10 Ayat Al-Qur’an tentang Kematian yang Wajib Direnungkan

10 November 2021 by tidak ada komentar Diterbitkan di artikel

ayat al quran tentang kematian

Jarang sekali orang yang mencari ayat Al-Quran tentang kematian untuk sekedar merenungkannya. Padahal, kematian atau ajal merupakan hal yang pasti dan tidak bisa kita hindari. Ketika mencari di Google pun, kata kunci ayat Al-Quran mengenai kematian berada pada suggestion atau saran paling terakhir.

Tidak salah sebenarnya mencari ayat Al-Qur’an tentang bersyukur, sabar, ibadah, cinta, dan sebagainya. Hanya saja, kematian pun merupakan salah satu tema Al-Qur’an yang sering menjadi sorotan. Manusia cenderung menghindari topik tentang ajal ini karena bersifat sensitif untuk dibicarakan.

Kumpulan Ayat Al-Qur’an Tentang Kematian yang Harus Anda Ketahui

Semasa hidupnya, Rasulullah Muhammad SAW berani dan lantang membicarakan kematian kepada umatnya. Sabda tentang ajal ini sering diucapkan kepada sahabat-sahabatnya dan tertulis dalam hadits riwayat mereka. Beliau pula orang pertama yang menyarankan untuk melakukan ibadah ziarah kubur untuk mengingat kematian setiap saatnya.

Umat Islam hendaknya mengikuti teladan Rasulullah untuk selalu mengingat ajal dalam kehidupan mereka. Menjelang lebaran, mereka bisa melakukan ziarah kubur atau sekedar mengingat beberapa ayat Al-Qur’an yang membicarakan topik ini. Islam pun mengatur untuk menolong orang lain yang hendak meninggal atau sedang mengalami sakaratul maut.

Hafalkanlah beberapa ayat di bawah ini agar kita senantiasa ingat akan kematian. Dalam ayat ini, terdapat pula beberapa pesan dan nasihat yang bisa kita lakukan untuk mempersiapkan hari itu.

1. Surat Ar-Rahman ayat 26-27

كُلُّ مَنْ عَلَيْهَا فَانٍ * وَيَبْقَى وَجْهُ رَبِّكَ ذُو الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ

Artinya: “(26) Semua yang ada di bumi itu akan binasa. (27) Dan tetaplah kekal Dzat Tuhanmu yang mempunyai kebesaran dan kemuliaan.”

2. Surat Al-Mulk ayat 2

الَّذِي خَلَقَ الْمَوْتَ وَالْحَيَاةَ لِيَبْلُوَكُمْ أَيُّكُمْ أَحْسَنُ عَمَلًا وَهُوَ الْعَزِيزُ الْغَفُورُ

Artinya: “Allah lah yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapakah di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.”

3. Surat Al-Anbiya ayat 34-35

وَمَا جَعَلْنَا لِبَشَرٍ مِنْ قَبْلِكَ الْخُلْدَ أَفَإِنْ مِتَّ فَهُمُ الْخَالِدُونَ

Arti ayat 34: “Kami tidak menjadikan hidup kekal bagi seorang manusiapun sebelum kamu. Maka jika kamu mati, apakah mereka akan kekal?”

كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ وَنَبْلُوكُمْ بِالشَّرِّ وَالْخَيْرِ فِتْنَةً وَإِلَيْنَا تُرْجَعُونَ

Arti ayat 35: “Tiap-tiap yang bernyawa pasti akan merasakan mati. Dan Kami akan menguji kamu dengan keburukan serta kebaikan sebagai cobaan. Dan hanya kepada Kamilah kamu akan dikembalikan.

4. Surat Al-Sajdah ayat 11

قُلْ يَتَوَفَّاكُمْ مَلَكُ الْمَوْتِ الَّذِي وُكِّلَ بِكُمْ ثُمَّ إِلَى رَبِّكُمْ تُرْجَعُونَ

Artinya: Katakanlah: “Malaikat maut yang diserahi untuk mencabut nyawamu akan mematikanmu, kemudian hanya kepada Tuhanmulah kamu akan dikembalikan.

