Dalil AlQuran Tentang Hari Kiamat

7 February 2022 by no comments Posted in artikel

dalil alquran tentang hari kiamat

Ada beberapa dalil AlQuran tentang hari kiamat. Sebagai Muslim, mempercayai adanya hari kiamat adalah bagian dari rukun iman. Kita harus percaya bahwa kelak kiamat akan terjadi dan semua kehidupan di bumi beserta isinya akan binasa. Kapan dan bagaimana kiamat akan terjadi, tidak ada yang tahu, kecuali Allah SWT.

Dalam Al-Qur’an, ada beberapa ayat yang menjelaskan dan menggambarkan bagaimana hari kiamat akan terjadi nanti. Allah SWT. telah memberikan peringatan ini agar kita sebagai manusia dapat mempersiapkan ibadah sebanyak mungkin selama kita masih memiliki kesempatan untuk hidup di dunia ini.

4 Dalil AlQuran Tentang Hari Kiamat

Apa saja ayat Al-Qur’an yang menjelaskan tentang hari akhir atau hari kiamat? Yuk simak beberapa dalil Al-Qur’an tentang hari kiamat di bawah ini:

1. Az-Zumar ayat 68

Dalil Al-Qur’an tentang hari akhir terdapat pada surah Az-Zumar ayat 68. Ayat ini menjelaskan tentang peristiwa-peristiwa yang akan terjadi pada hari kiamat, serta penantian manusia yang akan dilalui setelah para malaikat meniup sangkakala.

Berikut bagaimana surah Az-Zumar ayat 68 berbunyi, “Wa nufikha fiṣṣụri faṣa’iqa man fis-samāwāti wa man fil-arḍi illā man syā`allāh, summa nufikha fīhi ukhrā fa iżā hum qiyāmuy yanẓurụn

Artinya, “Dan ditiuplah sangkakala, maka matilah siapa yang di langit dan di bumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sangkakala itu sekali lagi, maka tiba-tiba mereka berdiri menunggu (putusannya masing-masing).”

Baca Juga: Fase Kehidupan Setelah Hari Kiamat

2. Al-Qariah ayat 1-5

Surah Al-Qariah ayat 1-5 mengingatkan kepada manusia bagaimana hari kiamat akan terjadi. Allah SWT. memberitahu kita bagaimana hari kiamat akan terjadi dengan pengandaian yang bisa dipahami oleh manusia.

Berikut adalah bunyi dari surah Al-Qariah ayat 1-5, “Al-qāri’ah, mal-qāri’ah, wa mā adrāka mal-qāri’ah, yauma yakụnun-nāsu kal-farāsyil-mabṡụṡ, wa takụnul-jibālu kal-‘ihnil-manfụsy

Artinya, “Hari kiamat, apakah hari kiamat itu? Tahukah kamu apakah hari Kiamat itu? Pada hari itu manusia seperti anai-anai yang bertebaran, dan gunung-gunung seperti bulu yang dihambur-hamburkan.”

Baca Juga: Bagaimana Keadaan Manusia pada Hari Kiamat Nanti?

3. Al-Araf ayat 187

Dalam ayat ini, Allah SWT. menegaskan bahwa pengetahuan tentang hari kiamat adalah kepastian yang hanya dimiliki olehNya.

Berikut adalah bunyi dari surah Al-Araf ayat 187, “Yas`alụnaka ‘anis-sā’ati ayyāna mursāhā, qul innamā ‘ilmuhā ‘inda rabbī, lā yujallīhā liwaqtihā illā huw, saqulat fis-samāwāti wal-arḍ, lā ta`tīkum illā bagtah, yas`alụnaka ka`annaka ḥafiyyun ‘an-hā, qul innamā ‘ilmuhā ‘indallāhi wa lākinna akṡaran-nāsi lā ya’lamụn

Artinya, “Mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang Kiamat, ‘Kapan terjadi?’ Katakanlah, ‘Sesungguhnya pengetahuan tentang Kiamat itu ada pada Tuhanku; tidak ada (seorang pun) yang dapat menjelaskan waktu terjadinya selain Dia. (Kiamat) itu sangat berat (huru-haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi, tidak akan datang kepadamu kecuali secara tiba-tiba.’ Mereka bertanya kepadamu seakan-akan engkau mengetahuinya. Katakanlah (Muhammad), ‘Sesungguhnya pengetahuan tentang (hari Kiamat) ada pada Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.’”

Baca Juga: 4 Perbedaan Kiamat Sugra dan Kubra

4. An-Nisa ayat 42

Dalam surah ini, Allah SWT. menjelaskan tentang keadaan orang-orang kafir dan orang-orang yang mendurhakai Rasulullah SAW. pada hari kiamat kelak.

Berikut bunyi dari surah An-Nisa ayat 42, “Yauma`iżiy yawaddullażīna kafarụ wa ‘aṣawur-rasụla lau tusawwā bihimul-arḍ, wa lā yaktumụnallāha ḥadīṡā

Artinya, “Di hari itu orang-orang kafir dan orang-orang yang mendurhakai rasul, ingin supaya mereka disama-ratakan dengan tanah, dan mereka tidak dapat menyembunyikan (dari Allah) sesuatu kejadian pun.”

Kita sebagai umat Muslim memang sewajarnya takut kepada kedatangan hari akhir karena kedatangannya bisa terjadi kapan saja, maka dari itu kita harus selalu mempersiapkannya dengan beribadah dengan rajin.Jika Anda sedang mencari pemakaman, Al Azhar Memorial Garden menyediakan kavling makam dengan berbagai ukuran dan pelayanan terbaik yang bisa Anda dapatkan. Klik di sini untuk mengetahui informasi selengkapnya. Semoga artikel tentang dalil Al-Qur’an tentang hari kiamat ini dapat membantu Anda menjadi Muslim yang semakin taat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *
*

Related Story