3 Ayat Al-Quran tentang Surga dan Neraka

11 November 2021 by tidak ada komentar Diterbitkan di artikel

ayat alquran tentang surga dan neraka

Surga dan neraka akan menjadi tempat perhentian terakhir bagi seluruh umat manusia. Kita tidak akan bisa memilih diantara keduanya. Amal baik dan dosa lah yang akan menjadi penentu dimanakah kita akan berada. Ada banyak ayat Al-Quran tentang surga dan neraka yang bisa membantu kita memahami mengenai dua tempat ini. Setiap ayat tersebut menggambarkan keadaan dan berbagai macam hal bersangkutan yang akan membuat kita menyadari bahwa berbuat dosa adalah pilihan yang salah, sedangkan menambah pahala dan amalan adalah sesuatu yang kita inginkan. Mari kita pelajari berbagai macam ayat Al-Quran tentang surga dan neraka.

Ayat Al-Quran tentang Surga dan Neraka

 Al-Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad (SAW) melalui malaikat Jibril. Berisi berbagai macam firman dari Allah SWT. untuk memperbaiki kitab-kitab yang telah diturunkan sebelumnya.

Setiap aspek dari kehidupan manusia ada di dalamnya. Al-Quran akan menjadi petunjuk bagi manusia secara umum, serta petunjuk bagi orang-orang yang bertakwa dan juga beriman. Al-Quran juga berfungsi sebagai petunjuk dan pembimbing bagi umat Islam agar tetap berjalan ke arah yang benar. Di dalamnya juga sudah dijelaskan mana yang benar dan mana yang salah serta berbagai ganjarannya.

Salah satu bahasan yang ada di dalam Al-Quran adalah tentang surga dan neraka. Kedua hal tersebut sudah dijelaskan dalam beberapa ayat di bawah ini.

1. Surah Ali ‘Imran ayat 131 dan 133

وَاتَّقُوا النَّارَ الَّتِيْٓ اُعِدَّتْ لِلْكٰفِرِيْنَ ۚ

““Dan peliharalah dirimu dari api Neraka, yang telah disediakan bagi orang-orang kafir.” (QS Ali ‘Imran: 131)

وَسَارِعُوْٓا اِلٰى مَغْفِرَةٍ مِّنْ رَّبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمٰوٰتُ وَالْاَرْضُۙ اُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِيْنَۙ

Dan bersegeralah kamu mencari ampunan dari Rabb-mu dan mendapatkan Surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang yang bertaqwa.” (QS Ali ‘Imran: 133)

Kedua ayat ini menjadi bukti adanya surga dan neraka yang dijanjikan oleh Allah SWT di hari akhir nanti. Sehingga kita sebagai seorang muslim harus bisa semakin bertaqwa dan mencari amalan sebanyak-banyaknya.

2. Surah Muhammad Ayat 15

مَثَلُ الْجَنَّةِ الَّتِيْ وُعِدَ الْمُتَّقُوْنَ ۗفِيْهَآ اَنْهٰرٌ مِّنْ مَّاۤءٍ غَيْرِ اٰسِنٍۚ وَاَنْهٰرٌ مِّنْ لَّبَنٍ لَّمْ يَتَغَيَّرْ طَعْمُهٗ ۚوَاَنْهٰرٌ مِّنْ خَمْرٍ لَّذَّةٍ لِّلشّٰرِبِيْنَ ەۚ وَاَنْهٰرٌ مِّنْ عَسَلٍ مُّصَفًّى ۗوَلَهُمْ فِيْهَا مِنْ كُلِّ الثَّمَرٰتِ وَمَغْفِرَةٌ مِّنْ رَّبِّهِمْ ۗ كَمَنْ هُوَ خَالِدٌ فِى النَّارِ وَسُقُوْا مَاۤءً حَمِيْمًا فَقَطَّعَ اَمْعَاۤءَهُمْ

“Perumpamaan taman surga yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa, di sana ada sungai-sungai yang airnya tidak payau, dan sungai-sungai air susu yang tidak berubah rasanya, dan sungai-sungai khamar (anggur yang tidak memabukkan) yang lezat rasanya bagi peminumnya dan sungai-sungai madu yang murni. Di dalamnya mereka memperoleh segala macam buah-buahan dan ampunan dari Tuhan mereka. Samakah mereka dengan orang yang kekal dalam neraka, dan diberi minuman dengan air yang mendidih sehingga ususnya terpotong-potong?” (QS Muhammad: 15)

Dalam surah ini dijelaskan sifat-sifat surga, seperti mengalirnya sungai yang banyak dan setiap sungai mempunyai air yang berbeda dari segi jenis dan rasanya, serta enak untuk diminum oleh para penghuni surga. Diriwayatkan oleh Ahmad, At-Tirmidzi, dan lain-lain dari Mu’awiyah bin Haidah, ia berkata, “Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda: Di surga ada lautan susu, lautan air, lautan madu, dan lautan khamar, kemudian mengalirlah sungai-sungai dari lautan-lautan itu.” (Riwayat Ahmad, At-Tirmidzi, dan lain-lain dari Mu’awiyah bin Haidah)

Dalam surga juga terdapat buah-buahan yang beraneka ragam jenisnya. Semuanya merupakan makanan yang enak bagi setiap penghuni surga yang bersih dari segala noda dan dosa, karena mereka itu telah diampuni Allah SWT.

3. Surah Al-Baqarah Ayat 24

فَاتَّقُواْ النَّارَ الَّتِي وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ

Maka takutlah kamu akan api neraka yang bahan bakarnya manusia dan batu yang disediakan bagi orang-orang kafir.” (QS Al-Baqarah: 24)

Untuk menghidupkan api neraka yang sangat panas, manusia pendosa dan bebatuanlah yang menjadi bahan bakarnya. Batu tersebut adalah batu yang punya daya bakar atau batu yang digunakan sebagai berhala yang disembah di dunia.

Itulah beberapa ayat Al-Quran tentang surga dan neraka yang bisa membantu kita memahami 2 hal ini. Semoga dengan pembelajaran ini kita bisa semakin bertaqwa dan memperbanyak amal ibadah agar bisa menjadi penghuni surga nantinya. Bila Anda membutuhkan taman pemakaman sesuai dengan syariat Islam, maka Taman Pemakaman Islam Al-Azhar Memorial Garden bisa menjadi pilihan Anda. Kunjungi website kami sekarang juga.

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom dengan tanda * wajib diisi
*

Artikel Terkait