Cara Memasang Batu Nisan Menurut Islam

29 Desember 2021 by tidak ada komentar Diterbitkan di artikel

cara memasang batu nisan

Cara memasang batu nisan dengan benar salah satunya adalah memerhatikan detil yang akan dituliskan di batu nisan tersebut, jika ada yang salah akan sulit untuk diganti atau bahkan harus membuat batu nisan baru.

Memasang batu nisan sendiri dilakukan untuk mempermudah mengidentifikasi kuburan saat anggota keluarga ingin berziarah.

Lalu, bagaimana cara memasang batu nisan dengan benar? Mari simak penjelasannya yang berdasarkan ajaran Islam.

Bagaimana Cara Memasang Batu Nisan Sesuai Ajaran Islam?

Memasang batu nisan di atas kuburan merupakan anjuran syariat yang telah dicontohkan langsung oleh Nabi Muhammad saw. sebagaimana yang dijelaskan oleh Imam Khatib asy-Syarbini dalam bukunya yang berjudul al-Iqna’,

“Hendaklah meletakkan batu, kayu, atau benda serupa di atas makam pada bagian kepala jenazah. Karena Rasulullah saw. meletakkan batu besar di atas makam bagian kepala Utsman bin Mazh‘un. Rasulullah saw. bersabda ketika itu, ‘Dengan batu ini, aku menandai makam saudaraku agar di kemudian hari aku dapat memakamkan keluargaku yang lain di dekat makam ini.’”

Selanjutnya, jika Anda ingin memperbarui batu nisan pada kuburan anggota keluarga Anda, tidak boleh dilakukan tanpa berkonsultasi dengan ahli. Anda harus berkonsultasi kepada ahli untuk memprediksi apakah jenazah yang ada di dalam sudah rusak atau belum. Jika jenazah dapat dipastikan sudah rusak atau membusuk dengan tanah, maka pencabutan batu nisan dapat dilakukan.

Jika kita asal mencabut batu nisan tanpa memerhatikan apakah jenazah sudah rusak atau belum, dikhawatirkan kita akan mendapati jenazah yang masih dalam proses membusuk saat menggali kuburan baru.

Biasanya, mayat manusia akan membusuk di dalam tanah dalam kisaran kurun waktu antara 10 hingga 15 tahun. Setelah waktu itu berlalu, biasanya yang tersisa dari jenazah tersebut hanya lah kerangka tulangnya.

Bagaimana Hukum Menghias Makam Dalam Islam?

Banyak orang-orang yang ingin menghias makam dari anggota keluarganya agar tidak terkesan terlihat menyeramkan, namun sebelum melakukan itu Anda harus mempelajari hukumnya terlebih dahulu.

Baca Juga: Hukum Membangun Kuburan di Mata Islam

Larangan dalam mengijing atau menghias kuburan adalah makruh menurut para ulama ketika tidak ada hajat dan jenazah dikuburkan pada tanah milik pribadi.

Namun, jika kuburan jenazah dikuburkan pada pemakaman umum dan dibuat sebuah bangungan di atasnya atau dihias, maka hukumnya adalah haram dan kita diwajibkan untuk membongkar bangungan tersebut.

Syekh Zainuddin al-Maliabar pada kitab Fath al-Mu’in menjelaskan,

Makruh membangun kuburan, sebab adanya larangan syara’. Kemakruhan ini ketika tanpa adanya hajat, seperti khawatir dibongkar, dirusak hewan atau diterjang banjir. Hukum makruh membangun kuburan ini ketika mayit dikubur di tanah miliknya sendiri, jika membangun kuburan dengan tanpa adanya hajat atau memberi kubah pada kuburan ini di pemakaman umum, yakni tempat yang biasa digunakan masyarakat setempat untuk mengubur jenazah, baik diketahui asalnya dan keumumannya atau tidak, atau dikuburkan di tanah wakaf, maka membangun kuburan tersebut hukumnya haram dan wajib dibongkar, sebab kuburan tersebut akan menetap selamanya meski setelah hancurnya mayit, dan akan menyebabkan mempersempit umat muslim tanpa adanya tujuan” (Syekh Zainuddin al-Maliabar, Fath al-Mu’in, hal. 219).

Maka dari itu, untuk batu nisan pun pasang yang biasa saja, tidak perlu yang megah karena tujuan utama batu nisan adalah untuk mengidentifikasi makam saja.

Baca Juga: Hukum Memindahkan Makam Dalam Kacamata Islam

Al-Azhar Memorial Garden, Pemakaman yang Memenuhi Syariat Islam

Jika Anda sedang mencari pemakaman yang memenuhi syariat Islam, Pemakaman Islam Al-Azhar Memorial Garden bisa jadi jawabannya. Al-Azhar dikelola secara profesional sehingga menjadi salah satu komplek taman pemakaman terbaik. Kunjungi website resmi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Semoga bacaan tadi dapat membantu Anda mengerti lebih dalam mengenai tata cara memasang batu nisan dalam Islam.

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom dengan tanda * wajib diisi
*

Artikel Terkait