4 Doa yang Bisa Dibacakan Untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal

29 December 2021 by no comments Posted in artikel

cara mendoakan orang tua yang sudah meninggal

Jika Anda sedang mencari cara mendoakan orang tua yang sudah meninggal, berarti Anda telah menjadi umat muslim yang baik dengan berbakti terhadap almarhum orang tua Anda seperti yang diajarkan dalam ajaran Islam.

Dalam ajaran Islam, kedudukan orang tua begitu mulia, seperti yang dikutip dari HR Bukhari dan Muslim yang mengatakan bahwa Rasulullah saw. pernah bersabda:

Maukah kalian kuberitahukan tentang dosa besar yang terbesar?” Maka para sahabat mengatakan, “Tentu mau wahai Rasulullah”. Maka beliau mengatakan, “Yaitu mempersekutukan Allah dan durhaka kepada kedua orang tua.

Begitu mulianya kedudukan orang tua hingga durhaka kepada mereka termasuk ke dalam salah satu dosa terbesar yang bisa dilakukan oleh manusia. Maka dari itu, kita harus berbakti kepada orang tua kita selama mereka masih hidup.

Namun, berbakti kepada orang tua tidak hanya dilakukan ketika mereka masih hidup, bahkan ketika orang tua kita sudah meninggal pun kita masih bisa berbakti kepada mereka. Seperti yang dikutip dari HR Muslim:

Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.

Dengan tetap mendoakan orang tua yang telah meninggal, berarti kita juga tetap berbakti kepada mereka.

Bagaiamana Cara Mendoakan Orang Tua yang Sudah Meninggal?

Berikut adalah cara mendoakan orang tua yang sudah meninggal:

Rabbighfir lī, wa li wālidayya, warham humā kamā rabbayānī shaghīrā.

Yang artinya, “Tuhanku, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orang tuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu aku kecil.”

Lalu, Anda bisa membaca doa untuk memohon ampun atas doa orang tua Anda yang telah meninggal kepada Allah Swt. sebagai berikut:

Allaahummaghfirlii dzunuubii waliwaalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii shoghiiro, waliljamii’il muslimiina walmuslimaati, walmu’miniina wal mu’minaati Al ahyaa’i minhum wal amwaati, wataabi’ bainanaa wa bainahum bil khoiraati, robbighfir warham wa annta khoirur roohimiin, walaa haula walaa quwwata illaa billaahil’aliyyil adhiimi,

Yang artinya, “Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya sebagaimana beliau berdua merawatku ketika aku masih kecil, begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, semua orang yang beriman, laki-laki maupun perempuan yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia, dan ikutkanlah di antara kami dan mereka dengan kebaikan. Ya Allah, berilah ampun dan belas kasihanilah karena Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan-Mu.”

Baca Juga: 6 Cara Mengirim Doa Untuk Orang yang Sudah Meninggal Dunia

Setelah membaca doa-doa tersebut, selanjutnya Anda bisa melanjutkannya dengan doa sapu jagad dan shalawat nabi sebagai berikut:

Rabbanā ātina fid duniā hasanah, wa fil ākhirati hasanah, wa qinā ‘adzāban nār. Subhāna rabbika rabbil ‘izzati ‘an mā yashifūna, wa salāmun ‘alal mursalīna, wa shallallāhu ‘alā sayyidinā Muhammadin, wa ‘alā ālihī, wa shahbihī, wa sallama, wal hamdulillāhi rabbil ‘alamīn.

Yang artinya, “Tuhan kami, berikanlah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat. Lindungi kami dari siksa api neraka. Maha suci Tuhanmu, Tuhan pemilik kemuliaan, dari segala yang mereka gambarkan. Semoga kesejahteraan melimpah untuk para rasul. Semoga Allah melimpahkan shalawat dan salam kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan sahabatnya. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam.”

Baca Juga: Doa Tahlilan Orang Meninggal

Lalu, Anda bisa mengakhirinya dengan membaca surah Al-Fatihah.

Jika Anda sedang mencari pemakaman, Taman Pemakaman Muslim Al-Azhar Memorial Garden menyediakan taman pemakaman berdasarkan syariat Islam dan dikelola secara profesional.

Semoga cara mendoakan orang tua yang sudah meninggal ini dapat membantu Anda agar tetap bisa berbakti kepada orang tua Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *
*

Related Story