5 Ciri Ciri Wanita Sholehah Penghuni Surga

12 November 2021 by tidak ada komentar Diterbitkan di artikel

ciri ciri wanita sholehah penghuni surga

Setiap orang pasti ingin memasuki kehidupan kekal di surga, khususnya bagi para perempuan sholehah. Namun, apakah Anda tahu apa saja ciri ciri wanita sholehah penghuni surga?

Hadits dari ‘Abdurrahman bin ‘Auf mengatakan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda demikian:

إِذَا صَلَّتِ الْمَرْأَةُ خَمْسَهَا وَصَامَتْ شَهْرَهَا وَحَفِظَتْ فَرْجَهَا وَأَطَاعَتْ زَوْجَهَا قِيلَ لَهَا ادْخُلِى الْجَنَّةَ مِنْ أَىِّ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ شِئْتِ

“Jika seorang wanita selalu menjaga shalat lima waktu, juga berpuasa sebulan (di bulan Ramadhan), serta betul-betul menjaga kemaluannya (dari perbuatan zina) dan benar-benar taat pada suaminya, maka dikatakan pada wanita yang memiliki sifat mulia ini, “Masuklah dalam surga melalui pintu mana saja yang engkau suka.”

Setiap wanita yang menjalankan hidupnya sesuai dengan apa yang Allah ajarkan dan perintahkan, niscaya akan mendapatkan kehidupan kekal di surga ketika mereka memasuki dunia akhirat. Gambaran mengenai surga ini juga tertulis di dalam surat Al Waqiah, yaitu:

وَالسّٰبِقُوْنَ السّٰبِقُوْنَۙ

اُولٰۤىِٕكَ الْمُقَرَّبُوْنَۚ

فِيْ جَنّٰتِ النَّعِيْمِ

ثُلَّةٌ مِّنَ الْاَوَّلِيْنَۙ

وَقَلِيْلٌ مِّنَ الْاٰخِرِيْنَۗ

عَلٰى سُرُرٍ مَّوْضُوْنَةٍۙ

مُّتَّكِـِٕيْنَ عَلَيْهَا مُتَقٰبِلِيْنَ

يَطُوْفُ عَلَيْهِمْ وِلْدَانٌ مُّخَلَّدُوْنَۙ

بِاَكْوَابٍ وَّاَبَارِيْقَۙ وَكَأْسٍ مِّنْ مَّعِيْنٍۙ

لَّا يُصَدَّعُوْنَ عَنْهَا وَلَا يُنْزِفُوْنَۙ

وَفَاكِهَةٍ مِّمَّا يَتَخَيَّرُوْنَۙ

وَلَحْمِ طَيْرٍ مِّمَّا يَشْتَهُوْنَۗ

“Dan orang-orang yang paling dahulu beriman, merekalah yang paling dulu (masuk Surga). Mereka itulah orang yang didekatkan (kepada Allah). Berada dalam Surga kenikmatan. Segolongan besar dari orang-orang yang terdahulu dan segolongan kecil dari orang-orang yang kemudian. Mereka berada di atas dipan yang bertahtakan emas dan permata seraya bertelekan di atasnya berhadap-hadapan. Mereka dikelilingi oleh anak-anak muda yang tetap muda dengan membawa gelas, cerek, dan sloki (piala) berisi minuman yang diambil dari air yang mengalir, mereka tidak pening karenanya dan tidak pula mabuk dan buah-buahan dari apa yang mereka pilih dan daging burung dari apa yang mereka inginkan. (QS. Al Waqiah : 10-21)”

Baca Juga: 3 Ayat Al-Quran tentang Surga dan Neraka

Jika Anda ingin memasuki kehidupan kekal di surga, maka silakan simak informasi yang akan Al Azhar Memorial Garden berikan melalui artikel ini mengenai ciri-ciri wanita sholehah penghuni surga. Dengan demikian, Anda dapat menjalankan kehidupan sesuai dengan apa yang Allah perintahkan kepada umat manusia-Nya.

Apa Saja Ciri-ciri Wanita Sholehah Penghuni Surga?

Berikut ini, ada 5 ciri-ciri dari wanita sholehah yang akan menjadi penghuni surga, yaitu:

1. Menjalankan Sholat 5 Waktu

Setiap umat muslim wajib menjalankan sholat 5 waktu. Oleh karena itu, wanita sholehah penghuni surga sudah sepantasnya untuk menjalankan sholat 5 waktu sebagai salah satu bentuk perbuatan amal baik yang kelak akan dilihat oleh Allah saat Yaumul Mizan nanti.

2. Menutup Aurat

Sesuai dengan hadits dari ‘Abdurrahman bin ‘Auf pada pembukaan artikel ini, wanita sholehah yang menjaga kemaluannya akan mendapatkan tempat di surga ketika memasuki dunia akhirat nanti. Seorang wanita sholehah harus dapat menjaga diri dengan menutup auratnya, khususnya sebelum menikah.

3. Memiliki Kepribadian yang Sabar

Wanita sholehah adalah wanita yang memiliki kepribadian yang sabar. Sifat sabar ini berarti Anda harus mampu memberikan pengampunan bagi siapapun yang melakukan kesalahan dan berlapang dada.

4. Taat Kepada Suami

Allah sayang pada wanita sholehah yang taat kepada suami. Maka dari itu, taat dan jalankan kewajiban Anda sebagai seorang istri dalam membantu suami untuk membangun keluarga yang sesuai dengan apa yang Allah sabdakan kepada umat-Nya.

5. Tidak Memiliki Prasangka yang Buruk

Seorang wanita sholehah janganlah memiliki prasangka yang buruk. Seseorang yang suka berprasangka buruk sama saja dengan orang yang memiliki hati iri, dengki, dan busuk sehingga Allah tidak suka terhadap orang-orang seperti itu.


Sekian informasi yang dapat kami sampaikan kepada Anda mengenai ciri ciri wanita sholehah penghuni surga. Sebagai informasi tambahan, kami menyediakan kavling kuburan yang sudah disesuaikan dengan fatwa MUI dan jika Anda ingin mengetahui informasi seputar tipe kavling kuburan yang tersedia beserta harganya, silakan hubungi Al Azhar Memorial Garden sekarang juga.

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom dengan tanda * wajib diisi
*

Artikel Terkait