dengan menyebut nama Allah yang dengan sebab nama-Nya tidak ada sesuatu pun di bumi maupun di langit yang dapat membahayakan (mendatangkan mudharat), dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

“Barangsiapa membacanya sebanyak tiga kali ketika pagi dan petang hari, maka tidak ada sesuatu pun yang membahayakan dirinya.” (HR. Abu Dawud 4/323, At-Tirmidzi 5/465, Ibnu Majah dan Ahmad. Lihat Shahih Ibnu Majah 2/332, Al-Allamah Ibnu Baaz berpendapat, isnad hadits tersebut hasan dalam Tuhfatul Akhyar hal. 39.)

Baca juga: Sikap Menghadapi Musibah dan Pentingnya Mendoakan Orang yang Tertimpa Musibah

Doa Ketika Mendapat Musibah

Seperti yang kita ketahui, musibah bisa datang kapan saja. Sebagai seorang muslim kita harus bisa ikhlas menerima hal tersebut. Bahkan Nabi Muhammad SAW mengajarkan kita doa ketika seorang muslim tertimpa musibah ataupun mendengar kabar mengenai musibah. Doanya adalah seperti ini.

إنّاَ للهِ وإنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ اللَّهُمَّ أجِرْنِي فِي مُصِيبَتي وأَخْلِفْ لِي خَيْراً مِنْها

“Innâ lillâhi wa innâ ilaihi râji‘un. Allâhumma ajirnî fî mushîbatî wa akhlif lî khairan minhâ.”

Sesungguhnya kami adalah milik Allah, dan sungguh hanya kepada-Nya kami akan kembali. Ya Allah, karuniakanlah padaku pahala dalam musibah yang menimpaku dan berilah aku ganti yang lebih baik daripadanya.”

Jika seseorang yang tertimpa musibah, kemudian membaca doa tersebut, maka Allah SWT akan memberinya pahala dan mengganti musibah itu dengan yang lebih baik lagi.

Baca juga: 10 Manfaat Sedekah yang Harus Diketahui

Doa Dijauhkan Dari Masalah

Masalah dalam kehidupan adalah sesuatu yang harus kita hadapi. Tidak hanya secara fisik,namun juga secara mental. Untuk bisa melindungi diri dari berbagai masalah, keburukan, atau kejahatan maka kita bisa membaca doa berikut ini.

اللَّهُمَّ افْتَحْ لَنَا أَبْوَابَ الخَيْرِ وَأَبْوَابَ البَرَكَةِ وَأَبْوَابَ النِّعْمَةِ وَأَبْوَابَ الرِّزْقِ وَأَبْوَابَ القُوَّةِ وَأَبْوَابَ الصِّحَّةِ وَأَبْوَابَ السَّلَامَةِ وَأَبْوَابَ العَافِيَةِ وَأَبْوَابَ الجَنَّةِ اللَّهُمَّ عَافِنَا مِنْ كُلِّ بَلَاءِ الدُّنْيَا وَعَذَابِ الآخِرَةِ وَاصْرِفْ عَنَّا بِحَقِّ القُرْآنِ العَظِيْمِ وَنَبِيِّكَ الكَرِيْمِ شَرَّ الدُّنْيَاوَعَذَابَ الآخِرَةِ،غَفَرَ اللهُ لَنَا وَلَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ، سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ العِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلَامٌ عَلَى المُرْسَلِيْنَ وَ الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَلَمِيْنَ

Allāhummaftah lanā abwābal khair, wa abwābal barakah, wa abwāban ni’mah, wa abwābar rizqi, wa abwābal quwwah, wa abwābas shihhah, wa abwābas salāmah, wa wa abwābal ‘āfiyah, wa abwābal jannah. Allāhumma ‘āfinā min kulli balā’id duniyā wa ‘adzābil ākhirah, washrif ‘annā bi haqqil Qur’ānil ‘azhīm wa nabiiyikal karīm syarrad duniyā wa ‘adzābal ākhirah. Ghafarallāhu lanā wa lahum bi rahmatika yā arhamar rāhimīn. Subhāna rabbika rabbil ‘izzati ‘an mā yashifūn, wa salāmun ‘alal mursalīn, walhamdulillāhi rabbil ‘ālamīn.”

Ya Allah, bukalah bagi kami pintu kebaikan, pintu keberkahan, pintu kenikmatan, pintu rezeki, pintu kekuatan, pintu kesehatan, pintu keselamatan, pintu afiyah, dan pintu surga. Ya Allah, jauhkan kami dari semua ujian dunia dan siksa akhirat. Palingkan kami dari keburukan dunia dan siksa akhirat dengan hak Al Quran yang agung dan derajat nabi-Mu yang pemurah. Semoga Allah mengampuni kami dan mereka. Wahai, zat yang maha pengasih. Maha suci Tuhanmu, Tuhan keagungan, dari segala yang mereka sifatkan. Semoga salam tercurah kepada para rasul. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam.”

Nah itulah beberapa doa dijauhkan dari musibah dan masalah yang bisa Anda panjatkan agar senantiasa berada dalam perlindungan Allah SWT. Bila Anda tertimpa musibah di mana kerabat meninggalkan Anda, maka Taman Pemakaman Islam Al-Azhar Memorial Garden siap membantu berbagai macam kebutuhan Anda. Kunjungi website kami sekarang juga untuk informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom dengan tanda * wajib diisi
*

Artikel Terkait