Cara Menghapus Dosa Zina dengan 5 Amalan Berikut

26 Oktober 2021 by tidak ada komentar Diterbitkan di artikel

cara menghapus dosa zina

Perubahan zaman saat ini seakan-akan menciptakan dunia tanpa ada batasan. Pengendalian diri yang tidak ketat dan iman yang kurang bisa menyebabkan seorang manusia bisa melakukan dosa besar. Salah satunya adalah dosa zina. Pengaruh budaya bebas yang tak terbendung membuat orang-orang terjerumus dalam dosa ini. Namun, Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang selalu membukakan pintu maafnya. Berikut ini adalah cara menghapus dosa zina dengan amalan-amalan tertentu.

Cara Menghapus Dosa Zina

Zina dalam islam didefinisikan sebagai perbuatan keji yang dilakukan oleh pria dan wanita dan terjadi persetubuhan di antara keduanya. Perbuatan ini bahkan dikutuk oleh Allah SWT.

 الزَّانِيَةُ وَالزَّانِي فَاجْلِدُوا كُلَّ وَاحِدٍ مِنْهُمَا مِائَةَ جَلْدَةٍ ۖ وَلَا تَأْخُذْكُمْ بِهِمَا رَأْفَةٌ فِي دِينِ اللَّهِ إِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ ۖ وَلْيَشْهَدْ عَذَابَهُمَا طَائِفَةٌ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ

Perempuan yang berzina dan laki-laki yang berzina, maka deralah tiap-tiap seorang dari keduanya seratus dali dera, dan janganlah belas kasihan kepada keduanya mencegah kamu untuk (menjalankan) agama Allah, jika kamu beriman kepada Allah, dan hari akhirat, dan hendaklah (pelaksanaan) hukuman mereka disaksikan oleh sekumpulan orang-orang yang beriman”. (QS An Nur ayat 2)

Adapun bahaya perbuatan zina adalah sebagai berikut: 

  • Mendapatkan dosa yang sangat besar. 
  • Hilang cahaya dari wajahnya sehingga terlihat kusam dan muram. 
  • Martabat dan harga diri yang rusak di hadapan Allah SWT dan manusia. 
  • Mendapatkan sanksi sosial jika diketahui masyarakat. 
  • Pelaku zina akan disempitkan hatinya oleh Allah SWT.
  • Allah SWT akan mencampakkan pelaku zina dan membuatnya tidak pernah cukup atas semua yang telah dimilikinya. 

Bila Anda pernah melakukan dosa besar ini, maka beberapa amalan di bawah ini akan bisa membantu dalam mengurangi dosa besar zina ini.

Baca juga: Apa Itu Maksiat dan Contoh Perbuatan Maksiat

Amalan-amalan Penghapus Dosa Zina

Berikut ini beberapa amalan yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan dosa zina.

1. Taubat Nasuha

Untuk menghapus dosa zina maka seseorang haruslah bertaubat secara sungguh-sungguh. Sadari hal yang telah Anda perbuat, dan niatkan dari hati dan untuk menyesali perbuatan tersebut. Allah memberikan janji bahwa Ia akan mengampuni dosa-dosa hambanya yang melakukan kesalahan sebagaimana yang disebutkan dalam firman Allah SWT surat At Tahrim ayat 8:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا تُوبُوا إِلَى اللَّهِ تَوْبَةً نَصُوحًا عَسَىٰ رَبُّكُمْ أَنْ يُكَفِّرَ عَنْكُمْ سَيِّئَاتِكُمْ وَيُدْخِلَكُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ يَوْمَ لَا يُخْزِي اللَّهُ النَّبِيَّ وَالَّذِينَ آمَنُوا مَعَهُ ۖ نُورُهُمْ يَسْعَىٰ بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَبِأَيْمَانِهِمْ يَقُولُونَ رَبَّنَا أَتْمِمْ لَنَا نُورَنَا وَاغْفِرْ لَنَا ۖ إِنَّكَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuha (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, pada hari ketika Allah tidak menghinakan Nabi dan orang-orang mukmin yang bersama dia; sedang cahaya mereka memancar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, sambil mereka mengatakan: “Ya Rabb kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami; Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu”. (QS At tahrim ayat 8)

Baca juga: Bacaan Doa Mohon Ampun dari Dosa Besar

2. Sholat Taubat

Sholat taubat ini bukanlah sesuatu yang akan bisa menjamin bahwa taubat bisa diterima langsung begitu saja. Ada banyak hal lain yang harus dilakukan agar taubat bisa diterima oleh Allah SWT. Manfaat sholat taubat sendiri yaitu guna menghapus perbuatan dosa yang pernah dilakukan sebelumnya.

3. Dzikir dan Istighfar yang Banyak

Memperbanyak dzikir dan istighfar adalah amalan untuk menghapuskan dosa-dosa kita. Kalimat istighfar adalah bentuk permohonan ampun dari Allah SWT agar dosa-dosa seseorang dapat dihilangkan dengan terus menyebut nama Allah SWT. 

4. Dekatkan Diri Dengan Al-Qur’an

Al-Qur’an dapat menjernihkan hati pembacanya sekaligus bisa menghapuskan dosa.. Sebagaimana yang disebutkan dalam hadits berikut ini.

Bacalah Al Qur`an, karena sesungguhnya ia akan datang pada hari kiamat untuk memberikan syafa`at kepada pembacanya” (HR. Muslim)

5. Menyesali Perbuatan

Penyesalan menjadi hal pertama yang harus Anda lakukan. Penyesalan ketika sudah berbuat zina dapat mengembalikan Anda pada jalan yang benar dan kembali pada Allah SWT. 

Itulah cara menghapus dosa zina melalui amalan-amalan baik kepada Allah SWT. Selalu jaga diri agar bisa terhindar dari dosa-dosa besar yang membawa kerugian. Bila Anda membutuhkan taman pemakaman sesuai dengan syariat Islam, maka Taman Pemakaman Islam Al-Azhar Memorial Garden Karawang bisa menjadi pilihan Anda. Kunjungi website kami sekarang juga.

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom dengan tanda * wajib diisi
*

Artikel Terkait