Pandangan Mengenai Bayi Meninggal dalam Kandungan Menurut Islam

12 November 2021 by tidak ada komentar Diterbitkan di artikel

bayi meninggal dalam kandungan menurut islam

Kehadiran buah hati di tengah-tengah keluarga adalah salah satu hal yang paling dinantikan calon orang tua. Namun jika Allah berkehendak lain, hal maka tidak ada yang bisa kita lakukan. Janin yang berada di dalam kandungan seorang ibu bisa saja meninggal sewaktu-waktu. Bisa karena keguguran ataupun lahir mati (stillbirth). Namun, Allah tidak akan membiarkan umatnya tersiksa dengan hal ini. Seperti inilah penjelasan mengenai bayi meninggal dalam kandungan menurut Islam.

Bayi Meninggal dalam Kandungan Menurut Islam

Perasaan sedih tentu akan melanda para orang tua yang mengalami hal ini. Penantian akan hadirnya buah hati berubah menjadi kesedihan ketika meninggal dalam kandungan. Tapi, Allah SWT telah menyiapkan balasan bagi ibu yang bersabar menghadapi ujian kehilangan si buah hati dengan sebaik-baiknya ganjaran.

Dalam Islam, apabila ada orang tua yang mengalami kejadian ini, maka akan ada banyak balasan yang baik diberikan oleh Allah SWT. Beberapa diantaranya adalah:

1. Dibuatkan rumah di Baitul Hamdi

عن أبي موسى الأشعريِّ رضيَ اللهُ عنه أنَّ رسولَ اللهِ صلَّى اللهُ عليه وسلم قال : (إِذَا ماتَ ولدُ العَبْدِ ، قالَ اللهُ لمَلَائِكَتِهِ : قَبَضْتُمْ وَلَدَ عَبْدِي ؟ فَيَقُولُونَ : نَعَمْ . فَيَقُولُ: قَبَضْتُم ثَمَرَةَ فُؤَادِهِ ؟ فَيَقُولُونَ : نَعَمْ . فَيَقُولُ : مَاْذَا قالَ عَبْدِيْ ؟ فَيَقُولُونَ : حَمِدَكَ وَاسْتَرْجَعَ . فَيَقُولُ اللّهُ : ابْنُوا لِعَبْدِيْ بَيْتًا فِيْ الجَنَّةِ وَسَمُّوهُ بيتَ الحَمْدِ) رواه الترمذي

Dari Abu Musa al-Asy’ari, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Apabila anak seorang hamba meninggal dunia, maka Allah bertanya kepada malaikat, ‘Apakah kalian mencabut nyawa anak hamba-Ku?‘ Mereka menjawab, ‘Ya’. Allah bertanya lagi, ‘Apakah kalian mencabut nyawa buah hatinya?‘ Mereka menjawab, ‘Ya’. Allah bertanya lagi, ‘Apa yang diucapkan hamba-Ku?‘ Malaikat menjawab, ‘Dia memuji-Mu dan mengucapkan inna lillahi wa inna ilaihi rajiun‘. Kemudian Allah berfirman, ‘Bangunkan untuk hamba-Ku satu rumah di surga. Beri nama rumah itu dengan Baitul Hamdi (rumah pujian)‘.” (HR. Tirmidzi dan dihasankan Al-Albani)

2. Anak Tersebut Akan Masuk Surga

Dari Anas bin Malik radhiallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَا مِنَ النَّاسِ مِنْ مُسْلِمٍ يُتَوَفَّى لَهُ ثَلاَثٌ لَمْ يَبْلُغُوا الْحِنْثَ ، إِلاَّ أَدْخَلَهُ اللَّهُ الْجَنَّةَ بِفَضْلِ رَحْمَتِهِ إِيَّاهُمْ

Tidaklah seorang muslim yang ditinggal mati oleh tiga anaknya, yang belum baligh, kecuali Allah akan memasukkannya ke dalam surga dengan rahmat yang Allah berikan kepadanya.” (HR. Bukhari)

Baca Juga: 7 Amalan Masuk Surga Tanpa Dihisab Yang Bisa Anda Lakukan

3. Menjadi Tameng Dari Api Neraka

Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ مَاتَ لَهُ ثَلاَثَةٌ مِنَ الْوَلَدِ لَمْ يَبْلُغُوا الْحِنْثَ كَانَ لَهُ حِجَابًا مِنَ النَّارِ ، أَوْ دَخَلَ الْجَنَّةَ

Siapa yang ditinggal mati tiga anaknya yang belum baligh, maka anak itu akan menjadi hijab (tameng) baginya dari neraka, atau dia akan masuk surga.” (HR. Bukhari)

4. Nabi Ibrahim Akan Mengasuh Mereka

Dituturkan oleh Rasulullah:

Lalu kami mendatangi sebuah kebun yang secara merata berisi warna musim semi, di antara dua tepi kebun terdapat seseorang yang jangkung, yang nyaris aku belum pernah melihat manusia yang kepalanya memanjang di langit seperti itu, dan di sekitar orang itu terdapat banyak anak-anak kecil yang pernah aku lihat. Saya bertanya, ‘Apa ini sebenarnya, mereka ini siapa?’ Adapun laki-laki jangkung dalam taman, ia adalah Ibrahim ‘alaihissalam, adapun anak-anak di sekitarnya adalah bayi yang mati di atas fitrah.” Kemudian sahabat bertanya, “Ya Rasulullah, juga anak orang-orang musyrik?” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Juga anak-anak orang-orang musyrik!” (HR. Bukhari).

Seperti itulah pandangan Islam mengenai bayi yang meninggal di dalam kandungan. Hal ini memang sesuatu yang sangat menyedihkan, namun Allah yang sayang dengan umatnya akan memberikan balasan sebaik-baiknya bagi anak tersebut dan juga orang tuanya. Bila Anda membutuhkan taman pemakaman sesuai dengan syariat Islam, maka Taman Pemakaman Islam Al-Azhar Memorial Garden bisa menjadi pilihan Anda. Kunjungi website kami sekarang juga.

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom dengan tanda * wajib diisi
*

Artikel Terkait