5. Surat Al-Qiyamah ayat 26-30

كَلَّا إِذَا بَلَغَتِ التَّرَاقِيَ * وَقِيلَ مَنْ رَاقٍ * وَظَنَّ أَنَّهُ الْفِرَاقُ * وَالْتَفَّتِ السَّاقُ بِالسَّاقِ * إِلَى رَبِّكَ يَوْمَئِذٍ الْمَسَاقُ

Artinya: “(26)Sekali-kali tidak. Apabila nafas seseorang telah sampai ke kerongkongan, (27)dan dikatakan kepadanya: “Siapakah yang bisa menyembuhkan?”, (28)dan orang yang tengah sekarat itu meyakini bahwa sesungguhnya itu adalah waktu perpisahannya (dengan dunia), (29)dan bertautlah betis dengan betis lainnya (saat ruh dicabut), (30) kepada Tuhanmulah pada hari itu kamu akan digiring.”

6. Surat Ali Imran ayat 145

وَمَا كَانَ لِنَفْسٍ أَنْ تَمُوتَ إِلَّا بِإِذْنِ اللَّهِ كِتَابًا مُؤَجَّلًا وَمَنْ يُرِدْ ثَوَابَ الدُّنْيَا نُؤْتِهِ مِنْهَا وَمَنْ يُرِدْ ثَوَابَ الْآخِرَةِ نُؤْتِهِ مِنْهَا وَسَنَجْزِي الشَّاكِرِينَ

Artinya: Setiap yang bernyawa tidak akan mati melainkan atas izin Allah, sebagai ketetapan yang telah ditentukan waktunya. Barangsiapa menghendaki pahala dunia, niscaya Kami berikan pahala dunia itu kepadanya, dan barangsiapa menghendaki pahala akhirat, niscaya Kami berikan pula pahala akhirat itu kepadanya. Dan kami akan memberikan balasan kepada orang-orang yang bersyukur.

7. Surat Al-Jumuah ayat 8

قُلْ إِنَّ الْمَوْتَ الَّذِي تَفِرُّونَ مِنْهُ فَإِنَّهُ مُلَاقِيكُمْ ثُمَّ تُرَدُّونَ إِلَى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ

Artinya: Katakanlah: “Sesungguhnya kematian yang kamu hindari itu, maka sesungguhnya kematian itu pasti akan menemui kamu. Kemudian kamu akan dikembalikan kepada Allah, yang maha mengetahui perkara yang ghaib dan yang nyata. Lalu Dia akan memberitahukan segala apa yang telah kamu kerjakan.

8. Surat An-Nahl ayat 32

الَّذِينَ تَتَوَفَّاهُمُ الْمَلَائِكَةُ طَيِّبِينَ يَقُولُونَ سَلَامٌ عَلَيْكُمُ ادْخُلُوا الْجَنَّةَ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ

Artinya: Yaitu orang-orang yang diwafatkan oleh para malaikat dalam keadaan baik. Para malaikat itu berkata (kepada mereka): “Salaamun ‘alaikum, masuklah kamu ke dalam surga itu disebabkan apa yang telah kamu kerjakan”.

9. Surat Al-Munafiqun ayat 11

وَلَنْ يُؤَخِّرَ اللَّهُ نَفْسًا إِذَا جَاءَ أَجَلُهَا وَاللَّهُ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ

Artinya: “Dan Allah sekali-kali tidak akan pernah menangguhkan (kematian) seseorang apabila telah tiba waktu kematiannya. Dan Allah Maha Mengenal apa yang kamu kerjakan.

10. Surat Al-An’am ayat 61

وَهُوَ الْقَاهِرُ فَوْقَ عِبَادِهِ وَيُرْسِلُ عَلَيْكُمْ حَفَظَةً حَتَّى إِذَا جَاءَ أَحَدَكُمُ الْمَوْتُ تَوَفَّتْهُ رُسُلُنَا وَهُمْ لَا يُفَرِّطُونَ

Artinya: “Dan Dialah (Allah) yang memiliki kekuasaan tertinggi di atas hamba-hamba-Nya. Dan Dia mengutus para malaikat penjaga kepadamu, sehingga apabila kematian mendatangi salah seorang di antara kamu, ia diwafatkan oleh malaikat-malaikat Kami. Dan mereka (para malaikat) itu tidak pernah melalaikan kewajibannya.

Kiranya sepuluh ayat Al-Quran tentang kematian di atas menjadi pengingat dan renungan bagi umat Muslim agar mereka selalu mempersiapkan kematiannya. Mengingat sedikitnya lahan makam yang tersedia, umat Muslim pun hendaknya memastikan bahwa tempat peristirahatan mereka tetap sesuai dengan syariat Islam. Memesan lahan makam untuk Anda dan keluarga pun bisa menjadi langkah pertama dalam persiapan kematian. Hubungi Al-Azhar Memorial Garden untuk informasi lengkap mengenai pemakaman syariah ini.

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom dengan tanda * wajib diisi
*

Artikel Terkait