Arti Yaumul Mahsyar, Dalil, dan Penjelasannya

11 November 2021 by tidak ada komentar Diterbitkan di artikel

arti yaumul mahsyar

Hari dimana seluruh kehidupan di dunia ini akan berakhir disebut sebagai kiamat kubro atau kiamat besar. Setelah melewati hari ini, manusia dari zaman nabi Adam AS akan dibangkitkan, atau disebut juga dengan istilah Yaumul Ba’ats. Kemudian semuanya akan dikumpulkan di satu padang yang sangat luas, memuat seluruh manusia yang pernah hidup di muka bumi. Inilah yang disebut dengan Yaumul Mahsyar, Mari kita mempelajari secara lebih lanjut mengenai arti Yaumul Mahsyar beserta dalil-dalilnya. Perhatikan informasi penting yang ada di bawah ini.

Arti Yaumul Mahsyar

وَّاَنَّ السَّاعَةَ اٰتِيَةٌ لَّا رَيْبَ فِيْهَاۙ وَاَنَّ اللّٰهَ يَبْعَثُ مَنْ فِى الْقُبُوْرِ

Dan sungguh, (hari) Kiamat itu pasti datang, tidak ada keraguan padanya; dan sungguh, Allah akan membangkitkan siapa pun yang di dalam kubur”. (QS Al Hajj: 7)

Hari kiamat adalah sesuatu yang akan terjadi namun tidak diketahui datangnya. Rasulullah SAW pernah bersabda, tanda-tanda semakin dekatnya hari kiamat adalah keluarnya Dukha (Kabut), munculnya Dajjal, munculnya Dabbah, matahari yang terbit dari barat, keluarnya Ya’juj dan Ma’juj, turunnya Isa bin Maryam, dan lain-lain.

Baca Juga: 5 Hikmah Beriman Kepada Hari Kiamat

Setelah malaikat Israfil meniupkan sangkakala yang pertama, semua makhluk akan binasa. Selanjutnya sangkakala akan ditiupkan untuk yang kedua kalinya, menghidupkan seluruh makhluk akan hidup kembali tanpa terkecuali. Ruh-ruh yang bangkit ini akan bersatu kembali dengan jasadnya, dan akan dikumpulkan di tempat luas bernama Padang Mahsyar atau Yaumul Mahsyar.

وَيَوْمَ نُسَيِّرُ الْجِبَالَ وَتَرَى الْاَرْضَ بَارِزَةًۙ وَّحَشَرْنٰهُمْ فَلَمْ نُغَادِرْ مِنْهُمْ اَحَدًاۚ

dan (ingatlah) akan hari (yang ketika itu) kami perjalankan gunung-gunung dan kamu akan dapat melihat bumi itu datar dan kami kumpulkan seluruh manusia, dan tidak kami tinggalkan seorangpun dari mereka.” (QS. Al-Kahfi : 47)

Bagi manusia yang beriman dan mendapatkan syafaat oleh Nabi Muhammad SAW, mereka akan merasakan:

  • Dipercepat pembicaraan dan dipermudah memasuki surga,
  • Ditambah timbangan pahalanya supaya lebih berat daripada dosa,
  • Dimasukkan ke Surga tanpa hisab.

Baca Juga: 7 Amalan Masuk Surga Tanpa Dihisab Yang Bisa Anda Lakukan

Namun, mereka yang memiliki banyak dosa akan merasa harus menunggu sangat lama, di bawah panas yang sangat-sangat terik.

Keadaan Di Yaumul Mahsyar

Mulut kita akan terkunci, diperlihatkan segala amal perbuatan manusia yang telah dilakukan, baik berupa amal baik dan buruk, besar dan kecil, dosa dan kesalahan. Baik yang dilakukan secara terang-terangan ataupun secara rahasia, yang disengaja atau tidak, semuanya akan dibongkar pada saat ini juga.

Anak tidak lagi mengenali kedua orang tuanya, begitu pula sebaliknya, tidak ada saudara, teman, sahabat, dan lain-lain. Jabatan dan pekerjaan tidak lagi berlaku. Semuanya akan sibuk dengan diri mereka masing-masing, digiring menuju padang Mahsyar. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadits Sahl bin Sa’d z, Rasulullah bersabda:

يُحْشَرُ النَّاسُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ عَلَى أَرْضٍ بَيْضَاءَ عَفْرَاءَ كَقُرْصَةِ نَقِيٍّ. قَالَ سَهْلٌ أَوْ غَيْرُهُ: لَيْسَ فِيهَا مَعْلَمٌ لِأَحَدٍ

Umat manusia akan digiring pada hari kiamat ke (mahsyar). Sebuah medan yang luas. Tanahnya berwarna putih seperti bundaran roti yang bersih.” Sahl  dan selainnya berkata: “Tidak ada di sana tanda (tempat keberadaan) bagi seorang pun.”

Itulah penjelasan mengenai arti Yaumul Mahsyar, hari dimana semua manusia dikumpulkan dan diminta pertanggungjawabannya selama hidup di dunia ini. Marilah kita senantiasa memupuk amalan baik, menjalankan perintah dan menjauhi larangan Allah. Niscaya surga akan menanti.  Bila Anda membutuhkan taman pemakaman sesuai dengan syariat Islam, maka Taman Pemakaman Islam Al-Azhar Memorial Garden bisa menjadi pilihan Anda. Kunjungi website kami sekarang juga.

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom dengan tanda * wajib diisi
*

Artikel Terkait